Langsung ke konten utama

Tips Cara Menabung di Rumah yang dapat Anda Lakukan | Cocok Untuk IRT

BantulMedia.comTips Cara Menabung di Rumah – Menabung tidak selalu di bank, ibu-ibu bisa menabung di rumah sebagai berikut.

Salah satu tugas “wajib” seorang ibu rumah tangga adalah mengatur keuangan keluarga dengan cermat.

Dengan cara ini, pendapatan bulanan dapat menutupi kebutuhan sehari-hari keluarga. Tapi ternyata bukan itu saja. Ibu rumah tangga juga harus bisa mengatur keuangannya agar bisa menabung, lho!

Jika Anda memiliki tabungan, Anda dapat menyiapkan dana darurat jika terjadi hal yang tidak terduga dan juga mengumpulkan uang untuk mengupgrade perabotan rumah Anda.

Mau tahu caranya? Yuk simak cara hemat di rumah yang bisa kamu tiru di bawah ini!

Tips Menabung

Tips Cara Menabung di Rumah

Selalu tinggalkan nominal tertentu

Cara pertama untuk menabung di rumah adalah dengan meninggalkan denominasi tertentu setiap bulannya. Dengan cara ini Anda bisa menentukan nilai nominal yang tidak terlalu besar, yang jelas bisa Anda capai.

Contohnya adalah meninggalkan uang Rp 15.000 per hari. Kemudian jika dikalikan dengan 20 hari maka hasilnya bisa mencapai 300.000. Jika Anda merasa jumlahnya sedikit, jangan ragu untuk menyisihkan lebih banyak dengan menyesuaikan jumlah yang Anda inginkan setiap hari.

Simpan Uang Receh

Ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan Uang recehan setelah berbelanja. Jadi cobalah untuk menyimpan kembalian dalam wadah yang jelas bila memungkinkan sehingga Anda dapat melihat berapa banyak uang yang telah Anda kumpulkan. Pikirkan wadah ini sebagai celengan. Jika Anda menyimpan uang receh secara teratur, uang itu bisa menjadi banyak seiring waktu.

Ikut dalam Arisan

Apakah Anda mencoba mencari tahu apakah ada ibu-ibu di lingkungan Anda yang mengadakan arisan? Jika demikian, jangan ragu untuk mengikutinya. Pasalnya, arisan juga bisa menjadi salah satu cara menabung di rumah karena sebelum menyetor dana arisan harus menyisihkan uangnya dan menabung. Selain itu, bersosialisasi bisa menjadi sarana untuk menghemat uang karena uang yang akan Anda terima nantinya sebenarnya adalah uang yang sudah Anda kumpulkan selama ini. Sebelum menghadiri pertemuan sosial apa pun, Anda juga harus memastikan mana yang terbaik untuk situasi keuangan Anda. Sebaiknya kegiatan arisan tidak menambah beban pikiran ekstra.

Belanja Mingguan

Tahukah Anda bahwa menyiapkan menu selama seminggu di rumah bisa menjadi pilihan hemat? Caranya adalah dengan memilih 7 resep untuk minggu depan dan kemudian berbelanja berdasarkan bahan-bahan yang Anda butuhkan. Dengan cara ini Anda dapat mengurangi pembelian yang tidak perlu. Kemudian, jika ada sisa uang belanja, Anda bisa menyisihkannya untuk ditabung di rumah.

Periksa Pengeluaran

Cobalah untuk menilai arus masuk dan arus keluar keuangan keluarga selama 3 bulan terakhir. Hitung pengeluaran mulai dari kebutuhan rumah tangga, hiburan, makanan, biaya sekolah anak, dan lain-lain. Dari situ, coba cari tahu apakah ada pengeluaran yang tidak terlalu dibutuhkan dan kurangi satu per satu pengeluaran tersebut.

Simpan uang dalam amplop

Meski cara menabung di rumah ini sering dianggap kuno, ternyata manfaatnya langsung terasa dalam menabung lebih hemat. Anda dapat menyiapkan beberapa amplop dan memasukkan dana yang telah ditentukan ke dalamnya. Misalnya, Anda bisa menyiapkan amplop khusus untuk biaya sekolah anak, biaya memasak sehari-hari, dan tagihan. Dengan cara ini, pengelolaan uang menjadi efisien.

Baca Juga :

Cara Memilih Tabungan Yang Menguntungkan | Simak Pembahasannya Berikut

Kesimpulan

Nah, ini dia cara menabung di rumah yang bisa kamu ikuti. Ringkasnya, siapa saja bisa mulai menabung dan merasakan manfaatnya, termasuk Anda.

Dengan cara ini Anda dan keluarga dapat menghemat uang dan menggunakannya nanti saat dibutuhkan.

Namun selain menabung di rumah, pastikan keluarga Anda terlindungi dengan baik jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,