Langsung ke konten utama

Waspadalah Dengan 5 Bahan Pengawet Ini! Sangat Berbahaya Untuk Tubuh

BantulMedia.com – Telah terbukti bahwa bahan pengawet kimia sangat berbahaya dan jika terus menerus kita konsumsi akan berdampak negatif bagi tubuh.

Waspadalah Dengan 5 Bahan Pengawet Ini! Sangat Berbahaya Untuk Tubuh

Waspadalah Dengan 5 Bahan Pengawet Ini! Sangat Berbahaya Untuk Tubuh

Namun, jangan menjadi orang pertama yang merasa bebas dari bahan pengawet kimia ini. Anda mungkin sudah lama mengonsumsinya karena makanan favorit Anda mengandung bahan pengawet kimia yang tinggi.

Lalu bahan pengawet kimia apa saja yang banyak terdapat di produk-produk di pasaran? Yuk, dapatkan dan temukan jawabannya di artikel ini!

  1. BHA & BHT

Jika Anda membaca dengan cermat bahan-bahan yang Anda beli dan konsumsi, Anda akan menemukan bahwa kedua jenis pengawet tersebut ada dalam daftar.

BHA adalah singkatan dari Butylated Hydroxyanisole, sedangkan BHT adalah singkatan dari Butylated Hydroxytoluene. Kedua jenis bahan pengawet tersebut masuk dalam nominasi pertama sebagai bahan pengawet yang banyak digunakan.

Dua Jenis pengawet ini biasa kita dapatkan sebagai pengawet pada sereal, makanan ringan, permen karet, mentega, dan berbagai makanan yang dipanggang.

Kedua jenis pengawet tersebut sangat berbahaya jika dikonsumsi terus menerus karena dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor karena keduanya bersifat karsinogenik.

  1. TBHQ

TBHQ atau Tertiary Butylhydroquinone, adalah pengawet kimia yang penggunaannya banyak kita temui di hampir semua jenis bahan makanan yang ada di pasaran. Anda dapat menemukan TBHQ di produk mie instan, makanan ringan, minuman atau makanan cepat saji. Faktanya, FDA (Badan Pengatur Makanan Amerika) membatasi penggunaan TBHQ dalam makanan.

Saat menggunakan dan mengonsumsi TBHQ, waspadai efek samping yang dapat menyebabkan hiperaktif pada anak dan keguguran pada ibu hamil. Selain itu, TBHQ juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk memiliki keturunan, asma, dan penyakit jantung.

  1. Bahan Pengawet : Benzoat

Tentu Anda sering melihat nama ini pada daftar bahan yang tertera pada kemasan produk. Jika Anda melihatnya, pikirkan dua kali untuk membelinya karena keluarga benzoat adalah pengawet kimia dalam makanan yang berbahaya dan merugikan.

Keluarga benzoat, seperti natrium benzoat, natrium benzoat, atau kalium benzoat, biasanya tedapat dalam produk margarin, selai, jeli, dan makanan kaleng. Gangguan kesehatan akibat konsumsi benzoat yang berlebihan antara lain muntah, mual, sakit perut, iritasi lambung, asma, dan sesak napas.

Baca juga:

Fakta Tentang Kanker Paru-Paru: Paling Banyak Menyebabkan Kematian

  1. Sulfit

Seperti halnya benzoat, Anda perlu memberi perhatian khusus pada keluarga sulfit. Keluarga sulfit banyak terdapat pada produk bumbu, roti, daging, atau jenis bahan makanan segar lainnya. Saking berbahayanya, FDA melarang penggunaan sulfit dalam berbagai produk, baik dalam makanan maupun minuman.

Sulfit dapat menyebabkan asma, masalah pernapasan, sakit perut, diare, dan mual. Yang lebih berbahaya bila sulfit bercampur dengan senyawa yang terdapat di dalam tubuh.

  1. Bahan Pengawet Kalium Sorbat

Dilihat dari struktur kimianya, kalium sorbat merupakan garam sintetik yang terbuat dari asam sorbat (sorbic acid). Karena asam sorbat dilarang di banyak negara, penggunaan kalium sorbat sebagai turunannya juga dianggap berbahaya.

Jenis pengawet kimia ini sering terdapat dalam saus, produk daging, keju, yogurt, makanan ringan, dan buah-buahan kering untuk menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri serta untuk menunda perubahan rasa dan warna pada produk. Namun, efek samping yang terjadi oleh pengawet ini antara lain migrain, penurunan daya tahan tubuh, gatal-gatal pada saluran pencernaan, dan sakit perut.

Kesimpulan

Nah, dengan penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui semua jenis pengawet kimia yang banyak  kita temui pada produk-produk yang beredar di pasaran. Anda mungkin banyak mengonsumsi beberapa pengawet ini, tetapi Anda tidak menyadarinya.

Jadi mulailah dengan hati-hati dengan bahan untuk setiap produk. Jika pengawet kimia ini ada, pikirkan dua kali sebelum membelinya. Lebih baik seperti itu daripada nanti sakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali