Langsung ke konten utama

5 Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Anda Sadari Dapat Merusak Tulang Belakang

BantulMedia.com – Selain otak, jantung, paru-paru dan hati, tulang belakang juga merupakan komponen dan bagian penting dari tubuh. Karena tulang belakang berhubungan langsung dengan saraf otak, maka kesehatan tulang belakang juga dapat mempengaruhi kesehatan otak. Selain itu, tulang belakang juga menopang berat 80.

5 Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Anda Sadari Dapat Merusak Tulang Belakang

5 Kebiasaan Buruk Yang Tanpa Anda Sadari Dapat Merusak Tulang Belakang

Sayangnya, banyak orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan tulang belakang. Mereka percaya bahwa minum susu setiap hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan tulang belakang.

Namun, itu tidak selalu benar. Beberapa di antaranya menciptakan kebiasaan buruk yang bisa merusak tulang belakang.

1. Jika Anda mengemudi terlalu banyak sambil duduk, tulang belakang Anda bisa rusak.

Banyak orang menggunakan postur mereka untuk menjauh dari setir dan pedal akselerator. Bahkan, bisa merusak tulang belakang dan membuat Anda lebih rentan sakit punggung.

Jika Anda terlalu jauh dari pegangan, Anda perlu meregangkan otot tulang belakang ke posisi duduk. Gerakan otot ini menimbulkan rasa sakit bila dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga:

Simak Kebiasaan Sehat Berikut Ini Untuk Bisa Menyelematkan Bumi

Lakukan ini saat Anda menggerakkan tangan dan kaki Anda.  Agar lebih aman dan sehat daripada, coba sesuaikan posisi duduk Anda lebih dekat ke setir agar  tulang belakang dan otot punggung Anda tidak meregang.

Selain itu, sesuaikan posisi duduk 90 derajat. Selain pandangan  lebih jelas, duduk dalam posisi 90 derajat lebih tenang dan aman untuk tulang belakang.

2. Kebiasaan Duduk Lama,  4 jam atau lebih

Duduk bisa menyenangkan, apalagi duduk dalam waktu lama sambil bermain, tapi tahukah Anda bahwa duduk memberi tekanan 40% lebih banyak pada tulang belakang Anda daripada berdiri.

Hal lain untuk duduk dengan kebiasaan buruk yang terlalu lama yang dapat merusak tulang belakang Anda adalah posisi duduk yang salah. Duduk yang tidak benar dapat menyebabkan kifosis, kifosis, skoliosis, atau nyeri punggung bawah.

Untuk mengatasi kelainan tulang ini, usahakan untuk duduk senyaman mungkin pada 135 derajat. Juga, jangan duduk lebih dari 2 jam. Berjalanlah sedikit untuk meregangkan tulang belakang Anda.

3. Biasakan Stress dan Depresi Dalam Pekerjaan dan  Kehidupan

Stress adalah penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah tulang belakang. Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak stres membuat otot punggung, tulang belakang, dan leher Anda tegang.

Ini membuat Anda lebih rentan terhadap gangguan tulang belakang dan nyeri oksipital. Untuk menghindari hal ini, tundalah sedikit pekerjaan saat stres meningkat.

Ngobrol dengan kolega Anda, nikmati makanan ringan, buka media sosial, dan banyak lagi. Dengan cara ini, pikiran Anda akan lebih rileks dan tenang, ketidaknyamanan tulang belakang Anda dapat diminimalkan, dan saat Anda rileks, ide-ide akan lahir dan pekerjaan Anda akan lebih baik.

4. Sulit untuk bergerak dan berolahraga

Banyak orang cenderung untuk tetap diam dalam posisi yang nyaman. Jika Anda duduk dengan nyaman, orang akan kesulitan pergi ke tempat lain.

Liburan juga nyaman untuk tidur dan istirahat seharian, serta cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga ringan seperti jogging dan peregangan.

Padahal, perilaku malas dan kemalasan bisa merugikan kesehatan tulang belakang. Sedikit aktivitas fisik  membantu menjaga kesehatan tulang belakang.

Saat berolahraga, tulang belakang bergerak mengikuti gerakan olahraga. Ini adalah latihan yang baik untuk membantu mencegah kekakuan tulang belakang dan kompresi saraf. Lakukan latihan ini setidaknya dua kali seminggu.

5. Anda memakai sepatu hak tinggi

Bagi wanita, sepatu hak tinggi tentu menjadi pasangan modis yang  melengkapi  diri Anda yang modis. Tentunya sepatu hak tinggi dapat meningkatkan kepercayaan diri banyak wanita dan membuat mereka merasa trendi dan seksi.

Sayangnya, memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dapat membuat tulang belakang Anda tegang. Akibatnya, tulang belakang Anda perlu menopang berat badan Anda dan bekerja ekstra untuk mengimbangi kecepatan Anda.

Dalam hal ini, kondisi tulang belakang  bisa memburuk.  Untuk menghindari memburuknya situasi akibat trend, Anda mungkin akan mengenakan sepatu hak tinggi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Jika Anda perlu melakukan ini untuk waktu yang lama, hindari berjalan. Temukan tempat duduk untuk sedikit mengendurkan tulang belakang Anda.

Kesimpulan

Sebaiknya Anda hindari kebiasaan buruk ini agar tidak menjadi sakit tulang punggung. Atur pola makan dan rutinitas Anda selalu sehat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa