Langsung ke konten utama

Apa Itu OCD? Penjelasan Lengkap tentang OCD

BantulMedia.comApa Itu OCD – OCD menjadi sebuah penyakit yang menyerang aktor Indonesia Aliando Syarief.

Seperti diketahui, Aliando Syarief mendadak mengabarkan dirinya menderita penyakit OCD ekstrem.

Sebelum mengkonfirmasi terkena penyakit tersebut, diketahui bahwa sang aktor dikabarkan vakum lama, tak terlihat di layar kaca.

Apa Itu OCD

Apa itu OCD?

Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah sejenis gangguan mental. Orang dengan OCD memiliki pikiran dan dorongan yang tidak dapat dikendalikan dan berulang (obsesi), serta perilaku (paksaan) kompulsif.

Contoh perilaku kompulsif adalah mencuci tangan 7 kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor.

Apakah penyakit OCD berbahaya?

Penyakit OCD dapat menimbulkan permasalahan lain dalam kehidupan penderitanya, seperti Masalah kesehatan, kebanyakan penderita OCD mengalami dermatitis kontak akibat sering cuci tangan.

Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melakukan perilaku.

Apa itu OCD kebersihan?

OCD adalah gangguan mental yang dapat dialami oleh siapa saja. Biasanya, obsesi terhadap suatu kegiatan muncul akibat adanya kompulsi yang dilakukan oleh pengidap OCD.

Ada berbagai obsesi yang umumnya dialami oleh pengidap OCD, seperti khawatir akan kebersihan dan cemas terpapar kuman yang menyebabkan suatu penyakit.

Apa yang dirasakan penderita OCD?

Gejala OCD adalah gangguan pikiran yang menimbulkan rasa cemas atau takut terus menerus, dan perilaku yang dilakukan berulang kali guna menghilangkan kecemasan tersebut.

Sebagai contoh, penderita OCD yang takut terkena penyakit, akan mencuci tangan secara berlebihan atau terlalu sering membersihkan rumah.

Apakah OCD dan perfeksionis sama?

Perfeksionis itu ciri kepribadian, sedangkan OCD itu gangguan kesehatan. Perfeksionis itu bukan merupakan sebuah gangguan kesehatan mental, tapi lebih kepada ciri kepribadian.

Apakah OCD Menular?

OCD sendiri bukanlah penyakit menular dan membahayakan orang lain.

Namun, penderita OCD akan berprilaku secara obsesif dan kompulsif disertai dengan stres yang berat hingga mengganggu aktivitas harian dan hubungan dengan orang-orang sekitar.

Terapi tingkah laku dalam gangguan OCD meliputi?

Terapi tingkah laku untuk gangguan obsesif–kompulsif meliputi paparan dan pencegahan ritual.

Pada terapi ini pasien dipaparkan dengan stimuli yang memprovokasi obsesinya misalnya dengan menyentuh objek yang terkontaminasi dan juga pasien ditahan untuk tidak kompulsi misalnya menunda mencuci tangan.

Baca Juga : 6 Daftar Pinjaman Online Terpercaya 2022 

Berapa kilo turun berat badan dengan diet OCD?

Diet OCD mulai populer sejak 2013. Metode diet OCD sama seperti intermittent fasting harus berpuasa selama beberapa jam dalam sehari.

Bahkan Deddy Corbuzier juga menjamin kalau diet OCD bisa membantu menurunkan berat badan 4 kg sampai 5 kg dalam waktu satu minggu.

“Dengan OCD sebulan minimal 5 sampai 6 kg hilang.

Apakah OCD selalu rapi?

Jangan terlalu cepat menyimpulkan bahwa Moms menderita Obsessive-Compulsive Disorder (OCD), sebab gangguan mental ini tidak sesimpel suka rapi-rapi dan bersih-bersih.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Limit 20Juta Tanpa Jaminan

Apakah OCD termasuk gila?

Tanda seseorang terkena OCD cukup jelas, seperti ketika seseorang harus mengunci pintu selama lima kali, mencuci tangan selama berkali-kali padahal tangan sudah bersih hingga mereka menyakiti tangan sendiri.

Hal-hal semacam ini bisa membuat penderita OCD dianggap sebagai orang yang aneh atau gila.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali