Langsung ke konten utama

Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam

BantulMedia.com Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam -Bukankah kata darah manis terdengar tidak asing bagi Anda? Ya, darah manis adalah kondisi kesehatan yang bisa membuat seseorang gatal bahkan meninggalkan flek hitam di kulit.

Dalam dunia medis, darah manis juga terkena dengan nama prurigo. Penyakit kulit ini bisa menyerang siapa saja, dewasa, bahkan anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar mewaspadai prurigo ini. Ya, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam

Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam

Prurigo adalah suatu kondisi pada kulit yang biasanya memiliki bekas luka berwarna hitam seperti bekas gigitan nyamuk. Ketika seseorang mengalami hal ini, orang tersebut merasa gatal, yang merangsang mereka untuk menggaruk diri dan meninggalkan rasa sakit pada kulit.

Prurigo sebenarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, namun anak-anak dan orang dewasa yang menderita prurigo sering kali mengalami rasa minder atau kehilangan rasa percaya diri karena memiliki bentol-bentol, bekas luka hitam pada kulitnya dan tidak mulus.

Perlu juga Anda perhatikan bahwa penyakit ini juga bisa menular dari orang tua ke anak.

Ciri-ciri Dari Prurigo

Prurigo memiliki dua jenis lesi, yaitu lesi kulit primer dan sekunder:

  • Lesi prurigo primer berupa papula berbentuk kubah.
  • Lesi prurigo sekunder berupa papula yang tergores, lesi bersisik, atau area dengan pigmentasi gelap yang menebal (lichen simpleks atau neurodermatitis). Menggaruknya bisa menyebabkan jaringan parut.

Penyebab Prurigo

Menurut penelitian, tidak ada penyebab pasti yang menyebabkan prurigo. Goresan akibat gatal mungkin dapat menyebabkan lebih banyak benjolan, tetapi penyebab gatal tidak jelas sejak awal.

Baca juga:

Tips Cantik Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Jadi prurigo sendiri bukan karena darah manis. Ya, itu adalah istilah yang sering orang pakai saja. Diagnosis penyakit ini pun berdasar pada pengujian tanda-tanda seperti, kulit sangat gatal, nyeri, tonjolan hitam tebal atau keras. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena prurigo, di antaranya:

• Gigitan serangga

Meski bukan penyebab langsung, gigitan serangga biasanya menimbulkan rasa gatal, dan ada dorongan untuk menggaruknya hingga akhirnya timbul rasa sakit atau nyeri. Oleh karena itu, prurigo nodularis biasanya berawal dari gigitan serangga.

• Stres

Ketika Anda stres yang berkepanjangan ini juga dapat meningkatkan risiko prurigo, bersamaan dengan meningkatnya keinginan untuk menggaruk.

• Penyakit Alergi Lainnya

Sekitar 80 persen orang yang mengalami prurigo juga memiliki kondisi lain seperti asma, eksim (Besnier prurigo), dermatitis herpetiformis, hay fever, atau penyakit alergi lainnya.

• Penyakit lainnya

Beberapa orang dengan prurigo juga memiliki penyakit kulit dan kondisi medis lainnya. Mulai dari pemfigoid bulosa (pemfigoid nodularis), defisiensi besi, penyakit tiroid, infeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), kehamilan, gagal ginjal kronis, diabetes, polisitemia rubra vera, limfoma Hodgkin atau non Limfoma homodgkin, Penyalahgunaan narkoba (terutama amfetamin dan kokain) hingga kerusakan pada sumsum tulang belakang.

Pengobatan Prurigo

Karena penyebab penyakitnya bukan pada darah manis, pengobatannya adalah bukan dengan makan makanan yang pahit! Beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan antara lain:

  1. Krim atau salep steroid yang kuat biasanya dianjurkan untuk mengurangi peradangan kulit. Pengobatan ini digunakan sekali atau dua kali sehari seperti anjuran oleh dokter.
  2. Penggunaan krim yang mengandung mentol juga dapat Anda gunakan untuk meredakan gatal.
  3. Penggunaan pelembab kulit (emolien) secara teratur juga penting karena membantu menjaga kesehatan kulit karena pasien prurigo biasanya memiliki kulit yang lebih kering dan kulit yang kering ini dapat membuat kulit gatal.
  4. Obat lain, seperti antihistamin, selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), biasanya juga diberikan oleh dokter agar antibiotik dapat digunakan sesuai indikasi dokter.

Kesimpulan

Penjelasan panjang tentang – Apa Itu Prurigo? Darah Manis Sampai Membekas Hitam – semakin membuat kita paham jika tubuh gatal sampai menimbulkan bekas luka.

Jika Anda memiliki kondisi kulit seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi dokter kulit dan spesialis kelamin untuk pemeriksaan dan pengobatan berdasarkan kondisi kulit Anda. Semoga ini akan membantu Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,