Langsung ke konten utama

Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan? Simak Lebih Lanjut

BantulMedia.comBagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan? – Negara-negara ASEAN dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara bekerja sama di berbagai bidang. Salah satu kerja sama tersebut adalah bidang pendidikan.

Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan? Simak Lebih Lanjut

Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan?

Pendidikan merupakan kunci paling penting bagi suatu negara untuk menegaskan dirinya dalam persaingan global. Pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Sumber daya manusia (SDM) yang cerdas dan khas merupakan prasyarat bagi pembangunan peradaban yang maju.

Di sisi lain, kekurangan sumber daya manusia juga menyebabkan peradaban miskin. Kualitas pendidikan di Indonesia hampir sama dengan negara berkembang lainnya. Meski ada beberapa poin yang dipinggirkan, bukan berarti pendidikan di negara kepulauan ini tidak bagus.

Dalam Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (PJJ) Edisi Pendidikan Jarak Jauh oleh Tenia Kurniawati, M.Pd dan Andri Setiawan, M.Pd, kerjasama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan daya saing pendidikan Asia Tenggara pada dunia Internasional.

Contoh kerjasama antar negara ASEAN di bidang pendidikan adalah sebagai berikut.

  1.  Pertemuan Para Guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Korea Selatan bertemu dalam acara ACT (Council of Teachers Convention) di Bali.
  2. Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya, Indonesia memberikan beasiswa pendidikan doktor, bahasa dan seni kepada mahasiswa dari negara-negara anggota ASEAN.
  3. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN.
  4. Penyelenggaraan olimpiade regional se-Asia Tenggara, seperti Pertamina yang menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.

Ini adalah kerjasama ASEAN di bidang pendidikan. Mengingat setiap negara memiliki potensi alam dan manusia yang berbeda, kerjasama antar negara ASEAN sangat dibutuhkan.

ASEAN adalah organisasi Asia yang terlibat dalam geopolitik dan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 negara anggota.

Baca juga:

Apa pentingnya pelaksanaan hak asasi warga negara untuk mendapatkan pendidikan

Negara ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Dalsalam, Laos, Myanmar, Vietnam dan Kamboja. Timor Leste terdaftar sebagai anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun, keanggotaan masih dalam pertimbangan.

Kesimpulan

Dari pembahasan – Bagaimana Asean Memandang Perkembangan Pendidikan? – terjalin kerjasama antar negara ASEAN sehingga perkembangan dunia pendidikan bisa terus meningkat di masing-masing negara ASEAN. Hal seperti ini harus terus berlanjut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali