Langsung ke konten utama

Begini Cara Mengetahui Siapa Pemilik Akun IG Fake atau Palsu

BantulMedia.comBegini Cara Mengetahui Siapa Pemilik Akun IG Fake atau Palsu – Terkadang mendapati akun palsu di sosial media sangat mengganggu, apalagi jika akun fake tersebut mencantumkan nama akun kita. Hal ini kerap juga terjadi di sosial media Instagram.Instagram sebagai semakin terkenal dan semakin banyak penggunanya. Di antara sekian banyak akun pengguna IG, terdapat yang fake atau palsu dan relatif banyak persentasenya.

Tentunya hal ini membuat khawatir para pengguna Instagram, sehingga banyak yang cari tahu tentang cara mengetahui pemilik akun IG palsu tadi.

Begini Cara Mengetahui Siapa Pemilik Akun IG Fake atau Palsu

Begini Cara Mengetahui Siapa Pemilik Akun IG Fake atau Palsu

Anda perlu melakukan pemeriksaan dan analisis untuk mengetahui siapa pemilik akun IG palsu tadi. Hal-hal berikut perlu dilakukan, di antaranya.

  1. Cari Tanda Centang biru

Pertama-tama tentunya Anda wajib  sanggup membedakan dulu akun orisinil dan akun palsu. Di Instagram banyak sekali akun fake atau akun palsu yang banyak dan disebarluaskan.

Entah itu nama akun Instagram artis, nama selebriti, atau ada pula nama tokoh terkenal, terdapat banyak sekali. Cari tanda centang biru menjadi pedoman.

Ketika akun orang terkenal telah mempunyai tanda centang biru, maka keaslian akun tadi bisa diverifikasi. Oleh karena itu, akun menggunakan nama lain yang seperti merupakan akun palsu dan bisa kita hapus.

Masalah terjadi jika tidak terdapat tanda centang biru sama sekali. Jadi butuh ekstra upaya untuk mengetahui akun asli seseorang.

  1. Analisis Nama Depan Akun IG

Opsi pertama yaitu mengetahui nama depan orang yang membuat akun IG. Caranya adalah sebagai berikut.

Buka atau kunjungi profil Instagram akun Ig yang  Anda duga fake atau palsu.

  1. Untuk mengetahui apakah akun IG sudah diubah atau diganti namanya, tekan tiga titik pada sudut kanan atas.
  2. Kemudian pilih opsi menu untuk akun ini.

Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan akun tersebut bisa terlihat, dan bisa Anda ketahui apakah ada username sebelumnya atau tidak.

Halaman ini menampilkan history perubahan username yang dilakukan sang pemilik Instagram, termasuk kapan perubahan itu, baik itu data berupa tanggal, bulan, dan tahun perubahan.

Informasi ini bisa dipakai untuk mengetahui bahwa nama pengguna sebelumnya kemungkinan besar merupakan pemilik asli akun Instagram. Jadi catat dan perhatikan dan nama atau username akun Instagram tadi.

Baca juga:

Cara Membuat Feed Instagram Lebih Aestetik

Data ini lalu bisa dipakai untuk melakukan pencarian atau search di Google untuk mengetahui bukti lain berdasarkan nama depan pemilik akun IG yang diduga fake atau palsu siapa pemilik aslinya.

3. Lacak akun IG Memakai Fungsi Pencarian

Anda pula bisa memakai fungsi pencarian atau Jelajahi untuk fakta lebih lanjut. Cara ini relatif sederhana, Anda hanya perlu menelusurinya melalui data nama.

Ini merupakan cara yang cantik untuk mencari nama siapa pun, namun pertama-tama pastikan nama orang tadi mempunyai akun Instagram karena apabila pencarian tidak berhasil, orang yang Anda cari mungkin tidak mempunyai akun IG.

Berikut langkah-langkah melacak akun IG seorang memakai fitur pencarian Explore di aplikasi Instagram.

  1. Buka dan jalankan aplikasi Instagram.
  2. Kemudian tab ikon pencarian di bagian bawah.
  3. Ini akan membuka menu Explorer.
  4. Kemudian masukkan nama orang yang  Anda cari di kotak pencarian.
  5. Selanjutnya, Instagram akan mencari akun IG yang cocok untuk memberikan saran untuk akun yang terkait dengan nama tersebut.
  6. Anda bisa memilih  nama akun IG yang paling mirip dengan nama Anda. Secara khusus, Anda dapat memilih nama akun Ig dengan tanda centang biru di sebelahnya.
  7. Selesai.

4. Lacak akun IG Dengan nomor ponsel

Cara melacak akun IG selanjutnya adalah dengan menggunakan nomor handphone. Dengan demikian, Anda akan memerlukan nomor ponsel orang yang memiliki akun IG yang ingin Anda temukan.  Anda juga dapat menggunakan daftar kontak yang sudah Anda miliki di smartphone Anda.

Metode ini tidak memerlukan aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkah cara melacak akun IG Anda menggunakan nomor ponsel tersebut:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone Anda
  2. Kemudian masuk ke halaman profil akun IG aktif yang dibuat.
  3. Kemudian tekan ikon tiga garis di pojok atas
  4. Lalu masuk ke menu Find People.
  5. Kemudian pilih menu Connect Contact.
  6. Selanjutnya Pilih opsi mulai
  7. Selanjutnya, berikan izin Instagram untuk mengakses kontak ponsel Anda.
  8. Perilaku saat melihat beberapa akun IG terkait kontak yang sudah ada di ponsel.
  9.  selesai.

Siapa pun yang menggunakan nomor ponsel di akun IG dan  mencatat nomor itu di ponsel yang membuka akun IG akan melihat saran untuk nama akun IG yang terkait dengan kolom Saran.

Melacak akun IG Anda tentu sangat mudah. Namun cara ini juga bisa gagal jika beberapa orang tidak mendaftar akun IG dengan nomor ponselnya dan malah mendaftar akun Instagram melalui email.

5. Cara melacak akun IG di FB Teman

Selain itu, Anda dapat melacak nama akun IG Anda dengan akun Facebook Anda. Jika Anda berteman dengan orang tersebut di Facebook, Anda bisa menggunakan cara ini untuk melacak akun IG orang tersebut.

Dengan menghubungkan akun iG Anda ke Facebook, Instagram menawarkan berbagai akun IG yang disarankan oleh beberapa nama akun IG yang telah Anda jadikan teman di Facebook. Ini adalah caranya.

  1. Pertama, buka dan jalankan aplikasi Instagram.
  2. Lalu ke halaman profil
  3. Kemudian tekan ikon tiga garis di sudut atas
  4. Tap menu Find People.
  5. Lalu pilih menu Connect to Facebook.
  6. Selanjutnya, login dengan akun FB Anda.
  7. Setelah terhubung ke FB, akan muncul di menu Recommended Friends.
  8. Langkah selanjutnya tinggal mencari akun IG yang dimaksud.
  9.  Cukup sederhana, tapi sayangnya tidak semua orang yang menghubungkan akun Facebooknya dengan akun Instagramnya.  Oleh karena itu, metode ini mungkin juga tidak berhasil.

6. Lacak Akun IG dengan foto

Anda dapat mencoba metode ini. Anda dapat mencoba menggunakan mesin pencari Google untuk melacak akun IG seseorang.  Yang Anda butuhkan hanyalah foto orang yang ingin mencari akun IG. Cara ini bisa digunakan untuk melacak foto semua orang, bahkan  akun IG scammer dan lainnya.

Pastikan foto tidak buram. Cara melacak akun IG menggunakan foto di mesin pencari atau mesin pencari Google.  Buka  halaman Pencarian Gambar Google di PC Anda untuk mengaksesnya. Anda dapat menggunakan laptop atau desktop. Anda juga bisa menggunakan HP untuk melacaknya dengan terlebih dahulu atur ke mode desktop.

  1.  Klik pada simbol kamera.
  2. Kemudian pilih opsi Unggah Gambar.
  3. Kemudian unggah foto orang yang ingin Anda lacak akun IGnya.
  4. Selanjutnya, tunggu sampai proses upload selesai.
  5. Hasil pencarian akan ditampilkan. Kemudian telusuri

Cara ini juga sangat efektif untuk mencari dan melacak pemilik akun IG palsu atau akun IG yang fotonya digunakan di akun IG palsu. Akun tertaut tidak selalu berada di bagian atas daftar, tetapi dapat berada di bagian tengah atau bawah daftar.

Selain itu, Anda juga dapat menganalisis dan memperhatikan siapa yang mengikuti pengikut akun mana.

7. Lacak Nomor Rekening

Jika Anda sudah transaksi, periksa perubahan akun Anda dan lihat nama penerima dan nomor akun. Atau, Anda dapat copy paste nomor rekening ke Google Penelusuran dan itu akan muncul di sana.

Jadi disini Anda bisa mengecek satu per satu jika ada yang salah, seperti nomor palsu.

Kesimpulan

Banyak cara untuk – Begini Cara Mengetahui Siapa Pemilik Akun IG Fake atau Palsu – Anda bisa mencoba salah satunya agar dapat mengetahui detail terkait akun palsu yang mungkin mengganggu Anda. Selamat mencoba ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali