Langsung ke konten utama

Cara Jitu Menghidupkan Smartphone Saat Tombol Power Rusak

BantulMedia.com Cara Jitu Menghidupkan Smartphone Saat Tombol Power Rusak – Hai semuanya, kali ini Tim BantulMedia akan membagikan informasi penting tentang cara mudah menghidupkan smartphone saat tombol power rusak. Walaupun mungkin hal ini sepele, namun cukup menggangu aktivitas gadget Anda. Jika Anda pergi ke konter  karena masalah ini, Anda bisa terjebak untuk membayar dengan harga yang cukup mahal.

Cara Jitu Menghidupkan Smartphone Saat Tombol Power Rusak

Cara Jitu Menghidupkan Smartphone Saat Tombol Power Rusak

Kerusakan bisa terjadi karena tombol kendor atau terganggu fungsinya. Jika ini terjadi, jangan panik dulu. Karena ternyata ponsel bisa Anda matikan lalu hidupkan kembali tanpa tombol power.

Jika smartphone Anda adalah Samsung dan ini terjadi, Tim BantulMedia akan menunjukkan cara menghidupkan ponsel Samsung Anda tanpa tombol power. Anda dapat menggunakan metode ini bahkan jika Anda menggunakan ponsel merek lain.

  1. Colok Tombol Power Dengan objek lain

Dalam beberapa kasus, tombol power mungkin rusak dan tidak berfungsi karena bagian luarnya tidak ada atau penutupnya hanya tinggal  karet di dalamnya.

Jika Anda memperhatikan ini, Anda dapat menggunakan benda khusus seperti tusuk gigi atau ejektor kartu SIM untuk  mendorong tonjolan ke dalam.

Penting untuk tidak menekankan tombol power dengan benda tajam. Jika Anda menggunakan tusuk gigi, pastikan ujungnya tumpul! Jika tombol dalam masih berfungsi, ponsel akan menyala otomatis seperti ini.

2. Hubungkan ke Charger/ Power bank

Kalau tidak mau ribet, Anda bisa langsung charge smartphone Anda. Gunakan adaptor charger biasa atau power bank.

Jika smartphone Android Anda masih aktif dan dihidupkan, layar akan menyala secara otomatis saat Anda menghubungkannya ke pengisi daya. Kemudian cukup geser atau atur PIN atau pola untuk membuka kunci layar.

3. Nyalakan Layar Menggunakan Tombol Lain

Tips selanjutnya, Anda dapat menggunakan tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power. Salah satunya adalah dengan menggunakan tombol volume atas dan volume bawah.

Baca juga:

Tips Mengatasi Rotasi Layar Ponsel Yang Tidak Bisa Berfungsi

Sebelum itu, pastikan Anda bisa membuka layar menggunakan cara-cara di poin 1 dan 2. Kemudian ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Ketuk opsi volume on / off hingga warna ikon gear atau pengaturan muncul. Aktifkan opsi mulai dan matikan layar untuk memaksimalkan tombol volume alih-alih tombol power.

Mulai ulang ponsel cerdas Anda untuk menggunakannya. Gunakan tombol volume atas / bawah alih-alih tombol power. Untuk mematikan layar, tekan Matikan layar.

4. Aktifkan Fitur Double Tap To Wake Pada Smartphone Anda

Langskah lain,yaitu Anda juga bisa  menggunakan fitur Double Tap to Wake yang sudah umum digunakan pada smartphone Android keluaran terbaru.

Kemudian, saat layar mati, ketuk layar dua kali  untuk menyalakannya dan membuka kunci ponsel. Namun, untuk smartphone Android seri lama yang belum memiliki fitur ini, Anda bisa mendownload aplikasi lain.

Menggunakan aplikasi Double Tap To Wake tidak berlaku untuk semua jenis ponsel Android. Jika itu tidak berhasil, kami sarankan menggunakan metode poin 3 atau 5.

5. Manfaatkan Sensor biometrik

Dari entry level hingga flagship, smartphone Android terbaru yang rilis belakangan ini cenderung dilengkapi dengan sensor biometrik. Salah satu yang paling umum adalah sensor sidik jari.

Selain itu, misalnya, pemindai wajah atau face unlock seperti, Irish scanner. Ini juga digunakan untuk menghidupkan ponsel tanpa tombol power. Semua merek seperti Samsung, ASUS, OPPO dapat melakukan hal tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan – Cara Jitu Menghidupkan Smartphone Saat Tombol Power Rusak – Anda bisa mencoba tips di atas.

Itulah 5 cara menghidupkan Smartphone tanpa tombol power yang bisa Anda gunakan. Semoga artikel ini bisa menjadi solusi bagi yang bingung saat tombol power di smartphone yang rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,