Langsung ke konten utama

Cara Memasak Bihun Agar Lebih Enak dan Lezat

BantulMedia.comCara Memasak Bihun Agar Lebih Enak dan Lezat – Hallo Sahabat BantulMedia, kali ini kami akan membahas mengenai bihun. Kebanyakan orang Indonesia suka makan bihun dengan segala variannya. Bihun merupakan salah satu bahan  masakan Indonesia yang paling banyak bisa diolah, seperti bihun goreng, soto, ketoprak, dan risol. Bentuknya mirip dengan pasta, namun bihun memiliki trik dan cara memasak yang berbeda dengan pasta.

Cara Memasak Bihun Agar Lebih Enak dan Lezat

Cara Memasak Bihun Agar Lebih Enak dan Lezat

Makan bersama keluarga selalu mennjadi momen spesial. Meski dengan menu sederhana, momen spesial akan meninggalkan kesan nikmat. Pilihan masakan rumahan seringkali menjadi keputusan keluarga pada menu umum.

Salah satu item yang harus Anda miliki adalah pasta seperti bihun. Bihun adalah makanan Cina yang dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Rice Vermicelli.

Anda dapat dengan mudah mengolah dan memasak bihun sehingga menu ini menjadi salah satu menu terpopuler di Indonesia.

Pengolahan yang tidak tepat dapat membuat bihun menjadi kental dan berlumpur. Tentu saja, itu merusak kenikmatan memasak, bukan? Selanjutnya, bagaimana cara menangani bihun yang benar? Pelajari dan praktikkan tips-tips ini untuk menyediakan bihun murni yang renyah dengan hidangan buatan sendiri.

1. Pilih Bihun Berkualitas Tinggi

Kualitas bihun tentu  mempengaruhi hasil masakan yang disiapkan oleh Lemonizen. Bihun biasanya di pasar atau supermarket tersedia dalam dua bentuk, kemasan atau eceran. Pilih bihun yang sebisa mungkin yang dalam kemasan dan memiliki tanggal kadaluarsa yang jelas pada kemasannya.

Hal ini karena untuk mencegah pembelian bihun yang sudah tersimpan lama. Jika mendesak Anda membeli bihun di toko eceran, pilih bihun  putih yang agak kusam untuk bihun beras dan bihun yang agak kekuningan untuk bihun jagung.

2. Bihun Tidak Direbus

Bihun lebih rapuh dan lebih mudah jika Anda rebur daripada telur dan mie lainnya. Untuk mencegah bihun menjadi tahan lama dan becek, sebaiknya jangan merebus bihun.

Rendam bihun dalam air hangat dan aduk sesekali agar bihun tidak lengket. Anda membutuhkan sekitar 5 menit. Selanjutnya, tiriskan bihun sampai kering.

3. Sesuaikan Waktu Perendaman Bihun Dengan Makanan Yang Anda Siapkan

 Jika Anda ingin segera makan bihun setelah Anda rendam, sebaiknya rendam bihun sampai benar-benar matang dan memiliki kelengketan kenyal yang Anda inginkan.

Jika ingin mengolah bihun  menjadi makanan lain, misalnya menggoreng dengan bahan lain, dan dapat merendamnya menjadi setengah matang sebelum menggorengnya.

Selain itu, jika Anda menggunakan bihun untuk memasak seperti soto ayam, Anda tidak perlu merendam bihun terlebih dahulu. Hal ini karena untuk mencegah bihun menjadi terlalu matang dan lembek.

4. Tambahkan  Minyak

Masalah saat memasak bihun adalah bihunnya kental dan lengket. Untuk menghindarinya, segera tambahkan  minyak wijen ke bihun yang sudah Anda tiriskan.

Baca juga:

Tips Masakan Sehat Dengan Menggunakan Bumbu Rendang

Jika tidak ada minyak wijen, bisa menggunakan minyak goreng biasa. Namun, penggunaan minyak wijen meningkatkan rasa bihun, terutama saat menggoreng dan Anda buat menjadi bihun goreng.

5. Bihun Tidak Perlu Terlalu Sering Diaduk

 Jika Anda memasak bihun dengan cara tumis, seperti bihun goreng, jangan terlalu sering mengaduk bihun agar dapat mempertahankan bentuknya. Jika Anda terlalu banyak mengaduk saat menggoreng, bihun akan rusak dan pecah.

Kesimpulan

Dari pembahasan tadi mengenai – Cara Memasak Bihun Agar Lebih Enak dan Lezat – dapat kita ketahui tahapab-tahapan terbaik untuk mengolah bihun menjadi masakan yang lezat.

Saat ini banyak sekali variasi merk bihun yang tersedia dan banyak pilihan dalam memasak bihun. Jika Anda menyukai bihun instan, pilihlah bihun instan alami yang lebih sehat karena rendah gluten, bebas lemak trans, terbuat dari bahan alami dan bebas pengawet dan MSG.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali