Langsung ke konten utama

Inilah Aktivitas Yang Ternyata Bisa Memicu Depresi

BantulMedia.com Inilah Aktivitas Yang Ternyata Bisa Memicu Depresi – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit mental adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Gangguan jiwa depresif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa.

Dalam keadaan tertekan ini, otak manusia tidak dapat berfungsi dengan baik dan merespon dengan baik situasi dan kondisi di sekitarnya. Banyak orang percaya bahwa depresi terjadi karena adanya tekanan hidup, ketidaksetaraan keuangan, atau karena jam kerja yang sibuk.

Inilah Aktivitas Yang Ternyata Bisa Memicu Depresi

Inilah Aktivitas Yang Ternyata Bisa Memicu Depresi

Padahal, kebiasaan tidak sehat yang Anda praktikkan setiap hari dapat memengaruhi perkembangan depresi dan berujung pada penyakit mental. Kelihatannya enak dan menyenangkan, namun aktivitas selanjutnya ternyata menjadi “perangkap” yang rawan depresi.

1. Jarang Mengkonsumi Makanan Yang Baik Untuk Otak

Padahal, salah satu aktivitas yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk otak.

Para ahli mengatakan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 (asam lemak omega-3), yang membantu membangun sel-sel di otak, dapat mendukung kesehatan otak.

Asam lemak omega 3 ditemukan dalam salmon, krustasea, minyak ikan cod, biji rami, biji chia, dan kenari.

2. Lebih Banyak Bersantai di rumah Daripada Olahraga

Tentu sangat menyenangkan ketika Anda bisa tidur atau menonton TV dan ngemil seharian, bukan? Hati-hati, ini bisa memicu depresi pada tubuh Anda.

Penelitian mengatakan bahwa tubuh yang tidak aktif bergerak lebih rentan terhadap depresi karena produksi hormon dopamin dan serotonin, yang membuat pikiran lebih bahagia, mengalami stagnasi.

Selain itu, depresi juga mendorong orang untuk makan berlebihan, membuat obesitas menjadi masalah kesehatan lainnya.

3. Terlalu Sering Menghindari Sinar Matahari, Terutama Sinar Matahari Pagi

Matahari memang terik, namun berjemur terutama sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat. Sinar matahari merupakan jam weker yang tepat untuk Anda bangun dan menghindari kebiasaan tunda yang mengganggu tidur Anda.

Baca juga:

Hewan Peliharaan Jadi Solusi Kesehatan Mental? Simak Manfaatnya!

Gangguan tidur dapat mengganggu dan rentan terhadap depresi. Selain itu, sinar matahari diketahui dapat mengaktifkan produksi serotonin dalam tubuh, menciptakan suasana hati yang gembira dan ceria di pagi hari.

4. Terlalu Banyak Makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat

Makan makanan manis dan tinggi karbohidrat memang menyenangkan. Tidak hanya meningkatkan rasa lidah Anda, tetapi ternyata makanan manis yang tinggi karbohidrat tidak baik untuk otak Anda.

Menurut sebuah studi CBC News, Konsumsi terlalu banyak makanan manis dan karbohidrat dapat merusak susunan sel di otak dan merusak kemampuan untuk berpikir dan merespons kondisi dan situasi di sekitarnya.

Jika Anda ingin camilan, cobalah sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin. Hal ini dapat membantu mengatur sel-sel di otak dan memaksimalkan produksi hormon.

Ciri-ciri Orang Yang Depresi

Orang dengan depresi biasanya memiliki beberapa gejala, termasuk mual, gelisah, tidak berguna, rasa bersalah atau putus asa, dan pikiran tentang menyakiti atau membunuh diri sendiri.

Gejala lain pada anak antara lain menyendiri, menjauh dari teman, rewel atau mudah marah, banyak menangis, sulit berkonsentrasi di sekolah, kehilangan nafsu makan atau gangguan tidur (yang mungkin berlebihan atau berkurang).

Gejala pada Anak-anak yang lebih muda mungkin kehilangan minat bermain. sedangkan Anak yang lebih besar cenderung melakukan hal-hal berbahaya yang sebelumnya tidak berani mereka lakukan.

Terlepas dari tingkat keparahan depresi, itu bisa disembuhkan. Saraf di otak bersifat elastis dan tidak berubah. Ini berarti bahwa Anda dapat menyembuhkan depresi berat.

Penyelesaian depresi berat dapat dicapai dengan berpikir positif, karena kondisi di luar tubuh manusia tidak bisa dikontrol sedangkan yang di dalam tubuh justru bisa dikontrol.
Untuk mencegah efek depresi semakin parah, Anda dapat melakukan hal berikut saat Anda depresi:

  1. Bicaralah dengan seseorang yang dapat Anda percayai tentang perasaan Anda.
  2. Mulailah dengan staf medis atau dokter Anda dan cari bantuan profesional.
  3. Menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman, dan orang-orang di sekitar Anda.
  4. Berolahraga secara teratur, bahkan dengan intensitas sedang.
  5. Biasakan makan dan tidur secara teratur.
  6. Hindari konsumsi alkohol dan obatobatan. Semua ini memperburuk depresi.
  7. Tetap lakukan hal-hal yang selalu Anda nikmati, bahkan jika Anda kehilangan nafsu makan.
  8. Waspadai pikiran negatif yang terus menerus dan kritik diri yang berlebihan dan cobalah untuk menggantinya dengan pikiran positif. Beri diri kita dorongan dan selamat atas apa yang kita miliki.

Kesimpulan

Penjelasan dari artikel – Inilah Aktivitas Yang Ternyata Bisa Memicu Depresi – sangat membuka mata kita bagaimana aktivitas rutin bisa menjadi pemicu depresi.

Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera datangi ahli medis dalam bidang ini, agar tidak menjadi parah kondisi tubuh Anda. Sehat selalu ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa