Langsung ke konten utama

Inilah Cara Membuat Bot Telegram Pakai Coding dan Tanpa Coding

BantulMedia.comInilah Cara Membuat Bot Telegram Pakai Coding dan Tanpa Coding – Apakah Anda pengguna Telegram? Salah satu fitur keren dari Telegram adalah pengguna bisa bebas menciptakan berbagai macam jenis bot, baik menggunakan coding juga tanpa coding. Namun, masih banyak pengguna Telegram yang belum mengetahui cara menciptakan bot Telegram.

Inilah Cara Membuat Bot Telegram Pakai Coding dan Tanpa Coding

Inilah Cara Membuat Bot Telegram Pakai Coding dan Tanpa Coding

Ketika kita berbicara mengenai aplikasi Telegram, itu erat kaitannya dengan bot. Bahkan pada aplikasi Tele-gram, secara default terdapat bot bernama FatherBot yang bisa menciptakan bot dan menjalankan bot yang sudah Anda untuk pada aplikasi Telegram.

Tren penggunaan bot Telegram waktu ini sangat besar, terutama pada hal membantu merampungkan pekerjaan. Bahkan saat ini, banyak perusahaan besar turut ikut pada pembuatan bot Telegram agar mempermudah pekerjaan mereka, terutama yang berkaitan menggunakan entri data.

Bagi pemula, terutama yang belum memahami cara memakai bahasa pemrograman. Tentu saja sangat sulit untuk menciptakan bot Telegram menggunakan coding, lantaran Anda tidak hanya perlu menciptakan skrip, namun pula menciptakan algoritme untuk bot yang akan dibuat.

Oleh karena itu, untuk siapa saja yang ingin menciptakan bot Telegram namun mempunyai keterbatasan terkait program, tidak perlu khawatir karena dalam pembahasan kali ini kita akan ulas cara menciptakan bot Telegram menggunakan coding dan tanpa coding.

Apa itu bot Telegram?

Bot merupakan aplikasi perangkat lunak yang bisa Anda pakai untuk melakukan tugas otomatis melalui internet. Biasanya, bot melakukan banyak tugas pada struktur yang sederhana dan berulang. Bot pula mempunyai fungsi yang kompleks dan Anda dapat mengatur sesuai keinginan.

Pada dasarnya Telegram bot sama menggunakan seperti user biasa, hanya saja Telegram bot tidak membutuhkan nomor telepon dan hanya mampu dijalankan sang programmer.

Bot Telegram hanya mampu berjalan bila terdapat perintah atau request yang sinkron menggunakan parameter acara bot.

Dengan memakai bot, Anda bisa memprogramnya untuk merampungkan pekerjaan. Bot sendiri ibarat seperti robot yang bisa melakukan seluruh pekerjaan insan, gampang dan cepat. Namun, untuk mengaturnya, Anda butuh program tambahan terlebih dahulu.

Baca juga:

Penjelasan Cara Ubah Fitur Last Seen Telegram

Mengapa Menggunakan Bot Telegram?

Ada banyak alasan mengapa Anda wajib memakai bot Telegram, salah satunya misalnya seperti yang sudah dibahas tadi, memudahkan segala macam pekerjaan menjadi gampang dan cepat. Bahkan bot pun mampu menjadi admin atau CS tergantung perintahnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengapa Anda perlu menggunakan bot Telegram untuk setiap aktivitas:

  • Bot Telegram dapat dikonfigurasi untuk mengirim pemberitahuan khusus tentang topik yang Anda perlukan seperti pesan.
  • Dapat menampilkan berbagai jenis konten dari layanan lain, sehingga memudahkan Anda dan pembuat konten untuk mendapatkan ide dan topik saat ingin membuat konten terbaru.
  • Bot Telegram juga dapat Anda atur untuk melayani berbagai hal misalnya kasir virtual yang dapat menangani proses pembayaran dan metode pembayaran.
  • Beberapa bot Telegram juga berfungsi sebagai media untuk menyapa anggota lain yang baru bergabung di channel.
  • Bot Telegram dapat memberikan pengalaman yang luar biasa dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML5 untuk membuat program mereka sendiri, untuk membuat game di platform obrolan. Beberapa game sederhana ini seperti puzzle dan game real-time strategy.
  • Anda juga tidak dapat menggunakan Bot Telegram untuk melakukan beberapa pekerjaan pada objek yang telah Anda tentukan sebelumnya

Cara Membuat bot Telegram menggunakan BotFather

Sesuai dengan namanya, BotFather merupakan salah satu bot, atau ayah dari bot tersebut. Saat Anda membuat bot, Anda harus menggunakan BotFather terlebih dahulu untuk mengatur bot Anda sehingga Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan.

Singkatnya, BotFather dapat mengelola semua jenis menu dan perintah bot. BotFather memudahkan pembuatan bot Telegram tanpa coding. Cara membuat bot Telegram menggunakan BotFather:

  1. Buka aplikasi telegram
  2. Selanjutnya, cari posting botfather
  3. Kemudian klik botfather
  4. Klik Mulai untuk melanjutkan.
  5. Di kotak obrolan, ketuk / bot baru untuk membuat bot baru
  6. Masukkan nama bot baru yang ingin Anda gunakan di sini
  7. Selanjutnya, buat nama pengguna untuk bot Anda. Nama pengguna yang Anda gunakan harus diakhiri dengan “bot”. Contoh: myBot
  8. Jika bot yang Anda buat berhasil didaftarkan, Anda akan menerima token API yang memungkinkan Anda mengakses bot API yang disediakan oleh Telegram.
  9. Selesai

Pada titik ini, bot Telegram telah berhasil dibuat. Anda juga dapat menambahkan perintah lain ke BotFather untuk memprogram bot Anda. Ada juga beberapa perintah atau program yang bisa Anda gunakan untuk mengakses BotFather di Telegram.

/newbot – membuat bot baru
/mybots – mengedit bot mu [beta]

Edit Bots
/setname – mengubah nama bot mu
/setdescription – mengubah deskripsi bot
/setabouttext – merubah bot about info
/setuserpic – merubah foto bot
/setcommands – membuat daftar command
/deletebot – menghapus bot

Bot Settings
/token – membuat token baru
/revoke – menghapus access token
/setinline – mengaktifkan/nonaktifkan inline mode (https://core.telegram.org/bots/inline)
/setinlinegeo – mengaktifkan/nonaktifkan inline location requests (https://core.telegram.org/bots/inline#location-based-results)
/setinlinefeedback – merubah inline feedback (https://core.telegram.org/bots/inline#collecting-feedback) settings
/setjoingroups – mengatur ijin bot mu untuk masuk ke grup
/setprivacy – mengaktifkan/nonaktifkan privacy mode (https://core.telegram.org/bots#privacy-mode) in groups

Games
/mygames – mengatur games mu (https://core.telegram.org/bots/games) [beta]
/newgame – membuat game baru(https://core.telegram.org/bots/games)
/listgames – menampilkan daftar game yang kamu buat
/editgame – mengedit game
/deletegame – menghapus game

Cara Membuat bot Telegram menggunakan coding

Mungkin beberapa pengguna Telegram lebih suka membuat bot melalui coding. Kami tidak hanya ingin belajar sains, kami juga ingin membuat bot Telegram yang lebih kompleks daripada bot yang tidak dikodekan.

Telegram juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk membuat bot Telegram. Pengguna dapat membangun bot menggunakan bahasa pemrograman apa pun, seperti Python, PHP, NodeJ, dan sebagainya.

Anda harus menulis program untuk menjalankan bot yang Anda buat untuk penggunaan pengkodean nanti.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang – Inilah Cara Membuat Bot Telegram Pakai Coding dan Tanpa Coding- sangat mudah bukan? Dengan cara ini Anda semua tidak perlu bingung lagi jika ingin membuat bot Telegram baru untuk keperluan yang berbeda di lain waktu, karena Anda bisa melakukannya seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa