Langsung ke konten utama

Inilah Metode Latihan Pernapasan, Bisa Lebih Rileks dan Nyaman

BantulMedia.comInilah Metode Latihan Pernapasan, Bisa Lebih Rileks dan Nyaman – Terkadang di saat Anda penat dan suntuk, menghela nafas panjang bisa menjadi cara Anda untuk membuat tubuh menjadi rileks. Pernahkah Anda memperhatikan pernapasan Anda ketika Anda sedih atau marah? Anda terengah-engah, kan?

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda tenang? Tentu saja, rasanya berbeda dan lebih rileks. Nah, salah satu cara untuk membantu Anda tetap tenang adalah dengan latihan pernapasan.

Inilah Metode Latihan Pernapasan, Bisa Lebih Rileks dan Nyaman

Inilah Metode Latihan Pernapasan, Bisa Lebih Rileks dan Nyaman

Ya, pernapasan yang teratur tidak hanya dapat membuat rileks, tetapi juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Bagaimana caranya? Jangan khawatir, simak beberapa tips berikut ini untuk Anda.

Manfaat Latihan Pernapasan

Meskipun kedengarannya mudah, latihan pernapasan sangat penting dan dapat berdampak besar pada tubuh Anda. Menurut sebuah studi tahun 2018, teknik pernapasan lambat dapat memengaruhi sistem saraf parasimpatis.

Saraf ini membantu mengatur respon stres tubuh sekaligus menenangkan tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pernapasan lambat dapat meredakan depresi, kemarahan, dan kebingungan. Namun, para peneliti mengatakan penelitian tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurut penelitian lain, latihan pernapasan dapat meningkatkan kinerja kognitif dan mengurangi efek stres. Dilihat dari manfaatnya, latihan pernapasan tidak hanya meningkatkan kondisi fisik tetapi juga kondisi mental, jadi mempelajari latihan ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari tidak akan berbahaya.

Baca juga:

Tidak Sempat Olahraga? Lakukan 5 Aktivitas Ini Untuk Kesehatan Tubuh

Latihan Pernapasan Yang Dapat Anda Coba

Menurut riset dari University of Michigan Health and Healthline, Latihan Pernapasan dapat menggunakan teknik pernapasan berikut:

Metode pernapasan bibir mengerucut

Untuk melakukan ini, langkahnya adalah:

  1. Rilekskan leher dan bahu Anda.
  2. Dengan mulut tertutup, tarik napas perlahan melalui hidung dan hitung sampai 2.
  3. Tekan bibir Anda bersama-sama seperti peluit.
  4. Tiup udara ke dalam bibir yang mengerucut dan hembuskan perlahan, hitung sampai 4.

Metode pernapasan perut

Untuk melakukan ini, caranya adalah:

  1. Duduk atau berbaring dalam posisi yang nyaman.
  2. Letakkan satu tangan di perut tepat di bawah toraks. Selanjutnya, letakkan tangan Anda yang lain di dada Anda.
  3. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan pastikan napas menekan tangan ke perut.
  4. Buang napas melalui pernapasan bibir yang mengerucut, seolah-olah Anda sedang bersiul. Rasakan perut Anda dan gunakan untuk mendorong keluar semua udara.
  5. Ulangi 3-10 kali. Luangkan waktu Anda setiap kali Anda bernapas.

Teknologi Pernapasan Dalam

Untuk melakukannya,simak langkah berikut:

  1. Lakukan sambil Anda berdiri atau duduk.
  2. Tarik siku sedikit ke belakang dan busungkan dada.
  3. Tahan napas dan hitung sampai ke- 5.
  4. Buang napas perlahan sambil menghembuskan napas melalui hidung.

Metode pernapasan Equal Breathing

Untuk melakukan ini:

  1. Pilih posisi duduk yang nyaman.
  2. Tarik napas dan hembuskan melalui hidung.
  3. Pastikan setiap inhalasi dan ekshalasi memiliki panjang yang sama. Caranya adalah dengan memilih kalimat pendek dan mengulanginya setiap kali Anda menarik atau menghembuskan napas.
  4. Beristirahatlah sejenak setiap kali Anda menarik atau menghembuskan napas.
  5. Lanjutkan latihan pernapasan ini setidaknya selama 5 menit.

Metode pernapasan Humming Bee

Untuk melakukan ini, adalah :

  1. Pilih posisi yang nyaman.
  2. Tutup mata Anda dan pastikan pikiran Anda rileks.
  3. Tempatkan jari telunjuk Anda pada tulang rawan tragus di saluran telinga.
  4. Dorong perlahan jari Anda ke dalam tulang rawan sambil menarik dan menghembuskan napas.
  5. Tenang dan bersenandung.

Tips Mempelajari Latihan Pernapasan

Latihan bernafas tidak memakan banyak waktu. Yang paling penting adalah fokus pada napas yang Anda rasakan. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips untuk mengatur rutinitas latihan pernapasan Anda:

  • Mulai dari 5 menit sehari.
  • Jika Anda merasa 5 menit terlalu lama, coba 2 menit
  • Berolahraga beberapa kali sehari
  • Buat jadwal yang teratur

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas – Inilah Metode Latihan Pernapasan, Bisa Lebih Rileks dan Nyaman – dapat kita ketahui berbagai metode latihan pernapasan.

Berikut ini beberapa cara melakukan latihan pernapasan di rumah. Datanglah ke Lemonizen dan coba langkah-langkah kecil ini untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Ingat, yang harus Anda lakukan adalah memulai latihan ini dan benar-benar meluangkan waktu Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali