Langsung ke konten utama

Jangan Campur Makanan Ini Untuk MPASI Pada Bayi! Apa saja?

BantulMedia.comJangan Campur Makanan Ini Untuk MPASI Pada Bayi! Apa saja? – Saat anak berusia 6 bulan, biasanya orang tua sudah mulai mempersiapkan makanan pertamanya. Ini adalah tahapan pertama setelah bayi mendapatkan full ASI. Namun tahukah Anda makanan MPASI bayi mana saja yang tidak boleh dicampur? Mengetahui informasi ini sangat penting karena memberikan makanan  bayi tidak boleh sembarangan.

Pada usia enam bulan, bayi biasanya menopang kepala mereka dan ia akan tertarik dengan apa yang orang lain makan.

Jangan Campur Makanan Ini Untuk MPASI Pada Bayi! Apa saja?

Jangan Campur Makanan Ini Untuk MPASI! Apa saja?

Sehingga, pada usia tersebut adalah waktu yang baik untuk Ibu mulai memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Meski sudah bisa makanan padat siap saji, pola makan bayi usia 6 bulan tentu berbeda dengan orang dewasa.

Orang tua sebaiknya untuk mengolah sendiri makanan padat tersebut sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisinya. Perlu diketahui bahwa ada banyak makanan bayi yang tidak boleh dicampur.

Makanan Yang Tidak Boleh Anda Campur Untuk MPASI Bayi

Alasan tidak boleh menambahkan beberapa makanan tertentu bubuk adalah karena sistem pencernaan bayi Anda masih belum bisa mencernanya. Berbagai jenis makanan yang tidak boleh dicampur dengan MPASI adalah:

  1. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan sudah lama kita ketahui. Inilah alasan banyak Ibu yang mencampur madu dengan MPASI untuk bayi. Padahal pemberian madu pada bayi  yang baru berusia 6 bulan adalah pilihan yang tidak tepat.

Makanan cair yang diproduksi oleh lebah tidak dianjurkan untuk bayi di bawah usia satu tahun. Hal ini karena madu biasanya mengandung spora dan rentan terhadap kontaminasi  bakteri lain yang dapat menyebabkan infeksi pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari  madu sebagai campuran makanan pelengkap.

2. Makanan olahan

Menurut fakta di lapangan, banyak orang tua yang masih memberikan makanan olahan kepada anaknya karena hak tersebut lebih praktis. Namun, sebaiknya Anda tidak memberikan anak  berbagai macam makanan olahan.

Makanan olahan biasanya tinggi garam. Tentu saja, kandungan natrium yang tinggi dari makanan olahan tidak memenuhi kebutuhan garam bayi. Kebutuhan garam pada bayi biasanya hanya berkisar 400-800 mg.

3. Rasa

Seperti orang dewasa, bayi  mulai mengenali rasa dan tidak menyukai makanan  hambar. Hal ini lebih dikenal dengan penyedap rasa atau MSG.

Penyedap rasa atau MSG adalah salah satu bahan tambahan makanan yang dapat meningkatkan cita rasa makanan dan membuatnya lebih enak. Tapi bisakah MPASI untuk bayi di bawah usia 1 tahun diberi rasa? Tentu saja, jawabannya adalah tidak.

Menambahkan gula atau garam ke Mpasi sebenarnya bukan masalah. Namun, ini hanya mungkin jika anak berusia di atas 1 tahun. Penggunaan rasa yang terlalu dini dan berlebihan dapat menimbulkan berbagai risiko  yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anak Anda.

4. Kacang-Kacangan

Bahan makanan yang satu ini kaya akan nutrisi. Dari serat makanan, arginin hingga vitamin E. Namun sebaiknya Anda tidak memberikan kacang sebagai makanan pendamping ASI atau MPASI untuk campuran pada bayi di bawah usia satu tahun.

Baca juga:

Panduan Dalam Memilih Snack Sehat Untuk Bayi

Ini karena meski kacangnya Anda remukkan dan haluskan, tetapi teksturnya masih cukup kasar. Selai kacang yang lebih lembut sekarang tersedia, tetapi teksturnya yang lengket justru dapat menyebabkan plak pada gigi Anda.

Selain itu, tekstur kacang yang kasar membuat anak Anda sulit menelan. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari pencampuran makanan mpasi anak dengan kacang-kacangan.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa makanan bayi yang tidak boleh Anda campur. Penjelasan tentang – Jangan Campur Makanan Ini Untuk MPASI Pada Bayi! Apa saja? – bisa menjadi wawasan Anda untuk lebih aware lagi terhadap asupan anak.

Selain jenis makanan di atas, ada beberapa makanan yang tidak boleh Anda campur dengan makanan padat atau makanan bayi. Sebaiknya Anda mendiskusikan masalah ini dengan dokter atau ahli gizi Anda sehingga anak Anda dapat memiliki diet terbaik dan teraman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali