Langsung ke konten utama

Pahami dan Perhatikan!! Resiko Terjun ke Dunia Kripto

BantuMedia.comResiko Terjun ke Dunia Kripto – Semakin kompleks teknologinya, semakin banyak barang modal, termasuk investasi kripto. Investasi ini menjanjikan return yang tinggi, cryptocurrency sendiri adalah uang digital yang hanya ada dan bisa dihabiskan di dunia maya. Munculnya Bitcoin ditawarkan oleh Satoshi Nakamoto pada Januari 2009.

Sebuah investasi tidak berharga jika tidak ada risiko. Sebelum Memilih Crypto Untuk Berinvestasi. Banyak Hal yang Perlu anda Pahami sebelum mempertimbangkan untuk membeli cryptocurrency.

Resiko Terjun ke Dunia Kripto

Resiko Terjun ke Dunia Kripto

Sangat tidak stabil

Banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai tukar mata uang kripto yang terjadi dengan sangat cepat atau terkadang bisa sangat dramatis. Nilainya bisa cukup tinggi, tetapi bisa turun drastis setelahnya. Seperti investasi ekuitas, investasi cryptocurrency memiliki karakteristik risiko tinggi, pengembalian tinggi.

Rentan terhadap kejahatan dunia maya

Cryptocurrency sangat tergantung dengan teknologi, sehingga investasi ini sangat rentan terhadap ancaman cyber. Ketika itu terjadi, jika crypto Anda hilang atau dicuri, Anda akan kesulitan mendapatkannya.

Ada klaim bahwa beberapa pembeli kehilangan investasinya karena diretas. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut, Anda harus mencari broker di berbagai negara, terutama di tahun 2019, untuk kasus broker.

Kurangnya regulasi

Regulasi untuk cryptocurrency masih tergolong baru di Indonesia. Meskipun peraturan ini melegitimasi investasi ini di Indonesia untuk menjadi solid, ada juga sejumlah batasan yang dapat menimbulkan risiko bagi klien.

Satu lagi pembahasan tentang resiko ini, Simak selengkapnya!

Resiko Terjun ke Dunia Kripto – Cryptocurrency dianggap sebagai kendaraan investasi yang menguntungkan bagi mereka yang mempercayainya. Ini karena crypto diyakini telah melahirkan jutawan baru dan bahkan miliarder dalam beberapa tahun terakhir. Memang, investasi ini berisiko dan membawa tingkat ketidakpastian yang tinggi.

Menurut Profesor Dian Masyita, PhD, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, ketidakpastian harga kripto muncul dari mekanisme permintaan (demand) dan ketersediaan (supply). Permintaan yang besar akan menaikkan harga. Di sisi lain, ketika ada banyak promosi penjualan, harga kripto otomatis akan turun dengan cepat.

Oleh karena itu, nilai atau harga kripto lebih dipengaruhi oleh faktor ketersediaan dan permintaan. Crypto jelas tidak memiliki nilai atau nilai intrinsik dalam sesuatu yang dapat berdiri sendiri.

“Tidak ada sektor riil atau aset nyata yang berputar di sekitar bisnis yang mendasarinya. Saat menganalisis saham, analisis fundamental (situasi bisnis sektor riil perusahaan) digunakan, tetapi cryptocurrency Dalam kebanyakan kasus, hanya analisis teknis yang digunakan saat menganalisis, ” kata Profesor Dian.

Fluktuasi ini akan menunjukkan seberapa besar risiko berinvestasi di crypto. Namun, para pendukung mata uang digital ini sangat yakin bahwa kripto adalah mata uang masa depan. Mereka berasumsi bahwa membeli kripto ketika harganya rendah akan membawa keuntungan di masa depan atau ketika harganya naik.

Guru besar ekonomi Islam itu menyatakan bahwa pergerakan harga yang fluktuatif menjadikan aset kripto hanya sebagai instrumen spekulasi belaka. Ini seperti permainan lotere yang menunggu kesempatan untuk menghasilkan keuntungan.

Investasi masa depan?

Profesor Dian mengatakan bahwa banyak otoritas di seluruh dunia telah melarang cryptocurrency sebagai mata uang transaksi. Bahkan jika produk ini disetujui, itu masih seperti produk.

Dia juga tidak berpikir crypto adalah sebuah investasi. Ini karena tidak ada konsensus yang jelas tentang ke mana dana itu pergi dalam cryptocurrency. “Tidak ada yang bisa menjamin bahwa kripto adalah investasi yang menjanjikan dan berkelanjutan.

Pertama, kita perlu membuat ekosistem kripto agar mendapat banyak dukungan (pengikut) untuk berdagang aset kripto,” kata Profesor Dian. Profesor Dian, seorang sarjana yang telah mempelajari keuangan selama lebih dari 25 tahun, mengakui bahwa akan sulit untuk mengambil sejumlah besar risiko untuk membeli aset kripto.

Ini karena kami tidak dapat menjawab banyak pertanyaan teknis tentang keputusan keuangan saat membeli aset kripto. “Aturan praktis industri keuangan adalah keputusan keuangan yang rasional perlu memperhitungkan banyak variabel dan informasi yang mendasarinya.

Ekonomi informasi adalah informasi asimetris: moral hazard, pilihan terbalik, Ini sama efektifnya dengan signaling,” jelasnya. Oleh karena itu, menurut Profesor Dian, hanya pengambil risiko yang cocok untuk bermain dengan aset kripto.

Ada banyak hal yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri ketika memasuki dunia kriptografi. Pelajari mekanismenya dengan benar, dapatkan dana yang belum dikembangkan atau dana jangka pendek yang tidak Anda perlukan, dan cari tahu siapa pengembang di balik aset kripto.

“Dalam hal ini, jangan merampok kekayaan keluarga Anda untuk bertaruh pada aset kripto,” kata Profesor Dian.

Generasi Milenial

Salah satu kelompok yang “jatuh” di dunia kripto adalah kaum milenial. Professor Dian menjelaskan bahwa kaum milenial perlu banyak belajar tentang dasar-dasar keuangan dan investasi, logika dasar, sebelum memutuskan untuk berspekulasi mengenai aset kripto.

Jika Anda tidak ingin melewatkan kesempatan, ada banyak bentuk investasi lain yang tersedia baik di sektor real estat maupun keuangan.
“Setiap investasi memiliki risikonya sendiri.

Di era struktur pasar yang terbuka dan kompetitif, aturan praktis untuk mengharapkan keuntungan besar tanpa usaha tampaknya tidak mungkin. Kalaupun untung besar itu bersifat sementara, mekanisme pasar akan langsung mengkompensasinya,” kata Profesor Dian.

Jika Anda kehilangan aset kripto, Profesor Dian mendorong milenium untuk belajar lebih banyak tentang sektor keuangan. Pola spekulasi keuangan dapat ditangkap dalam money game atau zero-sum game.

“Banyak praktisi keuangan mengklasifikasikan cryptocurrency ini sebagai struktur zero-sum game. Jika satu menang, berarti yang lain akan dirugikan,” jelasnya.

Kripto dalam hukum Syariah

Sebagai pakar keuangan Islam, Profesor Dian berpendapat bahwa cryptocurrency melanggar gagasan ekonomi Islam. Menurutnya, Islam banyak mengajarkan tentang ekonomi sektor riil melalui perdagangan barang dan jasa dan bekerja sama dalam bisnis nyata melalui pembagian risiko.

Konsep ini dikenal sebagai bagi hasil. Dunia usaha memberikan multiplier effect bagi banyak orang, menurunkan tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi.

Pemilik modal tidak selalu mendapat untung, tetapi bisa merugi tergantung pada dinamika kegiatan usahanya. “Dari informasi di atas, apakah cryptocurrency memenuhi karakteristik ekonomi Islam?

Sepertinya perjalanan masih panjang. Kabar baiknya adalah bahwa teknologi blockchain platform cryptocurrency sedang berkembang untuk ekonomi dan produk keuangan Islam di masa depan. Anda dapat melakukannya itu,” pungkasnya.

Baca Juga :

Investasi Kripto Yang Bagus Untuk Jangka Pendek

Kesimpulan:

Itulah Pembahasan Mengenai Resiko Terjun ke Dunia Kripto – Crypto World Investments, khususnya Bitcoin, awalnya disediakan oleh Satoshi Nakamoto pada Januari 2009. Ada banyak hal yang perlu Anda pahami sebelum mempertimbangkan untuk membeli cryptocurrency.

Fenomena fluktuasi nilai tukar mata uang kripto dapat terjadi dengan sangat cepat dan terkadang sangat dramatis. Seperti investasi ekuitas, investasi cryptocurrency memiliki karakteristik risiko tinggi dan pengembalian tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali