Langsung ke konten utama

Susah Tidur Saat Menstruasi? Simak Tips Berikut

BantulMedia.comSusah Tidur Saat Menstruasi? – Kondisi bulanan pada wanita bisa tak menentu. Terlebih saat datang bulan dapat membuat wanita lebih sering mood swing. Apakah Anda tidak bisa tidur nyenyak selama menstruasi? Wanita lebih cenderung memiliki masalah tidur daripada pria.

Susah Tidur Saat Menstruasi? Simak Tips Berikut

Susah Tidur Saat Menstruasi?

Menurut sebuah studi oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, dan salah satu kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Untuk itu, berikut beberapa tips mengatasi insomnia saat menstruasi yang bisa Anda coba.

Penyebab Insomnia Saat Menstruasi

Sudah menjadi fakta umum bahwa menstruasi sering menyebabkan reaksi yang tidak menyenangkan pada tubuh. Gejala yang terjadi sebelum menstruasi sering disebut Pre-Menstruation Syndrome (PMS).

Berbagai gejala PMS dapat terjadi, antara lain nyeri dada, jerawat, demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Tidak jarang gejala ini berlanjut pada hari menstruasi.

Menstruasi juga bisa membuat Anda merasa lelah di pagi hari dan sulit tidur di malam hari. National Sleep Foundation menemukan bahwa 23% wanita mengalami masalah tidur selama seminggu sebelum menstruasi, dan 30% lainnya melaporkan bahwa mereka memiliki masalah tidur selama periode  mereka.

Tips Mengatasi Insomnia saat Haid

  1. Pastikan suhu ruangan nyaman

Menurut dr. Karen Duncan, seorang dokter kandungan dan ginekolog di Amerika Serikat, melaporkan dari Huffpost bahwa suhu ruangan yang tepat  membantu mengatasi insomnia saat menstruasi.

Pada dasarnya, suhu tubuh merupakan salah satu pemicu biologis utama yang membuat seseorang mengantuk. Namun, saat menstruasi, tubuh wanita biasanya mengalami kenaikan suhu antara setengah dan satu derajat penuh.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengatur  kamar tidur Anda agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Sebelum tidur, Anda perlu mandi air hangat. Cara ini bisa membuat tubuh Anda lebih cepat mengantuk.

2. Temukan posisi tidur yang nyaman

Menstruasi seringkali menyebabkan nyeri pada beberapa bagian otot tubuh. Faktor ini juga yang menyebabkan gangguan tidur saat menstruasi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mencari posisi tidur yang nyaman.  Anda juga dapat menambah atau mengurangi jumlah bantal yang Anda gunakan jika diperlukan.

3. Belajar Bermeditasi

Perubahan hormon  tubuh dapat menyebabkan  perubahan suasana hati dan kecemasan wanita. Kondisi ini juga  membuat Anda sulit tidur dan bisa kekurangan waktu istirahat.

Untuk mengatasinya, lakukan latihan pernapasan dan meditasi. Sebelum tidur, Anda bisa menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan melalui mulut.

Namun, jika rasa sakitnya sangat mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang tersedia di toko.

  1. Selalu Perhatikan Asupan makanan

Saat menstruasi, tubuh seringkali mudah terkena diare. Untuk tujuan ini, penting  untuk mendapatkan makanan yang cukup untuk tubuh.

Sebaliknya, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, garam dalam jumlah besar, dan lemak dalam jumlah besar seperti makanan olahan. Pilih makanan alami yang mudah dicerna tubuh. Makanan berserat tinggi  seperti buah-buahan dan sayuran berdaun hijau dapat mencegah mual di perut.

  1. Rutin Berolahraga

Siapa bilang wanita tidak boleh berolahraga saat menstruasi? Anggapan itu tidak sepenuhnya benar ya. Padahal, olahraga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dan menenangkan pikiran.

Termasuk apakah Anda sedang dalam siklus menstruasi. Jika dilansir  Healthline, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, Pilates, dan senam aerobik.

Baca juga:

Telat Haid Bikin Galau? Kenali Penyebab Siklus Tidak Teratur

Kesimpulan

Pembahasan – Susah Tidur Saat Menstruasi? – dapat Anda coba ketika Anda sulit tidur. Apakah Anda sudah mengetahui pilihan dan tips mana untuk mengatasi insomnia saat menstruasi?

Ada banyak cara untuk mengatasi gangguan ini. Namun, jika Anda khawatir tentang menstruasi yang tidak teratur, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Catat juga tanggal siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Petunjuk ini akan membantu Anda ketika Anda berbicara dengan dokter Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa