Langsung ke konten utama

Tips Mengurangi Sakit Maag, Konsumsi Asupan Penting Ini

BantulMedia.com – Salah satu masalah kesehatan banyak orang adalah maag. Penyebab sakit maag umumnya karena peradangan dan nyeri pada perut (gastritis) yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri tekan di bagian kiri atas perut. Beberapa penyebab maag adalah pola makan yang tidak teratur, pilihan menu yang tidak berhubungan dengan kesehatan perut atau gaya hidup.

Tips Mengurangi Sakit Maag, Konsumsi Asupan Penting Ini

Tips Mengurangi Sakit Maag, Konsumsi Asupan Penting Ini

Beberapa faktor dapat menyebabkan sakit maag. Mulai dari porsi yang terlalu banyak, waktu makan yang tidak teratur, konsumsi makanan dan minuman tertentu, dan faktor lainnya.

Hindari kebiasaan memperparah sakit perut. Jika Anda terus melakukan ini, Anda mungkin mengalami gejala sakit maag jangka panjang. Jangan lupa untuk berbicara dengan dokter Anda sehingga Anda tidak melakukan apa yang tidak ingin Anda lakukan.

Sebagai solusinya, dokter Anda akan menyarankan atau memberikan obat maag. Ini biasanya hanya menghentikan refluks asam  tanpa menyembuhkan luka.

Sebagai bahan pengobatan alami, beberapa makanan kesehatan ini ternyata bisa membantu mengurangi risiko penyakit maag di tubuh Anda.

Baca juga:

4 Langkah Mudah Mengurangi Konsumsi Gula

1. Probiotik dan Bahan Pereda Mulas Dalam Makanan Fermentasi

Probiotik adalah zat yang dapat memperbaiki dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat  dalam sistem pencernaan. Kelebihan salah satunya tentu akan menyebabkan ketidakseimbangan saluran cerna dan mengganggu metabolisme.

Probiotik juga dapat membantu mengobati luka  lambung dan mengatasi risiko maag  sesegera mungkin. Probiotik dapat ditemukan dalam yogurt, kefir, atau kimchi (makanan Korea yang terbuat dari sayuran yang terfermentasi).

2. Peppermint, Daun Ajaib Cocok Untuk Menghilangkan Risiko Maag Kronis

Peppermint adalah salah satu dari sekian banyak jenis daun yang memiliki banyak manfaat. Jenis daun ini dikenal dapat memberikan rasa sejuk pada kulit, menghilangkan rasa sakit, serta menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa peppermint juga membantu menetralkan asam lambung, menyebabkan maag, dan mempercepat penyembuhan luka pada dinding lambung.

Peppermint juga membantu mengendurkan otot-otot perut dan meningkatkan aliran empedu. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menambahkan peppermint ke dalam teh atau minuman lain, atau membeli produk peppermint oil.

3. Teh Chamomile, Cara Yang Enak Untuk Meredakan Asam Lambung Penyebab Maag

Jika Anda bingung mencari cara yang enak untuk mengurangi risiko maag, cobalah teh chamomile yang berbeda. Teh ini terbuat dari daun chamomile, bukan daun teh yang mengandung  antioksidan yang membantu memperkuat dinding lambung dan merilekskan lambung.

Teh chamomile juga dikenal untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan meredakan sembelit yang disebabkan oleh maag.

Manfaat teh chamomile lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Alasannya adalah karena teh chamomile efektif melawan berbagai jenis infeksi di dalam tubuh, sehingga meminum teh chamomile secara teratur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Teh chamomile mengandung senyawa fenolik dengan sifat antibakteri yang dapat menyerap racun dari makanan yang biasa Anda makan. Menurut sebuah penelitian, 56 cangkir teh chamomile, secara teratur selama 2 minggu, membantu tubuh melawan infeksi.

4. Makanan Tinggi Serat Untuk Mengurangi Risiko Maag

Dalam beberapa kasus, maag disebabkan oleh kekurangan serat sehingga menyebabkan nyeri pada dinding lambung yang diikuti dengan peningkatan asam lambung.

Selain itu, gejala tersebut umumnya terdapat dengan gejala sembelit atau sulit buang air besar. Untuk alasan ini, penting untuk makan makanan  kaya serat untuk mengurangi risiko maag.

Makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi antara lain sayuran, biji-bijian, dan berbagai jenis buah-buahan. Coba kombinasikan dengan makanan rendah lemak seperti ayam dan ikan untuk meningkatkan efektivitasnya.

Kesimpulan

Empat Asupan penting ini dapat Anda konsumsi untuk mengurangi nyeri maag yang Anda rasakan. Namun demikian, pola makan teratur dan bergizi tetap harus Anda perhatikan ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali