Langsung ke konten utama

Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Banyak Minum Air Putih

BantulMedia.comTips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Banyak Minum Air Putih – Saat Anda tidak dapat mengontrol nafsu makan dan tidak dapat memanage pikiran, Anda dapat dengan mudah terserang berbagai penyakit. Hal ini karena, kondisi tubuh akan sangat berpengaruh dari asupan dan pikiran. Salah satunya adalah penyakit ginjal.

Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Banyak Minum Air Putih

Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Banyak Minum Air Putih

Penyakit ginjal merupakan  masalah di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan data survei kesehatan dasar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, setidaknya 6 dari 1000  atau 1.499.400 penduduk Indonesia menderita batu ginjal.

Faktor risiko sering meningkat dalam gaya hidup menetap dan pola makan yang buruk. Berikut tujuh tips menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Berolahraga secara teratur

Seperti yang dilaporkan Healthline, olahraga teratur tidak hanya membantu Anda tetap bugar, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit ginjal.

Selain itu, olahraga teratur  dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Keduanya penting untuk menghindari kerusakan ginjal. Anda tidak perlu berolahraga keras. Anda dapat mulai berjalan, bersepeda, dan olahraga lain pilihan Anda.

  1. Pantau Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ketika tekanan darah tinggi terjadi bersamaan dengan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, efeknya pada tubuh bisa signifikan.

Jika Anda sering menderita tekanan darah tinggi, cobalah berkonsultasi dengan dokter dan lakukan perubahan gaya hidup.

  1. Minum Air Putih yang cukup

Anda mungkin sudah sering mendengar pesan ini bahwa minum air mineral dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Faktanya, air sebenarnya dapat membantu membuang natrium dan racun dari ginjal, sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal.

Selain minum air mineral dalam jumlah yang cukup, penting juga untuk mengurangi gula dan soda. Minuman manis dan berkarbonasi tinggi gula, sehingga sulit bagi ginjal untuk mencerna.

  1. Hindari merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah dalam tubuh dan memperlambat aliran darah  ke seluruh tubuh dan masuk ke ginjal. Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker ginjal.

Berhenti merokok mengurangi risiko penyakit ginjal. Namun, risikonya tidak serendah mereka yang tidak pernah merokok.

Baca juga:

Tidak Sempat Olahraga? Lakukan 5 Aktivitas Ini Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mempertahankan Berat Badan yang Seimbang

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berisiko mengalami berbagai kondisi kesehatan yang dapat merusak ginjalnya. Termasuk diabetes, penyakit jantung dan penyakit ginjal lainnya.

Penting untuk selalu memantau berat badan Anda. Ingatlah untuk  makan makanan yang sehat setiap saat. Mengurangi konsumsi natrium, daging olahan, dan makanan lain yang dapat merusak ginjal.

Sebagai gantinya, makanlah bahan-bahan segar seperti sayuran, buah-buahan, ikan,  dan biji-bijian.

 6. Periksa Kesehatan

Jika Anda memiliki kondisi  yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal, Anda harus melakukan tes gula darah dan penyakit ginjal secara teratur.

Tes bisa Anda lakukan setidaknya setiap 6 bulan atau setahun sekali. Ini penting untuk mengelola dan mengurangi risiko kerusakan ginjal. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah kerusakan  semakin parah.

7. Waspadalah Terhadap Penggunaan Zat

ClevelandClinic melaporkan bahwa obat yang terjual bebas seperti obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan asetaminofen tidak boleh dikonsumsi secara teratur untuk  waktu yang lama.

Jika ginjal Anda masih sehat, tidak apa-apa untuk minum obat penghilang rasa sakit sesekali. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sering menggunakan obat ini dapat merusak ginjal Anda.

Kesimpulan

Dari artikel – Tips Menjaga Ginjal Agar Tetap Sehat, Banyak Minum Air Putih – bisa menjadi rekomendasi Anda dalam menjaga kondisi tubuh.

Cara di atas mungkin terdengar sederhana, tetapi  harus dilakukan secara konsisten. Ginjal adalah organ yang terlibat dalam banyak fungsi fisik.

Dari pembuangan produk limbah dalam tubuh hingga produksi hormon. Tubuh dapat menderita gagal ginjal ketika fungsi ginjal berkurang, aliran darah berkurang, dan racun tidak dapat dikeluarkan.

 Sekarang waktunya Anda sayangi tubuh Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa