Langsung ke konten utama

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

BantulMedia.com5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur – Kabar duka datang dari dunia pendidikan. Mantan Menteri Pendidikan di era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yahya Muhaimin, di kabarkan meninggal dunia Rabu (2/9) sekitar pukul 10:15 WIB.

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

Yahya Muhaimin meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di RS Geriatri Purwokerto. Almarhum sendiri akan di makamkan di kampung halamannya di Bumiayu, Brebes pada Rabu sore.

Sebelumnya, Yahya Muhaimin dikenal sebagai pengamat politik dan akademisi nasional. Bahkan, ia pernah menduduki beberapa jabatan strategis, termasuk Menteri Pendidikan.

Berikut beberapa fakta penting tentang Yahya Muhaimin, mulai dari pendidikan hingga komitmennya terhadap pendidikan.

Baca juga:

Inilah Biografi Singkat Dari Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan

1. Biografi Singkat Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin lahir pada 17 Mei 1943 di Bumiayu, Brebes. Sejak SD, Yahya dikenal sebagai anak yang gemar membaca koran dan mengikuti isu-isu politik. Ia mengaku sudah membaca koran sejak berusia 12 tahun.

2. Pendidikan Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin mengenyam pendidikan dari SD hingga SMP di Bumiayu, yang kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Purwokerto.

Pada tahun 1963, setelah lulus dari SMA Negeri 1 Purwokero, Yahya melanjutkan pendidikan di Central Community High School, De Witt, Iowa, USA. Yahya kemudian belajar pada tahun 1971 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Yogyakarta.

Tak hanya itu, Yahya juga sempat kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, namun tidak sampai tamat.

Pada tahun 1982, Yahya kembali melanjutkan pendidikannya di Massachusetts Institute of Technology, AS, dan memperoleh gelar PhD bidang Ilmu Politik dengan disertasi The Political of Client Businessmen; Kebijakan Ekonomi Indonesia 1950-1980.

Baca juga:

Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia

3. Karier Yahya Muhaimin

Karir Yahya Muhaimin dimulai ketika menjadi dosen ilmu sosial dan politik di UGM pada tahun 1973. Dari tahun 1982 hingga 1984 ia juga tercatat sebagai ketua program magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Dari tahun 1996 hingga 1999, Yahya Muhaimin adalah direktur Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM. Ia kemudian melanjutkan karirnya sebagai atase pendidikan dan kebudayaan di Washington DC.

Puncak karir Yahya Muhaimin di kancah nasional terjadi ketika ia diangkat menjadi Menteri Pendidikan sejak 1999 hingga 2001 oleh Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

4. Akademisi mengabdi sampai akhir hayat

Yahya Muhaimin dikenal sebagai seorang akademisi yang juga berkiprah di dunia pendidikan hingga akhir hayatnya. Saat meninggal, statusnya masih Rektor Universitas Peradaban Bumiayu.

5. Karya Yahya Muhaimin

Menurut Wikipedia.org, setidaknya ada dua buku karya Yahya Muhaimin di dunia politik dan militer. Yaitu buku yang berjudul “Masalah Pembangunan Politik” terbitan Gadjah Mada Press tahun 1977 dan “Pembangunan Militer dalam Politik Indonesia 1945-1966” terbitan Gadjah Mada Press tahun 1982.

Kesimpulan

Inilah – 5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur – yang begitu mengagumkan. Dedikasinya yang tinggi patut kita hormati. Yahya Muhaimin masih mengabdi pada dunia pendidikan hingga akhir hayatnya. Selamat jalan Yahya Muhaimin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa