Langsung ke konten utama

Cara Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi, Simak Lebih Lanjut

BantulMedia.comCara Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi – Teknik membaca yang tepat cuku Anda perlukan untuk menemukan informasi penting dalam teks bacaan. Berdasarkan informasi dari buku Tim Matrix Media Litera Cara Mudah Untuk SD UAS 2007 bahwa teks atau bacaan adalah karangan tertulis yang merupakan hasil pemikiran seseorang.

Cara Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi, Simak Lebih Lanjut

Cara Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi

Sedangkan membaca teks berarti kegiatan memahami isi yang dibaca dengan memahami makna yang terkandung di dalamnya. Kegiatan ini memungkinkan seseorang untuk menjawab pertanyaan tentang bacaan terkait, menceritakan kembali bacaan, dan mempraktekkan petunjuk dalam bacaan.

Bagaimana Anda kemudian menemukan informasi penting dalam teks bacaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana cara menemukan informasi penting saat membaca teks?

Misalnya, Anda dapat menemukan informasi penting dalam teks-teks yang Anda ambil dari Buku 1 Bahasa Indonesia karya Yohanni Johns dan Robyn Stokes (1978) dan buku Kompeten Bahasa Indonesia karya Asep Ganda Sadikin dkk, yaitu:

Membaca Judul Teks

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk menemukan informasi penting adalah dengan membaca judul teks. Dengan membaca judul teks, pembaca dapat memperoleh gambaran utuh tentang pembahasan dalam teks bacaan tersebut.

Baca juga:

Inilah Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Skimming

Pengertian skimming adalah teknik scan reading ini dapat melatih gerakan mata untuk melihat, memperhatikan, dan mencari informasi tentang bahan bacaan dalam waktu yang singkat.

Secara umum, tujuan utama dari skimming adalah sebagai berikut:

  • Dapatkan kesan umum dari sebuah buku, artikel atau teks pendek.
  • Temukan informasi spesifik yang Anda butuhkan.

Selain itu, skimming juga dapat melatih keaktifan dan kecermatan pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari. Kemudian gabungkan apa yang Anda cari dengan apa yang sudah Anda ketahui.

Ini mengembangkan keterampilan berpikir logis, hati-hati dan sistematis ketika menemukan informasi penting untuk memecahkan masalah.

Merekam isi utama bacaan

Menangkap isi utama bacaan adalah langkah terakhir dalam menemukan informasi penting dalam teks. Langkah ini dapat Anda lakukan dengan teknik adiksi, yang merupakan singkatan dari what, where, when, who, why, how. Teknik Ketergantungan juga dikenal sebagai 5W1H yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana.

Baca juga:

Berikut Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan

Bagaimana menemukan kata kunci dalam teks bacaan

Kata kunci merupakan hal utama dalam sebuah teks bacaan. Mengutip buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 6 karya Christiani Umi (2020), kata kunci sebagian besar terdapat dalam gagasan utama sebuah paragraf. Kata kunci dalam sebuah paragraf dapat berupa:

  • Kata yang Diulang: Dalam beberapa kasus, kata yang diulang adalah kata kunci karena merupakan kata yang penting dan dibahas dalam paragraf.
  • Frasa atau Kata Transisi: Gagasan utama paragraf biasanya berisi kata kunci karena merupakan kalimat utama dalam paragraf.
  • Kata ganti: Biasanya, kata kunci diulang tetapi diganti dengan kata lain, menghemat kata dan meyakinkan pembaca tentang arti kata tersebut.

Tips Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi

1) Baca secara menyeluruh dan lengkap

Dengan membaca secara keseluruhan kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dalam teks tersebut

2) Mencari gagasan umum/pokok masalah utama

Melalui pencarian ini kita dapat menemukan informasi terpenting dalam teks

3) Catat Kembali/ringkas teks

Dengan ini kita dapat dengan mudah menginformasikan diri kita sendiri, karena catatan singkat sudah ada

Kesimpulan

Itulah – Cara Menemukan Informasi Dari Teks Non Fiksi – Anda bisa mempelajari lebih detail untuk dapat menemukan informasi di dalam teks tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,