Langsung ke konten utama

Emas, Salah Satu Tambang Terbesar di Pulau Lombok

BantulMedia.comEmas, Salah Satu Tambang Terbesar di Pulau Lombok – PT Ancora Indonesia Resources Tbk (OKAS) pada awal September 2017 mengumumkan akuisisi tambang emas dan tembaga di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, oleh PT Indotan Lombok Barat Bangkit yang memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Pulau Lombok. Untuk mengakuisisi tambang emas tersebut, OKAS harus merogoh kocek sebesar $2 juta.

Emas, Salah Satu Tambang Terbesar di Pulau Lombok

Emas, Salah Satu Tambang Terbesar di Pulau Lombok

Dana $2 juta di peroleh melalui pinjaman lima tahun dari Dewata Konsultama Sinergi dengan tingkat bunga 5%. Dengan jumlah tersebut, OKAS berharap bisa segera memproduksi emas.

Teddy Kusumah Somantri, Direktur Utama Ancora, mengatakan Perseroan berharap dapat memajukan salah satu dari tiga prospek di kawasan tambang emas tersebut. Teddy memprediksi pada 2019 akan ada area pertambangan emas di Indotan Lombok yang bisa berproduksi.

“Setelah mencapai peningkatan dari eksplorasi ke produksi, kami bermaksud untuk pindah ke produksi terlebih dahulu. Kalau menunggu lama untuk semua eksplorasi, kami akan mengadopsi strategi generate dulu agar perusahaan bisa menghasilkan uang untuk eksplorasi daerah lain,” jelas Teddy usai RUPSLB di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (30/10). ).

Sebab, produksi emas dari Lombok akan menjadi basis pendapatan perseroan di tengah kondisi sektor batu bara yang stagnan. Nah, tambang emas ini memiliki prospek dan nilai bagi perusahaan di masa depan.

Baca juga:

4 Peranan Perusahaan Tambang Minyak Negara, Apa Saja?

PT. Ancora Akuisisi Tambang Emas Pulau Lombok

Selain itu, tambang emas ini nantinya bisa bekerja sama dengan anak perusahaan OKAS di bidang bahan peledak, yakni Multi Nitratama Kimia.
“Tambang emas ini memiliki nilai masa depan. Nanti ada hubungannya dengan sinergi dengan anak perusahaan kami yang lain, Multi Nitratama Kimia, karena meledak. Kemungkinan besar, sudah waktunya untuk menghapus secara bertahap sumber daya bahan peledak dari anak perusahaan, “kata Teddy.

Teddy melanjutkan, saat ini perseroan sedang dalam tahap uji tuntas dan sedang mencari Amdal untuk menentukan cadangan dan tingkat prospektus ke depan untuk tambang emas dan mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Menurut Teddy, jika hasil due dilligence tersebut selesai dalam waktu satu bulan ke depan sesuai dengan harapan Perseroan, maka Perseroan akan mulai mencari dana untuk mengembangkan kawasan tambang emas tersebut.

Ancora Mencari Mitra

Teddy mengatakan perseroan memiliki dua opsi pembiayaan untuk melakukan penambangan emas, yakni melalui pinjaman bank atau dengan mencari mitra.

“Kita bisa melakukan ini dengan bermitra dengan mereka yang tertarik dengan bisnis ini. Ini bisa dilakukan secara sinergi untuk segera memproduksi Lombok Barat dari PT Indotan,” tambahnya.

Baca juga:

Daftar Aplikasi Emas Online Terbaik Untuk Para Trader

Selain itu, Teddy mengatakan perusahaan perlu melakukan langkah diversifikasi agar kinerja keuangannya membaik. Maklum, kinerja keuangan perseroan terus menurun.

Teddy bahkan pesimistis kinerja OKAS akan membaik hingga akhir tahun. Pasalnya, kinerja dua anak usaha Multi Nitrotama Kimia dan Bormindo Nusantara tahun ini juga tidak terlalu bagus.

Teddy menjelaskan, tahun ini Bormindo berhasil menambah kontrak rig senilai $4 juta untuk proyek Duri yang dioperasikan Chevron pada Agustus 2017. Dengan tambahan kontrak tersebut, jumlah rig yang beroperasi Bormindo menjadi 10 rig dari 14 rig yang menganggur. .

“Ada satu tambahan lagi. Boromindo menjadi sedikit lebih baik, tetapi masih sama. Tapi dari sisi Boromindo, ini minimal untuk bertahan,” kata Teddy.

Di anak perusahaan lain, Multi Nitrotama Kimia, keadaan akan semakin sulit menjelang akhir tahun. Tahun ini OKAS hanya menargetkan produksi 70.000-80.000 ton.

“Dibandingkan tahun lalu yang turun. Dengan target yang ada, kami berusaha untuk mencapainya. Biasanya kami menjual 6.000 ton per bulan. Satu tahun, ya, 72.000,” kata Teddy.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Emas, Salah Satu Tambang Terbesar di Pulau Lombok -. PT. Ancora akan mengakuisisi tambang emas ini sehingga akan memperkokoh pertambangan Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali