Langsung ke konten utama

Inilah Jenis-jenis Chart Dasar Yang Perlu Anda Tahu

BantulMedia.com Inilah Jenis-jenis Chart Dasar Yang Perlu Anda Tahu – Mempelajari grafik (chart) adalah salah satu dasar mempelajari analisis teknikal yang perlu Anda pahami. Anda dapat memahami jenis-jenis grafik dan grafik yang terbaik untuk digunakan dalam analisis teknikal.

Inilah Jenis-jenis Chart Dasar Yang Perlu Anda Tahu

 Jenis-jenis Chart Dasar

Berbagai grafik (chart) terbagi menjadi tiga bidang, yaitu: grafik garis (line chart), grafik batang (bar chart) dan grafik candlestick (grafik candlestick). Jenis Chart ini berlaku untuk saham dan forex.

Baca juga:

Terbaru, Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

Jenis-jenis Chart Yang Umum Di Masyarakat

1. Bagan Garis (Line Chart)

Diagram garis adalah jenis diagram yang paling sederhana. Grafik garis hanya dibentuk dengan menggambar garis dari harga penutupan ke harga penutupan hari berikutnya. Jadi grafik garis ini hanya mengandalkan informasi harga penutupan sebagai acuan untuk pembuatan grafik.

Seperti namanya, grafik garis pada grafik membentuk garis yang berfluktuasi berdasarkan harga penutupan yang dihasilkan dari perdagangan harian selama periode tertentu.

2. Diagram Batang (Bar Chart)

Grafik batang adalah grafik yang dibentuk berdasarkan informasi tentang harga pembukaan (Open), harga tertinggi (High), harga terendah (Low) dan harga penutupan (Close). Jika grafik garis hanya berdasarkan harga penutupan, grafik batang sudah berisi informasi harga Open, High, Low, Close (OHLC).

Oleh karena itu, diagram batang sering disebut sebagai diagram OHLC.

Pada grafik batang tampak seperti garis yang terdiri dari harga OHLC. Dasar-dasar diagram batang garis adalah sebagai berikut:

Jika bar chart berwarna hijau berarti harga saham sedang naik, maka posisi harga penutupan (Close) lebih tinggi dari harga pembukaan (Open).

Jika chart bar berwarna merah berarti harga saham telah turun, maka posisi harga penutupan (Close) lebih rendah dari harga pembukaan (Open).

Baca juga:

Cara Main Saham Modal 100.000 | Bisa Pakai Ajaib

3. Bagan kandil (Candlestick Chart)

Grafik candlestick berbentuk seperti lilin. Asal usul grafik candlestick adalah di Jepang, maka nama aslinya adalah Japanese Candlestick Chart dan lebih familiar dengan nama candle chart atau candlestick chart.

Konsep candlestick chart sebenarnya sama dengan bar chart yang menunjukkan harga OHLC. Perbedaannya adalah grafik candlestick memiliki pola dan format yang dapat Anda gunakan untuk membaca tren saham dan psikologi pasar.

Oleh karena itu, grafik candlestick adalah jenis grafik yang paling umum pra trader gunakan karena candlestick lebih mencerminkan pola dan pergerakan saham dalam analisis teknis.

Grafik kandil saham

Dalam trading dan analisis teknis, saya menyarankan Anda untuk menggunakan grafik candlestick karena pertimbangan di atas. Grafik candlestick berguna untuk analisa teknikal pasar saham Indonesia.

Kesimpulan

Demikian – Jenis-jenis Chart Dasar Yang Perlu Anda Tahu – Anda bisa mempelajari setiap data statistik lebih mudah dengan adanya chart. Sehingga data Anda mudah untuk Anda presentasikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,