Langsung ke konten utama

Ketahui, Faktor Penghambatan Dalam Perdagangan Internasional

BantulMedia.comFaktor Penghambatan Dalam Perdagangan Internasional – Perdagangan internasional tidak selalu berjalan mulus. Ada beberapa faktor yang menjadi penghambat perdagangan internasional yang perlu diketahui.

Faktor Penghambatan Dalam Perdagangan Internasional

Faktor Penghambatan Dalam Perdagangan Internasional

Di satu sisi, perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh dua negara, atau dalam bisnis dikenal sebagai perdagangan internasional.

Ada banyak pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis ini termasuk individu, pemerintah dan perusahaan. Bentuk perdagangan internasional umumnya berupa ekspor dan impor.

Baca juga:

Macam-Macam Fungsi Pasar Yang Perlu Anda Tahu

Oleh karena itu, perdagangan internasional merupakan salah satu cara bagi negara-negara untuk meningkatkan perekonomiannya. Hal ini karena setiap negara bergantung pada barang tertentu yang bersumber dari negara lain.

Namun, ada beberapa faktor yang dapat menghambat perdagangan internasional. Bila terhambat, tidak hanya merugikan perekonomian negara tetapi juga masyarakat yang bekerja di sektor terkait.

Hambatan perdagangan internasional

Perdagangan internasional telah lama berlangsung dalam kegiatan perdagangan. Mengutip berbagai sumber, faktor-faktor berikut dapat menghambat perdagangan.

1. Politik ekonomi dan politik internasional

Kebijakan ekonomi dan politik internasional merupakan salah satu penghambat perdagangan internasional.

Pada umumnya setiap negara harus melindungi bahan baku produknya agar tidak didominasi oleh produk luar atau negara lain. Tidak jarang negara memberlakukan pembatasan impor atau mengenakan bea masuk.

Pemberlakuan bea masuk secara tidak langsung akan menghambat pengusaha yang menjual barang impor di dalam negeri. Di sisi lain, bea masuk menguntungkan pemilik usaha kecil lokal karena harga barang lebih murah daripada barang impor (politik dumping).

2. Perbedaan nilai mata uang

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda dengan nilai yang berbeda. Negara pengekspor seringkali hanya ingin produknya di bayar dengan mata uangnya sendiri.

Misalnya, Indonesia mengekspor produk kelapa dan turunannya ke Belanda, sehingga Indonesia ingin produknya dibayar dengan rupiah saja.

Dalam hal ini, kedua negara biasanya menggunakan mata uang asing lain yang umum dalam transaksi pembayaran internasional, seperti dolar atau euro.

3. Ada konflik besar di suatu negara

Dalam hal ini, konflik mengacu pada situasi politik dalam negeri seperti kerusuhan etnis, perang, kudeta, dan sebagainya. Risiko keamanan tanpa jaminan mempengaruhi proses jual beli.

4. Birokrasi yang panjang

Setiap kegiatan ekspor dan impor harus melalui birokrasi pemerintah. Semakin rumit sistem birokrasi, semakin lama waktu yang di butuhkan untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor. Akibatnya, kepercayaan penjual dan pembeli akan turun hingga aktivitas perdagangan menjadi terhambat.

5. Rendahnya kualitas sumber daya manusia

Tingkat pendidikan mempengaruhi kualitas produksi. Jika suatu negara kaya akan hasil alam tetapi tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk mengolahnya, maka produk yang dihasilkan juga akan bernilai kecil. Hal ini tentunya akan mempengaruhi nilai penjualan sehingga sulit bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.

6. Organisasi ekonomi di daerah tertentu

Hambatan perdagangan internasional lainnya terjadi karena perdagangan khusus atau terbatas pada negara-negara anggota anggota organisasi.

Baca juga:

Kebijakan Jepang Terhadap Hasil Perekonomian Indonesia

Dengan cara ini, negara asing dengan kualitas produk yang baik tidak dapat menjual produknya ke negara-negara anggota tersebut dan sebaliknya.

Ini adalah beberapa hambatan perdagangan internasional. Setiap faktor tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai – Faktor Penghambatan Dalam Perdagangan Internasional – semoga bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali