Langsung ke konten utama

Membangun Prestasi - Upaya Pembelaan Negara, Ini Buktinya

BantulMedia.comMembangun Prestasi – Upaya Pembelaan Negara – Realisasi diri berkaitan dengan supremasi suatu bangsa. Tahukah kamu apa saja contoh realisasi diri untuk keunggulan bangsa Indonesia?

Membangun Prestasi - Upaya Pembelaan Negara, Ini Buktinya

Membangun Prestasi – Upaya Pembelaan Negara

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, bentuk partisipasi dalam realisasi diri dapat dilakukan di berbagai bidang kehidupan manusia, antara lain:

Bidang Sains dan Teknologi

Bentuk prestasi dalam upaya pembelaan negara dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dapat dilakukan dengan mempelajari teknologi negara lain. Hal ini berdasarkan karena sesuai dengan kondisi Indonesia agar mampu menciptakan teknologi tepat guna.

Contoh swasembada di bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi:

  1. Membangun pembangkit listrik tenaga surya
  2. Membangun pembangkit listrik tenaga air
  3. Mengubah peralatan pengolah sampah menjadi kompos
  4. Bangun pemanen biji-bijian
  5. Pengolahan kotoran sapi menjadi biogas
  6. Pembuatan alat angkut (sepeda motor, mobil, kapal laut dan pesawat terbang)
  7. Menjadi juara dunia dalam bidang kompetisi iptek
  8. Menciptakan dan mengembangkan teknologi mutakhir seperti sistem komputerisasi dan alat komunikasi

Perkembangan teknologi seperti sistem komputerisasi berguna misalnya untuk mengoreksi hasil ujian nasional siswa. Selain itu koreksi manual biasanya memakan waktu lama dan kurang objektif.

Baca juga:

Tingkatan Pendidikan Pada Zaman Penjajahan Belanda di Indonesia, Ini Penjelasannya

Contoh lain adalah meringkas penghitungan suara dalam pemilihan parlemen. Melalui komputerisasi dan keterbukaan data, hasil pemilu dapat diumumkan dalam waktu singkat.

Beberapa warga negara Indonesia yang berprestasi di bidang iptek kelas dunia adalah Tjokorda Raka Sukawati yang meletakkan dasar pembangunan infrastruktur sosial untuk flyover. Selain itu, ada BJ Habibie yang ahli dalam desain pesawat.

Lapangan olahraga

Wujud keikutsertaan dalam realisasi diri di bidang olahraga adalah menjadi juara di berbagai ajang olahraga regional maupun internasional. Seperti tinju, bulu tangkis dan olahraga lainnya.

Prestasi Indonesia di bidang olahraga terbukti, khususnya bulu tangkis (badminton). Selain itu, Indonesia telah memenangkan beberapa kejuaraan di tingkat internasional.

Beberapa atlet yang telah mengharumkan nama bangsa adalah Rudi Hartono, Icuk Sugiharto, Susi Susanti, Taufik Hidayat dan lainnya.

Ekonomi

Bentuk prestasi dalam pembelaan negara dalam bidang ekonomi antara lain:

  • Menjadi eksportir atau importir
  • Menjadi pengusaha sukses
  • Bangun industri yang membanggakan diri dalam menciptakan lapangan kerja
  • Pengembangan pasar dan manajemen pasar modern
  • Industri yang sedang berkembang seperti otomotif, pembuatan kapal

Pengembangan industri dalam negeri diharapkan mampu bersaing dengan perusahaan asing.

Beberapa ekonom yang berperan besar dalam membangun perekonomian agar Indonesia mampu bersaing di dunia adalah Budiono, Sumitro dan Antonio.

Baca juga:

Inilah Manfaat Warga Negara Yang Taat Bayar Pajak

Sosial budaya

Bentuk prestasi dalam upaya pembelaan negara dalam bidang sosial budaya adalah:

  • Menjadi juara dalam kompetisi menyanyi
  • Partisipasi dalam festival film
  • Menjadi juara dalam kompetisi paduan suara
  • Juara dalam kontes kecantikan
  • Menjadi juara dalam festival seni rakyat

Perkembangan budaya nasional menjadi budaya internasional. Misalnya, pakaian batik, ukiran dan kerajinan lainnya.

Beberapa warga negara Indonesia yang berprestasi di bidang budaya kelas dunia adalah Vina Panduwinata (penyanyi), Harvey Malaiholo (penyanyi), Christine Hakim (aktris), Afandi (pelukis), dan Basuki Abdullah (pelukis).

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai – Membangun Prestasi – Upaya Pembelaan Negara – dengan adanya prestasi ini semakin memajukan Indonesia di kancah Internasional.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa