Langsung ke konten utama

Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya

BantulMedia.com – Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya – Singkatnya, CSR merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan bangsa.

Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya

Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya

Perusahaan perlu mempertimbangkan tidak hanya kepentingan ekonomi dari semua pihak yang terlibat dalam kepentingan mereka, tetapi juga dunia luar, terutama daerah sekitarnya.

Berdasarkan hal tersebut, lahirlah CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Program ini penting bagi usaha menengah hingga besar sebagai bentuk kontribusi nasional dan sosial serta pengentasan kemiskinan dari perspektif sosial dan ekonomi.

CSR sendiri biasanya berbentuk dukungan finansial seperti pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan dan beasiswa mahasiswa.

Apa Itu CSR?

Pengertian CSR adalah suatu bentuk tanggung jawab sosial bagi pimpinan perusahaan dan dicapai melalui kontribusi kepada masyarakat/lingkungan sekitar.

Secara bahasa, CSR (Corporate Social Responsibility) bila diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Tanggung jawab sosial perusahaan”.

CSR sendiri biasanya berbentuk bantuan perusahaan dalam bentuk pembangunan fasilitas umum, pelestarian lingkungan, bantuan pemodalan Umkm, penanganan bencana alam, bantuan kesehatan, bantuan sosial dan juga beasiswa pendidikan.

Pengertian CSR Menurut Para AhliCSR adalah konsep perusahaan untuk memberikan kontribusi secara sukarela demi terwujudnya masyarakat dan lingkungan yang lebih baik.

(Commission of the European Communities). CSR adalah komitmen untuk beroperasi secara berkelanjutan berdasarkan prinsip ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan tetap menyeimbangkan beragam kepentingan dari pihakpihak terkait.

CSR adalah tingkatan pertanggungjawaban moral yang berasal dari perusahaan di luar kewajibannya untuk mematuhi hukum negara.

(Kirkaren dan Kuuistra). Kesimpulan Pengertian CSR adalah suatu bentuk kontribusi sukarela kepada masyarakat sekitar dan lingkungan suatu perusahaan sebagai kontribusi terhadap pembangunan negara.

Tujuan CSR

Setiap program di organisasi Anda membutuhkan tujuan yang jelas untuk memandu Anda dalam mengimplementasikan program tersebut.

Secara umum, tujuan dari program CSR perusahaan adalah untuk: Ini berkontribusi pada pengembangan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Menarik bakat dan potensi bakat, mengurangi risiko  korupsi dan kerugian, dan membedakan perusahaan dari pesaing mereka.

Menjaga hubungan  baik dengan masyarakat eksternal Mengurangi pembayaran pajak Menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan eksternal Konsep CSR

Pertama Kali CSR di Perkenalkan

Istilah CSR  pertama kali diperkenalkan dalam buku Howard Bowen tahun 1953, Social Responsibility of Businessmen.

Secara definisi, CSR berarti suatu upaya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dari keberadaan suatu perusahaan. Program CSR merupakan inisiatif yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri.

Jika Anda berhasil memberi manfaat bagi orang dan lingkungan, perusahaan Anda akan mampu bertahan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, pelaksanaan CSR harus didasarkan pada empat motif berikut. Komitmen moral Mencapai kesuksesan komersial dengan tetap menghormati etika Keberlanjutan.

Izin operasional untuk memenuhi kebutuhan  masa depan: Membangun citra perusahaan untuk  persetujuan pemerintah dan  pemangku kepentingan Reputasi.

Meningkatkan merek dan reputasi Konsumsi Dimata masyarakat, investor, dan karyawan.

Keberhasilan pelaksanaan program CSR terutama ditentukan oleh  pemangku kepentingan  yang terdiri dari masyarakat luas, konsumen, pengecer, pemasok, pemerintah, karyawan, dan LSM.

Bentuk CSR

Program CSR dilaksanakan melalui penyelenggaraan kegiatan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi.

Pembangunan fasilitas umum,  beasiswa, dukungan keuangan, perlindungan lingkungan dan banyak lagi.

Sampai saat ini, skala tanggung jawab sosial perusahaan tetap ada. Menyajikan masalah diskusi.

Beberapa berpendapat bahwa CSR mencakup aspek yang lebih luas, termasuk aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan, sementara yang lain membatasi ruang lingkup CSR pada skema amal dan donasi.

Terlepas dari perbedaan tersebut, sebenarnya ada empat format atau jenis.

Seperti yang  ditulis Hartman, Des Jardins, dan MacDonald dalam buku mereka Etika Bisnis, Pengambilan Keputusan untuk Integritas Pribadi & Tanggung Jawab Sosial.

CSR yang digunakan dipraktikkan oleh perusahaan di seluruh dunia.

Secara ekonomis

Dengan demikian, CSR dibatasi pada aspek-aspek yang sesuai dengan tanggung jawab perusahaan untuk menghasilkan produk yang bermanfaat.

Perusahaan tidak boleh merugikan, menghindari bahaya dan berusaha membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kedermawanan

Dalam Program CSR Amal, perusahaan berkomitmen untuk mempromosikan hal-hal baik dengan mensponsori kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga, sekolah, museum, dan lainnya.

Beberapa program melayani tujuan sosial murni, sementara yang lain bertujuan untuk  mendapatkan reputasi.

Jaringan sosial

Perusahaan juga merupakan bagian dari masyarakat yang harus memenuhi kewajibannya dan menjunjung tinggi etika yang berlaku.

Perusahaan harus terlibat dalam kegiatan tidak  hanya  untuk keuntungan mereka sendiri, tetapi juga untuk kepentingan para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat.

Terintegrasi

Dengan demikian, program CSR merupakan sarana untuk mengintegrasikan keuntungan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Karena perusahaan bergantung pada masyarakat untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan dan keberadaannya, manajemen perlu memungkinkan perusahaan untuk beroperasi sesuai dengan nilai-nilai sosial.

Contoh CSR perusahaan

Pixabay.com Saat ini semakin banyak perusahaan yang menerapkan program CSR untuk berbagai tujuan dan  kegiatan.

Berikut ini adalah contoh program CSR yang  dilaksanakan oleh perusahaan besar dan kecil di Indonesia dan di seluruh dunia.

1. Google

Giant Google memiliki banyak program CSR, termasuk Google Adgrant dan Google Green. Melalui program AdGrant, Google  memberikan hibah untuk mendukung lebih dari 20.000 lembaga nonprofit di 50 negara.

2. Lego

Perusahaan yang memproduksi mainan edukatif memiliki dua program CSR: Build the Change dan Sustainable Materials Center.

Dalam pelaksanaan programnya, LEGO bekerja sama dengan WWF  memproduksi mainan dari bahan yang ramah lingkungan.

3. PT Telkom Indonesia

Indonesia Digital Learning (IDL) merupakan program CSR  PT Telkom Indonesia yang bertujuan memfasilitasi perubahan paradigma digital guru Indonesia.

Program tersebut telah berhasil meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kualitas guru dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

4. PT Unilever Indonesia

Produsen barang-barang rumah tangga ini menggunakan produk-produk seperti kampanye cuci  sabun (Lifebuoy).

Kampanye pelestarian seni kuliner nusantara (kecap Bango), dan kampanye penyadaran kesehatan gigi dan mulut (Pepsodent). menjalankan banyak program CSR.

5. PT Pembangkitan Jawa Bali

Dalam melaksanakan program CSR, perusahaan telah meluncurkan program akademi komunitas.

Program ini memberikan beasiswa D1 ketenagalistrikan kepada masyarakat di sekitar unit pembangkit listrik. Setelah menyelesaikan penelitian, pemegang beasiswa  akan dipekerjakan oleh unit produksi.

Manfaat CSR

Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya – Jadi CSR menguntungkan semua pihak, baik  perusahaan sebagai donatur maupun masyarakat. Berikut  beberapa manfaat Sehingga CSR yang  dirasakan baik oleh masyarakat maupun dunia usaha.

Manfaat CSR bagi masyarakat

Jadi Masyarakat dan lingkungan yang menjadi sasaran pelaksanaan CSR  perusahaan memiliki banyak manfaat, antara lain.

Meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, meningkatkan taraf pendidikan, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.

Jika dirancang dengan baik, penerapan program CSR dapat secara langsung atau tidak langsung membawa manfaat berikut bagi perusahaan.

Akses yang diperluas ke sumber daya

Jadi Program CSR memiliki implikasi jangka panjang dan lebih berharga bagi perusahaan. Ketika perusahaan Anda menjadi lebih kompetitif.

Anda mendapatkan akses ke sumber daya yang Anda butuhkan untuk aktivitas produksi Anda.

Meningkatkan akses ke pasar

Sehingga Biaya pelaksanaan program CSR dikembalikan kepada  perusahaan dalam bentuk kesempatan untuk memasuki pasar yang lebih luas dan membangun loyalitas pelanggan.

Kurangi biaya

Program mahal tidak selalu membuat perusahaan menjadi mewah. Program CSR sebenarnya dapat menyelamatkan perusahaan.

Misalnya, penerapan program CSR dalam bentuk daur ulang dapat menghemat biaya produksi.

Mendapat Penghargaan

Sehingga Untuk bisnis, penghargaan mempengaruhi banyak hal yang meningkatkan produktivitas dan keuntungan.

Program CSR  menciptakan peluang untuk memenangkan penghargaan yang membawa manfaat positif. Pelaksanaan CSR selalu dikaitkan dengan tiga elemen dasar yaitu profit (profit), people (masyarakat), dan planet (planetary earth).

Dalam konteks global,  perusahaan yang  menjalankan program CSR  telah membantu mencapai pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga :

Tips Menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) Dimasa Pandemi

Kesimpulan

Demikian artikel singkat tentang Penjelasan tentang CSR beserta Contohnya – tanggung jawab sosial perusahaan yang diawali dengan pengertian CSR dan diakhiri dengan tujuan, konsep,  dan format.

Dan contoh CSR perusahaan. Jika itu membantu maka saya senang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali