Langsung ke konten utama

7 Cara Memiliki Kemampuan Dalam Bernegosiasi Yang Perlu Anda Ketahui

BantulMedia.com7 Cara Memiliki Kemampuan Dalam Bernegosiasi – Jika Anda berbelanja di pasar, Anda pasti sering mendengar ungkapan itu sekarang. Biasanya, pembeli menawar barang yang akan dibeli sampai mendapatkan harga yang diinginkan.

Namun penjual tentunya tidak mau rugi dan menginginkan barang yang dijual sesuai dengan keinginannya. Yah, mereka akhirnya menegosiasikan harga sampai mereka mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak. Negosiasi adalah contoh negosiasi sehari-hari.

7 Cara Memiliki Kemampuan Dalam Bernegosiasi Yang Perlu Anda Ketahui

7 Cara Memiliki Kemampuan Dalam Bernegosiasi

Pada artikel ini kita tidak akan membahas bagaimana cara menawar di pasar sayur. Tapi apa itu negosiasi, mengapa negosiasi itu penting, dan keterampilan negosiasi apa yang perlu Anda kuasai di tempat kerja.

Apa itu negosiasi?

Negosiasi adalah proses interaktif antara dua atau lebih negosiator atau pihak yang mencoba menemukan kesamaan di sekitar kepentingan bersama. Pihak-pihak ini akan bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima dan dihormati bersama atau solusi menang-menang.

Baca juga:

Cara Mengubah Nomer Whatsapp

Negosiasi sangat berguna dalam kehidupan pribadi dan profesional. Misalnya, negosiasi gaji saat wawancara. Menurut survei Payscale, orang yang menegosiasikan gaji mereka menerima rata-rata 25% lebih banyak dari yang mereka harapkan.

Dari sini terlihat bahwa sangat penting untuk menguasai keterampilan bernegosiasi ini. Selain itu, ada banyak hal yang bisa Anda negosiasikan, misalnya: jam kerja yang lebih fleksibel, negosiasi kompensasi freelancer, negosiasi liburan dan lain-lain.

Jadi, keterampilan negosiasi apa yang harus Anda kuasai agar berhasil di tempat kerja?

Berikut adalah 7 kemampuan bernegosiasi yang perlu Anda pelajari dan kuasai agar sukses di tempat kerja!

1. Penguasaan komunikasi verbal dan non-verbal

Keterampilan komunikasi verbal dan non-verbal adalah kunci terpenting dalam negosiasi. Seorang negosiator yang baik harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif. Karena komunikasi yang tidak jelas dapat menimbulkan kesalahpahaman yang dapat mengubah situasi negosiasi.

Selain intonasi dan artikulasi, perhatikan bahasa tubuh Anda, ya. Karena bahasa tubuh juga bisa mendukung apa yang Anda katakan. Jika Anda gugup atau bingung, itu semua bisa dilihat dengan jelas oleh orang lain.

Baca juga:

Inilah Cara Bangkit Dari Kegagalan, Pelaku Bisnis Merapat!

Jack Welch, seorang legenda manajemen General Electric, sering menggunakan teknik 4 blocker untuk menyampaikan ide-idenya di setiap rapat perusahaan. Teknik presentasi ini hanya menggunakan 1 slide PowerPoint dengan fokus pada 4 area yaitu What, Accomplished, Spotlight dan What’s Next. Teknik ini menuntut pembicara untuk menyederhanakan dan memperjelas apa yang ingin mereka sampaikan.

2. Kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah

Negosiator yang efektif tidak hanya harus berkomunikasi dengan baik, tetapi juga harus mampu menganalisis suatu masalah dan menentukan kepentingan semua pihak yang terlibat. Pemahaman yang jelas tentang masalah dapat membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Setelah analisis masalah, Anda dapat mengidentifikasi masalah, kepentingan mereka yang terlibat dan tujuan akhir.

Contoh sederhana adalah negosiasi kontrak kerja antara karyawan dan majikan. Masalah dengan negosiasi ini biasanya tingkat remunerasi seperti gaji dan bonus. Dengan mengidentifikasi masalah dari sudut pandang kedua belah pihak, keduanya mencapai win-win solution dimana keputusan yang dicapai menguntungkan kedua belah pihak.

3. Persiapan yang matang

Sebelum proses negosiasi dimulai, seorang negosiator yang baik harus terlebih dahulu melakukan persiapan. Persiapan yang baik dapat menentukan hasil negosiasi. Tentukan hasil apa yang ingin Anda capai dalam negosiasi ini. Ini memungkinkan Anda untuk menentukan apakah negosiasi berjalan seperti yang diharapkan atau tidak. Jadi Anda bisa tahu kapan saatnya untuk berhenti atau mendorong lebih keras.

Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan diri dengan melakukan riset sederhana untuk mengetahui latar belakang suatu perusahaan atau orang secara online. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membangun hubungan atau membuat topik percakapan yang menyenangkan untuk membuat situasi negosiasi lebih menguntungkan.

4. Mendengarkan secara aktif

Seorang negosiator tidak hanya harus pandai berkomunikasi, tetapi juga harus mampu mendengarkan secara aktif. Itu berarti Anda dapat memahami apa yang orang lain katakan. Jangan hanya mendengarnya, tidak mengerti apa artinya.

Mendengarkan dan memahami arti sebenarnya dari apa yang di katakan pihak lain akan membantu Anda menganalisis masalah lebih dekat dan menemukan solusi yang paling cocok untuk kedua belah pihak. Dengarkan dan perhatikan baik-baik apa yang dikatakan pihak lain agar Anda tidak terlalu mendominasi percakapan.

5. Cerdas dalam mengendalikan emosi

Kontrol emosi sangat penting dalam proses negosiasi. Pihak yang tidak bisa mengatur emosinya seringkali menjadi pihak yang menyesali keputusan atau perkataannya di akhir negosiasi. Meskipun negosiasi terkadang sulit dan membuat frustrasi, negosiator yang baik akan menjaga emosinya tetap terkendali selama proses negosiasi.

6. Tunjukkan komitmen

Untuk memastikan negosiasi Anda berhasil, Anda perlu meyakinkan pihak lain bahwa kedua belah pihak bersedia untuk berpartisipasi dalam negosiasi yang berhasil. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan keberhasilan negosiasi tanpa membahayakan keinginan dan kepentingan pihak lain. Anda dapat menunjukkan komitmen itu melalui kata-kata, kontak mata, dan bahasa tubuh untuk membuat pihak lain percaya pada komitmen Anda.

7. Ketahui gaya negosiasi pihak lain

Proses dan hasil negosiasi tentunya ditentukan oleh kedua belah pihak. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam mempelajari karakteristik counterparty. Identifikasi jenis dan sifat apakah pihak lawan adalah tipe yang to the point dan tidak suka bernegosiasi terlalu lama, atau tipe yang banyak akal atau pemain yang tangguh. Dari sini Anda dapat menyesuaikan gaya negosiasi yang digunakan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang – 7 Cara Memiliki Kemampuan Dalam Bernegosiasi -. Sama seperti keterampilan lainnya, selain menguasai teori, Anda juga perlu melatih dan melatih keterampilan negosiasi ini. Sehingga Anda terlatih untuk menganalisis masalah, berbicara, mengungkapkan pendapat, memecahkan masalah dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa