Langsung ke konten utama

Apa Beda Letak Geografis dan Letak Astronomis? Simak Detailnya

BantulMedia.comBeda Letak Geografis dan Letak Astronomis – Setiap negara memiliki letak geografisnya sendiri berdasarkan aspek astronomis, geologis, fisiografis, dan sosial budaya. Apa perbedaan antara letak geografis dan letak astronomis suatu daerah?

Apa Beda Letak Geografis dan Letak Astronomis? Simak Detailnya

Beda Letak Geografis dan Letak Astronomis

Berdasarkan situs resmi Badan Pusat Statistik (BPS), geografi yaitu sebagai letak suatu wilayah yang di lihat dari kenyataan di Bumi, atau posisi wilayah tersebut di dunia daripada dengan posisi wilayah lain.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), geografi adalah ilmu tentang permukaan bumi, iklim, kependudukan, flora, fauna dan temuan-temuan yang ada dari bumi.

Definisi Lokasi Geografis

Secara umum letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Lokasi geografis biasanya dibatasi oleh berbagai fitur geografis di Bumi dan nama daerah yang berbatasan langsung dengan daerah tersebut.

Baca juga:

Golongan Muda Penggerak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Contoh letak geografis dengan perbedaan ciri geografi bumi yang dimaksud antara lain benua, laut, pegunungan, samudra, gurun pasir, dll.

Letak geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia diapit oleh benua Asia dan Australia, Samudera Hindia dan Samudera Pasifik serta diapit oleh dua gunung yaitu Lingkar Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Baca juga:

Keistimewaan Selat Malaka di Jalur Perdagangan Laut

Sedangkan berdasarkan batas negara, posisi Indonesia dibatasi oleh negara, laut dan samudera yang berbeda. Adalah sebagai berikut:

1. Sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Cina Selatan, Laut Sulawesi dan Samudra Pasifik di utara.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan Australia, Timor Leste, Samudera Hindia, Laut Timor dan Laut Arafuru.

3. Sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

4. Di sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik.

Dengan letak geografisnya yang berada di antara dua samudera, Indonesia sering terkena angin laut yang membawa hujan, sehingga Indonesia memiliki iklim tropis.

Selain itu, Indonesia juga memiliki 2 musim. Yaitu musim hujan dan musim kemarau yang dipengaruhi oleh angin muson yang bertiup setiap enam bulan sekali.

Perbedaan antara lokasi geografis dan lokasi astronomi

Berbeda dengan letak geografis yang berkaitan dengan letak dan bentuk, letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan posisi lintang dan bujur.

Pengertian garis lintang sendiri adalah garis khayal yang melintasi bumi dan membelah bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi utara dan selatan.

Sedangkan garis bujur adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan, serta garis yang membagi bumi menjadi belahan barat dan timur.

Situs Astronomi Indonesia

Berdasarkan dari letak astronomisnya, Indonesia terletak pada 6LU (lintang utara) – 11LS (lintang selatan) dan 95BT (bujur timur) – 141BT (bujur timur).

Letak astronomis ini mengakibatkan Indonesia memiliki 3 zona waktu, yaitu:

1. Waktu Indonesia Barat (WIB), yang memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

2. Waktu Indonesia Tengah (WITA), yang memiliki selisih waktu +8 dari GMT (Greenwich Mean Time).

3. Waktu Indonesia Timur (WIT), yang memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time).

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang – Beda Letak Geografis dan Letak Astronomis – semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa