Langsung ke konten utama

Begini Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia

BantulMedia.comTahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia – Persatuan bangsa Indonesia sudah ada sejak zaman kemerdekaan. Rasa persatuan ini tidak muncul begitu saja, tetapi melalui berbagai proses sejarah yang panjang. Hingga akhirnya bangsa Indonesia bisa bersatu.

Begini Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia

Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia

Berdasarkan Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2016) karya Yulia Djahir, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sangat penting bagi masyarakatnya yang majemuk, terutama bagi masyarakat yang berbeda suku, agama, dan bahasa.

Adanya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tentunya akan menciptakan rasa toleransi dan toleransi. Sehingga masyarakat dapat hidup sejahtera, damai dan berdampingan.

Tahapan pembentukan persatuan bangsa Indonesia

Terbentuknya persatuan bangsa Indonesia melalui proses sejarah yang panjang. Secara keseluruhan, proses tersebut dapat dibagi menjadi empat fase penting. Berikut ini adalah tahapan-tahapan sejarah terbentuknya persatuan bangsa Indonesia, yaitu:

Adanya Persamaan Senasib

Menurut Rosmawati dan Hasanal Mulkan dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020), rasa senasib sepenanggungan dalam masyarakat Indonesia merupakan tahapan penting dalam pembentukan proses persatuan.

Bangsa Indonesia berada dalam masa penjajahan yang panjang. Hal ini menciptakan rasa senasib sepenanggungan dan keinginan untuk dibebaskan dari kolonialisme. Bangsa Indonesia kemudian bersatu untuk merdeka dan melawan penjajahan.

Baca juga:

Makna Penting Dari Pendidikan Yang Memerdekakan

Kebangkitan Nasional

Menceritakan dari buku Sejarah Pergerakan Nasional (2015) karya Fajriudin Muttaqin dan Wahyu Iryana, pembentukan persatuan bangsa Indonesia tidak bisa di deviasi dari peran organisasi Dr. Wahidin Sudirohusodo Budi Utomo yang harus dipisahkan.

Bisa dibilang kebangkitan nasional dimulai ketika Dr. Wahidin Sudirohusodo mendirikan organisasi ini pada tahun 1908. Setelah Budi Utomo berdiri, banyak bermunculan organisasi, seperti Persatuan Islam, Persatuan Indonesia, PNI dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Inilah Peranan Sistem Pendidikan Nasional Sebagai Alat Integrasi Nasional

Acara Sumpah Pemuda

Dalam buku Wawasan Nusantara (2020) karya Sri Widayati dijelaskan bahwa peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 merupakan upaya pertama untuk menegakkan negara kesatuan Republik Indonesia. Peristiwa bersejarah ini sekaligus menandai tekad bangsa Indonesia untuk bersatu.

Deklarasi Kemerdekaan

Peristiwa bersejarah ini merupakan bagian dari tahapan membangun persatuan bangsa Indonesia. Saat itu Ir Soekarno dan Mohammad Hatta mendeklarasikan diri sebagai bangsa yang merdeka dan bebas dari penjajahan atas nama bangsa Indonesia.

Persatuan bangsa Indonesia tidak terjadi melalui proses yang singkat atau instan, tetapi melalui proses sejarah yang panjang. Oleh karena itu, marilah kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk selama-lamanya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang – Tahapan Awal Pembinaan Persatuan Bangsa Indonesia – melalui tahapan ini, Indonesia terus bergerak maju. Inilah langkah awal Indonesia menuju kemerdekaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,