Langsung ke konten utama

Inilah Peranan Penting Daun Bagi Tumbuhan, Apa Saja?

BantulMedia.comPeranan Penting Daun Bagi Tumbuhan – Daun merupakan bagian tumbuhan yang memiliki peranan penting. Ini karena tumbuhan adalah autotrof obligat. Oleh sebab itu, tumbuhan harus memenuhi kebutuhan energinya sendiri dengan mengubah energi sinar matahari menjadi energi kimia.

Inilah Peranan Penting Daun Bagi Tumbuhan, Apa Saja?

Peranan Penting Daun Bagi Tumbuhan

Daun memiliki berbagai bentuk berdasarkan tulang daunnya, seperti menyirip, berjari, melengkung, sejajar dan masih banyak lagi. Volume daun juga bisa tipis atau tebal.

Daun lengkap terdiri dari tiga bagian yaitu pelepah, tangkai daun dan helaian daun. Pelepah daun meletakkan daun pada batang. Tangkai daun menghubungkan pelepah atau batang ke helaian daun. Helaian daun merupakan bagian terpenting karena di sinilah fungsi utama daun sebagai organ fotosintesis yang dominan dilakukan.

Struktur Daun

Sebelum mengetahui fungsi daun secara keseluruhan, ada baiknya Anda mengetahui apa saja struktur pembentuk daun tersebut. Seperti organ dalam tubuh pada umumnya, daun terdiri dari beberapa struktur. Struktur ini meliputi:

  • Lapisan Epidermis

Epidermis merupakan lapisan terluar daun yang berfungsi melindungi jaringan di bawahnya. Epidermis itu sendiri dibagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah.

  • jaringan mesofil

Jaringan mesofil tersusun atas jaringan batang atau jaringan palisade yang banyak mengandung kloroplas yang berfungsi dalam produksi makanan. Kemudian jaringan spons berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan.

  • Berkas Pembuluh Akut

Terdiri dari xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh ayakan, pada tumbuhan dikotil keduanya dipisahkan oleh kambium.

Pada akar, xilem berfungsi untuk membawa air dan mineral ke daun. Di batang, xilem bertindak sebagai penopang bagi penopang tanaman. Sedangkan floem berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

  • stomata

Stomata adalah organ daun yang berperan sebagai alat respirasi atau respirasi pada daun. Di Stomata mengambil CO2 dari udara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis, melepaskan O2 sebagai hasil fotosintesis.

Fungsi daun pada tumbuhan

Sekarang setelah Anda mengetahui struktur pembentuk daun, Anda pasti akan mulai memahami fungsi daun pada tumbuhan. Apa fungsi penting daun pada tumbuhan?

1. Tempat berlangsungnya fotosintesis

Fungsi utama daun adalah mengolah nutrisi yang di kandungnya. Proses pengolahan ini yaitu fotosintesis. Fotosintesis adalah proses biokimia yang dilakukan oleh tumbuhan untuk membentuk karbohidrat dari bahan anorganik. Terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.

Selama fotosintesis, sinar matahari diserap oleh klorofil di daun. Dan diubah menjadi energi kimia, yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya.

Baca juga:

Metode Perawatan Tanaman Yang Baik Dan Benar Ada 13 Tata Cara

Pada tumbuhan dikotil, fotosintesis terjadi di jaringan parenkim palisade. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan bunga karang.

2. Sebagai alat pernapasan

Fungsi penting selanjutnya dari daun adalah sebagai alat pernapasan tumbuhan. Daun memiliki stomata yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Stoma, atau bentuk jamak dari stomata, menyerap CO2 dari udara untuk digunakan sebagai bahan fotosintesis, melepaskan O2 sebagai hasil fotosintesis.

Stomata adalah struktur pembuka yang memiliki sel penjaga di samping. Umumnya stomata berada di bawah permukaan daun, namun ada juga yang berada di atas dan di bawah.

Baca juga:

Tips Mengurangi Sakit Maag, Konsumsi Asupan Penting Ini

3. Tempat keringat

Fungsi daun selanjutnya adalah sebagai tempat transpirasi. Apa itu keringat?

Transpirasi adalah hilangnya uap air dari permukaan tanaman. Sebagian besar transpirasi terjadi melalui stomata, sedikit melalui kutikula daun. Transpirasi terjadi ketika tanaman membuka stomata mereka untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk fotosintesis.

Lebih dari 20% air yang diserap oleh akar dilepaskan ke udara sebagai uap air. Sebagian besar uap air yang dikeluarkan oleh tumbuhan tingkat tinggi berasal dari daun, selain dari batang, bunga, dan buah.

4. Tempat terjadinya gutasi

Gutasi adalah proses keluarnya air berupa cairan dari jaringan daun. Gutasi terjadi ketika kondisi tanah sesuai sehingga penyerapan air tinggi. Namun, laju transpirasi rendah atau ketika penguapan air sulit terjadi karena kelembaban tinggi.

Proses gutasi terjadi pada struktur daun seperti stomata yang bernama hidatoda. Gutasi dapat kita amati dengan munculnya titik-titik air di tepi daun yang tersusun secara teratur.

Tetesan air yang keluar dari jaringan daun melalui proses gutasi bukanlah air murni. Selain itu, berbagai senyawa terlarut di dalamnya. Beberapa senyawa yang terlarut dalam tetesan air adalah enzim, gula, asam amino, vitamin dan mineral seperti P, K, Na, Mg dan Fe.

5. Organ reproduksi vegetatif

Reproduksi vegetatif adalah cara makhluk hidup berkembang biak secara aseksual, atau tanpa peleburan gamet jantan dan betina. Proses ini dapat dilakukan secara alami dan buatan. Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia.

Salah satu tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif melalui daun adalah tumbuhan itik kelapa. Tanaman itik kelapa melepaskan pucuk pada daunnya selama proses perkembangbiakan. Tunas ini juga disebut tunas adventif.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang – Peranan Penting Daun Bagi Tumbuhan – semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang fungsi daun bagi tanaman. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali