Langsung ke konten utama

Kenali 4 Berbagai Corak Gambar Ilustrasi

BantulMedia.com 4 Berbagai Corak Gambar IlustrasiMembaca adalah kebiasaan yang baik dan kita bisa melakukannya di mana saja. Ada berbagai jenis sastra yang bisa kita baca. Contohnya adalah buku cerita, novel, surat kabar dan majalah. Jika Anda cermati, beberapa jenis buku tidak hanya berisi tulisan, tetapi ada juga buku bergambar.

Kenali 4 Berbagai Corak Gambar Ilustrasi

4 Berbagai Corak Gambar Ilustrasi

Gambar-gambar dalam buku ini juga disebut sebagai ilustrasi atau contoh gambar. Ilustrasi ini tidak hanya ditemukan di buku tetapi dapat ditemukan di berbagai tempat dan jenis yang berbeda. Cari tahu jenis gambar atau ilustrasi apa saja yang bisa kita temukan, yuk!

Apa itu Corak Gambar atau Ilustrasi?

Secara umum ilustrasi atau contoh bergambar dapat diartikan sebagai lukisan, gambar atau foto yang bertujuan untuk menjelaskan isi suatu buku, suatu peristiwa atau peristiwa tertentu. Ilustrasi ini memiliki bentuk atau merupakan karya seni rupa yang bersifat dua dimensi. Ada empat jenis gambar atau ilustrasi yang dapat kita lihat setiap hari, yaitu realistik, karikatur, kartun, dan ilustrasi dekoratif.

Baca juga:

Cara Mudah Buat Highlight Pada Instagram

1. Realis

Ilustrasi realistik didefinisikan sebagai pola gambar yang sesuai dengan bentuk atau kondisi asli dari objek yang digunakan. Oleh karena itu, dalam gaya ilustrasi realistis ini, hasilnya terlihat seperti bentuk yang digambar. Mulai dari ukuran, bentuk, tekstur dan diakhiri dengan tata letak objek. Contoh ilustrasi dengan karakter realistik adalah lukisan karya Raden Saleh berjudul Kapal Dilanda Badai.

Baca juga:

Alat Untuk Membuat Batik Jumputan, Yuk Simak

2. Karikatur

Karikatur memiliki karakteristik yang berbeda dari ilustrasi realistis. Ketika ilustrasi realistis dibuat sedekat mungkin dengan objek aslinya, maka gambar karikatur dibuat dengan memanipulasi objek asli yang ditiru atau digambar.

Perubahan ini bisa berupa pembesar-besaran objek aslinya, sehingga membuat gambar terlihat berbeda dari aslinya. Akibatnya, gambar kartun muncul dengan objek yang lucu dan cenderung aneh karena bentuknya tidak seimbang atau tidak proporsional.

Walaupun gambar kartun ini dibuat dengan memodifikasi atau melebih-lebihkan objek aslinya, namun tetap menunjukkan bentuk aslinya atau masih terlihat mirip dengan objek yang digambar.

3. Kartun

Apakah Anda sering menonton kartun di TV? Kartun adalah suatu bentuk gambar atau ilustrasi yang fungsinya untuk menghibur atau menghibur.

Itu karena kartun biasanya penuh dengan humor atau cerita lucu dan menghibur.
Karakter dalam kartun ini bisa bermacam-macam jenisnya, mulai dari manusia, hewan, tumbuhan dan berbagai benda lainnya.

4. Dekoratif

Jenis gambar atau pola ilustrasi yang terakhir adalah ilustrasi dekoratif. Ilustrasi dekoratif menunjukkan gambar yang telah mengalami perubahan bentuk dibandingkan dengan objek aslinya. Meski telah mengalami perubahan bentuk, ilustrasi dekoratif ini tidak meninggalkan atau menghilangkan ciri-ciri objek aslinya. Misalnya karakter atau bentuk asli dari objek itu sendiri.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – 4 Berbagai Corak Gambar Ilustrasi – semoga bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali