Langsung ke konten utama

Ketahui Makna Kewajiban Asasi Manusia

BantulMedia.comMakna Kewajiban Asasi Manusia – Pernahkah Anda mengunjungi sekolah luar biasa dan melihat apa yang guru-guru di sana lakukan dengan murid-muridnya? Guru mencoba untuk mengajar siswa penyandang cacat dengan cara yang berbeda tergantung pada kebutuhan mereka.

Di sisi lain, siswa penyandang disabilitas juga mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan konsep hak dan kewajiban manusia.

Ketahui Makna Kewajiban Asasi Manusia

Makna Kewajiban Asasi Manusia

Siswa mendapatkan hak untuk belajar dan manfaat pendidikan seperti siswa pada umumnya. Sedangkan guru memberikan fasilitas pengajaran sesuai dengan komitmennya. Jadi ketika kita berbicara tentang konsep hak dan kewajiban manusia, apa sebenarnya hal tersebut?

Baca juga:

Inilah Hak Asasi Manusia Yang Terdapat Pada Pancasila, Apa saja?

Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir dan merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang tidak dapat diganggu gugat. Selain itu, Hak asasi manusia diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999, hak asasi manusia adalah hak dasar yang melekat pada kodrat manusia, universal dan tetap.

Hak Asasi Manusia adalah hak asasi manusia yang ada sejak lahir, berikut ini adalah ciri-ciri atau ciri-ciri hak asasi manusia tersebut:

  • Hakiki berarti hak yang dimiliki setiap orang sejak lahir.
  • Universal, artinya HAM berlaku bagi semua manusia tanpa membedakan status sosial, agama, suku, ras dan perbedaan lainnya.
  • Tetap atau tidak dapat dibatalkan, artinya hak asasi manusia tidak dapat dicabut atau diwariskan kepada orang lain.
  • Tidak dapat dibagi, yaitu setiap orang berhak atas semua hak yang diatur dan ditentukan.

Konsep Dari Kewajiban Asasi Manusia

Baca juga:

Ketahui Lebih Rinci Tentang Klasifikasi Demokrasi

Komitmen adalah segala sesuatu yang harus dilakukan atau dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Jadi kita dapat memaknai tugas manusia sebagai kewajiban dasar setiap manusia.

Dalam konteks hak asasi manusia, hak asasi manusia dan kewajiban merupakan dua hal yang saling berhubungan dan memiliki hubungan sebab akibat. Seseorang dapat memperoleh haknya dengan terlebih dahulu menunaikan kewajibannya. Dengan kata lain, hak dan kewajiban manusia merupakan bentuk pembatasan hak asasi manusia.

Hal ini juga tertuang dalam UU RI 39 Tahun 1999 Pasal 1 Ayat 2, Hak Asasi Manusia adalah seperangkat kewajiban yang jika tidak dilaksanakan, menghalangi pelaksanaan dan penegakan hak asasi manusia. Artinya kewajiban hak asasi manusia merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap manusia dengan tujuan menghormati hak asasi manusia.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang – Makna Kewajiban Asasi Manusia – Tak cuma hak namun kita pun memiliki kewajiban asasi manusia. Dengan adanya hal tersebut, harapannya bisa lebih menjaga dan menghormati antar sesama manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali