Langsung ke konten utama

Negara Yang Pernah Menjadi Provinsi Indonesia, Yuk simak?

BantulMedia.comNegara Yang Pernah Menjadi Provinsi Indonesia – Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah negara dengan sejarah panjang? Salah satunya adalah bahwa ada beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia sebelum akhirnya menjadi negara sendiri.

Negara Yang Pernah Menjadi Provinsi Indonesia, Apa Saja?

Negara Yang Pernah Menjadi Provinsi Indonesia

Ternyata, ada 6 negara yang pernah menjadi provinsi Indonesia. Apa saja? yuk simak lebih lanjut.

1. Timor Leste

Melansir dari website Universitas Atma Jaya, Timor Leste memiliki sejarah panjang dengan bangsa Indonesia.

Pada tahun 1975, karena krisis politik dan tekanan dari pemerintah Australia, Presiden Suharto memutuskan untuk menyerang Timor Timur. Suharto juga memasukkan Timor-Leste sebagai provinsi ke-27. Namun penggabungan wilayah Timor-Leste tidak mendapat dukungan dari dunia.

Pada tahun 1999 Presiden BJ Habibie mengadakan referendum dan dimenangkan oleh kelompok pro-kemerdekaan, memungkinkan Timor-Leste untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Baca juga:

3 Jenis Ras Mongoloid, Indonesia Termasuk Yang Mana?

2. Brunei Darussalam

Berdasarkan situs dari Indonesia.go.id, wilayah Brunei Darussalam pernah di kuasai Kerajaan Sriwijaya. Beberapa pemukiman di Teluk Brunei yaitu sebagai Vijayanegara.

Brunei juga tercantum dalam Kitab Negarakretagama yang di tulis oleh Kerajaan Majapahit pada tahun 1365. Daerah yang disebut Buruneng ini pernah di kuasai oleh Majapahit setelah Patih Gadjah Mada berambisi untuk memenuhi sumpah palapa.

3. Singapura

Siapa sangka negara maju seperti Singapura pernah menjadi milik Indonesia. Singapura sudah sering disebut Temasek, Tumasik atau Kota Laut (Sea Town) di masa lalu.

Berdasarkan Journal of Religious Literature dalam artikel berjudul Tumasik: Early History of Islam in Singapore (1200-1511 M), posisi Singapura sebagai pos perdagangan strategis dinilai.

Baca juga:

Golongan Muda Penggerak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Beberapa kerajaan yang pernah menguasainya adalah Sriwijaya pada akhir abad ke-13 M, Majapahit pada abad ke-14 M, Ayutthaya-Thailand pada abad ke-15 M, dan Kesultanan Malaka pada masa Pendudukan Portugis tahun 1511 M.

4.Malaysia

Negara selanjutnya yang menjadi bagian dari negara Indonesia adalah Malaysia. Dalam buku IPS: Terpadu yang ditulis oleh Anwar Kurnia menyebutkan bahwa Malaysia juga berada di bawah kendali Sriwijaya, kerajaan angkatan laut terbesar dalam sejarah Indonesia. Penaklukan Malaysia terjadi pada masa pemerintahan Raja Balaputadewa.

Dengan wilayah yang sangat luas, Sriwijaya menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama yang sangat berpengaruh di dunia. Tak heran Sriwijaya sering disebut sebagai negara kepulauan di masa lalu.

5. Kamboja

Sriwjaya kembali berperan saat penaklukan Kamboja. Catatan kekuasaan Sriwijaya di Kamboja di dapat dari seorang pendeta bernama I Tzing yang pernah berada di kerajaan tersebut.

Wilayah yang luas dan strategis membuat Sriwijaya mudah menjual hasil alam dan sumber ekonomi lainnya. Misalnya kapur barus, gaharu, cengkeh, cendana, pala dan kapulaga.

6. Filipina

Filipina pernah menjadi bagian dari Indonesia pada masa Kerajaan Majapahit. Berdasarkan dari buku Ilmu Sosial untuk Kelas V Sekolah Dasar, penaklukan Filipina terjadi pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Saat itu raja dan suaminya Gadjah Mada ingin membuat kerajaan besar dari Majapahit. Wilayah kekuasaan Majapahit meliputi Nusantara, Semenanjung Malaya, hingga Filipina.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Negara Yang Pernah Menjadi Provinsi Indonesia – semoga bisa menambah wawasan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali