Langsung ke konten utama

Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan

BantulMedia.comDampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan – Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat secara tidak langsung telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Yaitu baik dalam bidang politik, ekonomi, budaya maupun pendidikan.

Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan

Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan

Kemajuan teknologi merupakan hal yang tidak dapat kita hindari di era modern ini. Karena semakin maju ilmu pengetahuan maka semakin maju pula perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar global yang terhubung yang menempatkan siswa di pusat proses pembelajaran, dikelilingi oleh beragam sumber belajar dan layanan e-learning.

Setiap teknologi memiliki efek positif atau negatif. Manfaat positif yang dapat di peroleh dari kemajuan teknologi adalah memberikan kemudahan dalam bidang pendidikan. Khususnya sebagai sumber ilmu dan referensi dalam pembelajaran, namun disamping manfaat positif, kemajuan teknologi juga dapat menimbulkan hal-hal yang buruk. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menggunakan teknologi.

Indonesia merupakan negara berkembang, ketersediaan infrastruktur teknologi masih sangat rendah, mengakibatkan terbatasnya akses informasi dan pengetahuan untuk semua. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, perkembangan teknologi yang mulai membawa dampak positif, jarak dan waktu saat ini bukan menjadi halangan untuk menimba ilmu.

Teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.

Dari perspektif saat ini, perkembangan teknologi informasi semakin meningkat, khususnya di Indonesia. Dengan teknologi informasi dan komunikasi, kita dapat mempermudah diri kita sendiri untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, di mana saja.

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi mulai memberikan dampak positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia pendidikan mulai menunjukkan perubahan yang signifikan. Saat ini jarak dan waktu tidak menjadi masalah besar untuk menimba ilmu, berbagai aplikasi telah dikembangkan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar.

Dampak Positif Teknologi di Dunia Pendidikan

Dampak positif pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan di Indonesia antara lain:

munculnya media massa sebagai sumber ilmu pengetahuan dan pusat pendidikan khususnya media elektronik seperti jaringan internet, lab komputer di sekolah dan lain-lain sangat membantu baik guru maupun siswa dalam proses belajarnya.

Akibatnya, guru bukan satu-satunya sumber pengetahuan, sehingga siswa yang belajar tidak harus terlalu terpaku pada informasi yang guru berikan. Tetapi juga dapat mengakses konten langsung dari internet melainkan jadi guru di sini tidak hanya satu guru, tetapi juga sebagai pemimpin siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Munculnya metode pembelajaran baru yang memudahkan proses pembelajaran bagi siswa dan guru. Tentunya dengan kemajuan teknologi bersamaan dengan penciptaan metode-metode baru. Selain itu, dengan kemajuan teknologi harapannya mahasiswa dapat memahami materi yang masih abstrak dengan baik.

Sistem pembelajaran tidak harus tatap muka, dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak perlu lagi mencocokkan siswa dengan guru, tetapi juga dapat menggunakan layanan internet dan lain-lain. Adanya sistem pengelolaan data penilaian dengan menggunakan teknologi dan media teknis seperti komputer akan memudahkan guru dalam mengelola data hasil belajar.

Kebutuhan akan lembaga pendidikan dapat terpenuhi dengan cepat. Tentunya dalam bidang pendidikan banyak hal dan materi yang perlu dipersiapkan dalam rangka melaksanakan proses belajar mengajar, misalnya menggandakan soal-soal ujian, adanya mesin fotocopy akan memudahkan dan mempercepat penggandaan. soal ujian.

Dengan berkembangnya teknologi segala sesuatu dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, ada beberapa keuntungan yang didapat dari perkembangan teknologi yaitu pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik, dapat membantu menjelaskan materi yang sulit, menggunakan waktu lebih efisien, menciptakan suasana belajar yang baru.

Dampak Negatif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan

Selain dampak positif, ada juga dampak negatif teknologi terhadap dunia pendidikan di Indonesia, misalnya, membuat siswa malas belajar.

Baca juga:

Beberapa Bukti Islam Masuk Melalui Pendidikan

Dengan kemajuan teknologi seharusnya siswa lebih mudah untuk belajar Laptop dengan jaringan internet. Hal ini membuat siswa malas untuk belajar. Trkadang banyak dari mereka hanya menghabiskan waktu di Internet, yang hanya membawa kesenangan, bukan untuk memperluas pengetahuan mereka, seperti Games, Facebook, Twitter dan lain-lain yang mempengaruhi minat belajar siswa.

Pelanggaran asusila sering kita lihat di televisi maupun di media cetak. Sangat banyak kasus pelanggaran asusila yang dilakukan oleh pelajar, bahkan korbannya adalah pelajar. Awalnya dengan kemajuan teknologi, baik di Facebook maupun lainnya.

Terjadinya perilaku menyimpang, misalnya Adanya siswa yang hanya menghabiskan waktu bermain Playstation, Facebook atau Chatting, sehingga waktu yang seharusnya untuk belajar menjadi terbuang percuma.

Kerahasiaan ujian pendidikan semakin terancam. Kemudahan akses dari satu daerah ke daerah lain dapat dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti Bocornya soal-soal ujian yang dapat mengganggu pemerintah dan masyarakat.

Baca juga:

Manfaat Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Disabilitas

Penyalahgunaan teknologi untuk melakukan tindakan kriminal. Misalnya seseorang dengan kemampuan menerobos sistem kantor atau perusahaan. Ia dapat melakukan perampokan dengan tidak harus merampok bank atau kantor sasaran secara langsung, tetapi cukup menggunakan kemajuan teknologi.

Upaya mengatasi dampak negatif teknologi dalam pendidikan di Indonesia antara lain dengan mempertimbangkan penggunaan teknologi dan komunikasi dalam pendidikan. Hal ini terutama bagi anak di bawah umur yang masih membutuhkan pengawasan ketika belajar dengan teknologi informasi.

Jangan menjadikan teknologi informasi dan komunikasi sebagai satu-satunya media dalam proses pembelajaran. Para pendidik, baik guru, dosen maupun orang tua, mengajar mata kuliah etika di bidang teknologi agar dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya tanpa meninggalkan etika.

Pemerintah sebagai pengendali sistem informasi harus lebih peka dan menyaring semua informasi yang dapat mahasiswa akses di dunia maya. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku. Hindari penggunaan ponsel dengan fitur canggih oleh anak di bawah umur dan awasi penggunaannya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan – semoga bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali