Langsung ke konten utama

Jangan Panik! Inilah Cara Memperbaiki Speaker Yang Terkena Air

BantulMedia.comCara Memperbaiki Speaker Yang Terkena Air – Ponsel yang mengeluarkan suara yang tidak dapat dipahami karena terkena air dapat menyebabkan sakit telinga. Namun, memperbaiki pengeras suara ponsel yang terkena air langsung di loket servis juga tidak bijaksana.

Jangan Panik! Inilah Cara Memperbaiki Speaker Yang Terkena Air

Cara Memperbaiki Speaker Yang Terkena Air

Sebaiknya lakukan self-test terlebih dahulu dan berikan pertolongan pertama sesegera mungkin jika itu terjadi. Beberapa pertolongan pertama yang dapat Anda berikan antara lain sebagai berikut:

Tutorial memperbaiki speaker hp yang terkena air

1. Bersihkan speaker

Opsi pertama ketika speaker rusak karena air adalah membersihkan sendiri speaker. Sebagai alat, Anda bisa menggunakan jarum kecil atau peniti dan kapas.

Alat ini berguna untuk menghilangkan sisa embun, sisa air dan debu yang menempel pada magnet speaker. Perlu Anda ketahui bahwa setiap ponsel memiliki lokasi speaker yang berbeda.

Jadi sebelum Anda mulai memperbaiki speaker ponsel yang terkena air, pastikan terlebih dahulu di mana letak speaker dengan membersihkan area speaker.

Untuk ponsel tanpa baterai internal, Anda dapat membuka casing ponsel terlebih dahulu dan membersihkan speaker dengan kapas. Anda dapat melakukan ini ketika lokasi di speaker berada di belakang ponsel.

Untuk ponsel dengan baterai internal, Anda dapat mencoba alternatif kapas dan jarum atau peniti. Caranya adalah lilitkan kapas di sekitar ujung peniti atau jarum dan padatkan sampai agak mengeras.

Kemudian masukkan alat tersebut ke dalam garis samping lubang speaker handphone untuk membersihkan dan mengeringkan bagian dalam speaker yang masih basah akibat intrusi air.

Selain mengeringkan, cara ini juga dapat membantu menghilangkan bunyi kresek atau samar yang keluar dari speaker ponsel Anda.

2. Memperbaiki Speaker Keringkan dengan media nasi

Cara mengatasi speaker Hp yang terkena air selanjutnya adalah dengan mengeringkan speaker dengan media beras. Cara ini sangat efektif dan untuk mengatasi speaker Hp terkena air.

Anda hanya perlu meletakkan ponsel di tempat penyimpanan beras dan menguburnya sedalam mungkin. Jika memungkinkan, lepaskan penutup belakang ponsel dan baterai.

Biarkan ponsel selama tiga hingga empat jam atau hingga ponsel terasa kering. Kemudian coba uji performa speaker dengan memutar musik atau media suara lainnya.

Baca juga:

Harga Xiaomi 12 Pro Berikut Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan

3. Keringkan dengan media kipas

Selain nasi, Anda juga bisa menggunakan bantuan kipas angin untuk memperbaiki speaker ponsel yang terkena air. Anda cukup mengarahkan speaker ponsel ke kipas yang menyala dan menunggu hingga benar-benar kering.

Anda juga dapat menggantung atau mengaitkan ponsel di tiang kipas. Jika perlu, Anda juga dapat melepas bagian belakang casing (untuk ponsel biasa dengan baterai) agar proses pengeringan lebih cepat.

Anda dapat membiarkannya selama 5-6 jam atau akan terasa kering dan coba nyalakan musik untuk menguji kualitas speaker ponsel Anda.

4. Keringkan dengan pengering rambut Media

Cara memperbaiki speaker ponsel yang terkena air. Selain dijemur dengan media nasi dan kipas angin, Anda juga bisa menggunakan pengering rambut.

Baca juga:

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Vivo

Tentu saja, menggunakan alat ini membuat ponsel lebih cepat kering, meskipun cukup merepotkan. Karena Anda tidak bisa begitu saja meninggalkan ponsel Anda di media nasi dan kipas.

Anda harus menyalakannya dengan pengering rambut dan mengarahkan angin panas ke speaker Hp. Namun, jangan lakukan terus menerus, melainkan istirahatlah selama 5-10 detik.

Misalnya, 10 detik untuk memanaskan dan 5 detik untuk mendinginkan. Juga, atur suhu pengering rambut ke arah terendah agar suhu ponsel tidak terlalu tinggi selama proses pengeringan.

5. Memperbaiki Speaker dengan Periksa pengaturan volume

Cara memperbaiki speaker ponsel yang terkena air selanjutnya adalah dengan memeriksa apakah pengaturan volume ponsel normal atau tidak. Caranya adalah dengan memutar lagu di ponsel Anda dan naikkan volume speaker setinggi mungkin.

Untuk pengaturan volume ini, Anda bisa masuk ke menu Settings (Pengaturan), pilih menu Sound and Vibration, lalu sesuaikan suara dan volume. Dengan mudah, Anda dapat mengakses bilah notifikasi HP.

Perhatikan kualitas suara ponsel Anda. Jika terdengar keras dan jelas, itu pertanda speaker Anda tidak bermasalah.

Cara ini diperlukan karena terkadang masalahnya bukan karena speaker terkena air, tetapi karena pengaturan volume yang tidak benar.

6. Gunakan kode tes speaker

Cara terakhir untuk memperbaiki speaker ponsel yang terkena air adalah dengan menggunakan kode cek speaker. Hanya saja kode pada masing-masing ponsel berbeda tergantung jenis dan merek ponsel.

Untuk mengetahui kode tes ini, Anda dapat mencarinya dengan mencari di Google dengan kata kunci seperti “kode rahasia vivo” atau “kode informasi perangkat keras vivo”.

Cara ini dinilai lebih akurat untuk mengetahui apakah speaker ponsel benar-benar rusak atau tidak.

7. Ganti komponen speaker

Jika semua cara sudah dicoba dan tidak berhasil, itu tandanya speaker ponsel Anda benar-benar rusak. Jadi yang tersisa hanyalah mengganti komponennya.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk mengganti speaker, Anda harus menyerahkan tugas ini kepada ahlinya. Anda bisa pergi ke loket servis terdekat, namun pastikan operator selulernya benar-benar terpercaya dan bisa bekerja secara profesional.

Jika ponsel masih dalam masa garansi, sebaiknya hubungi loket servis resmi yang sesuai dengan merek ponsel Anda. Biasanya Anda tidak akan dikenakan biaya apapun, hanya prosesnya yang memakan waktu 2-3 hari.

Ada beberapa cara untuk memperbaiki speaker ponsel yang terkena air. Anda dapat memilih satu atau lebih cara untuk menguji kinerja speaker sebelum membawanya ke meja layanan jika menurut Anda kerusakannya sangat serius dan tidak dapat diperbaiki.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Cara Memperbaiki Speaker Yang Terkena Air – yang bisa Anda ketahui. Silahkan coba tips droidpedia.id diatas dan baca juga artikel sebelumnya tentang cara membobol WiFi dengan hp android dan berbagai artikel tentang smartphone android.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali