Langsung ke konten utama

Sebuah Pengertian Nasionalisme Dan Tujuannya

BantulMedia.comPengertian Nasionalisme Dan Tujuannya – Pengertian nasionalisme adalah sikap politik masyarakat suatu bangsa yang memiliki budaya dan wilayah yang sama serta memiliki cita-cita dan tujuan yang sama. Jika melihat definisi nasionalisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nasionalisme adalah paham (ajaran) cinta bangsa dan negara.

Sebuah Pengertian Nasionalisme Dan Tujuannya

Pengertian Nasionalisme Dan Tujuannya

Sehingga setiap warga negara dapat merasakan loyalitas yang mendalam, terutama terhadap negara dan bangsanya sendiri. Kesetiaan ini dapat kita tunjukkan dengan sikap atau perilaku masyarakat di negara tersebut. Atau dengan kata lain, setiap warga negara harus memiliki dan menyampaikan rasa dan semangat nasionalisme pada bangsanya sendiri.

Ada berbagai sikap atau perilaku nasionalisme yang penting bagi setiap warga negara, misalnya menaati hukum yang berlaku di negara, melestarikan budaya dan mengambil tindakan nyata untuk membela negara. Selin itu, Nasionalisme juga berperan kuat dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan negara.

Paham nasionalisme menurut para ahli

Menurut para ahli, pengertian nasionalisme berbeda-beda. Berikut penjelasannya:

1. Hans Kohn

Nasionalisme adalah formalisasi (bentuk) dan rasionalisasi kesadaran nasional berbangsa dan bernegara itu sendiri.

2. Benedict Anderson

Nasionalisme adalah komunitas politik yang dibayangkan dan dibayangkan sebagai sesuatu yang terbatas dan berdaulat.

3.Otto Bauar

Nasionalisme adalah kesatuan watak atau perangai yang timbul karena perasaan senasib.

4. L Stoddard

Nasionalisme merupakan suatu kepercayaan yang dianut oleh sebagian besar orang dimana mereka menyatakan rasa kebangsaan sebagai rasa memiliki terhadap suatu bangsa.

5. Dr. Hertz

Nasionalisme adalah keinginan untuk bersatu, keinginan untuk merdeka, keinginan untuk keaslian, dan keinginan untuk tujuan bersama.

6. Smith

Nasionalisme adalah gerakan ideologis yang digunakan untuk mencapai dan mempertahankan otonomi, kohesi, dan individualitas.

7. Abbe Baurel

Nasionalisme adalah perasaan cinta terhadap daerah dan bahasa oleh seseorang atau sekelompok orang.

8.Hitler

Nasionalisme adalah sikap dan semangat rela berkorban untuk melawan bangsa lain demi bangsanya sendiri.

9. Ernest Renan

Nasionalisme adalah keinginan untuk bersatu dan bernegara. Nasionalisme dalam hal ini merupakan keinginan yang besar untuk dapat mewujudkan persatuan dalam bernegara.

Baca juga:

Makna Yang Terkandung Dalam Memperingati Hari Pendidikan Nasional

10. Ernest Gelenervia

Nasionalisme adalah keseimbangan antara perasaan nasional terhadap bangsa dan kekuatan politik.

Ciri-ciri Nasionalisme

Selain konsep nasionalisme, perlu juga memahami ciri-ciri nasionalisme. Di bawah ini adalah pernyataan lengkapnya.

  1. Adanya persatuan dan kesatuan suatu bangsa.
  2. Adanya organisasi yang berbentuk modern dan berwatak kebangsaan.
  3. Sebuah perjuangan sedang dilancarkan yang bersifat nasional.
  4. Bertujuan untuk mendirikan dan memerdekakan suatu negara dan meletakkan kekuasaan di tangan rakyat.
  5. Nasionalisme menyangkut pemikiran dan pendidikan memegang peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tujuan Nasionalisme

Dalam nasionalisme ada beberapa tujuan penting yang harus dicapai. Beberapa tujuan nasionalisme adalah:

  1. Menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan terhadap bangsa, negara, dan negara.
  2. Membangun hubungan yang serasi dan harmonis antara masyarakat dengan individu lainnya.
  3. Membangun dan mempererat ikatan persaudaraan antar warga suatu negara.
  4. Berupaya memberantas dan menghilangkan ekstremisme atau tuntutan warga atau masyarakat yang berlebihan terhadap pemerintah.
  5. Upaya menumbuhkan jiwa rela berkorban untuk bangsa, negara dan negara.
  6. Melindungi suatu negara, bangsa dan tanah air dari serangan musuh yang mengancam negara baik dari luar maupun dari dalam.

Ada berbagai bentuk nasionalisme yang dapat diterapkan di suatu negara. Macam-macam bentuk nasionalisme adalah:

1. Nasionalisme borjuis

Nasionalisme warga juga bisa disebut nasionalisme sipil. Selain itu, Nasionalisme kewarganegaraan adalah bentuk nasionalisme di mana negara mencapai kebenaran politik melalui partisipasi rakyatnya, kehendak rakyat, atau perwakilan politik.

2. Nasionalisme romantis/organik/identitas

Padahal dalam nasionalisme ini negara memiliki kebenaran politik secara organis, yaitu sebagai hasil dari suatu bangsa atau ras dalam semangat romantisme.

Baca juga:

Inilah 8 Standar Nasional Pendidikan

3. Nasionalisme budaya

Bentuk nasionalisme budaya adalah negara yang memiliki kebenaran politik dan berakar dari budaya yang sama tetapi bukan dari keturunan seperti ras, warna kulit dan lain-lain.

4. Nasionalisme etnis

Nasionalisme etis adalah semangat nasionalisme di mana negara memiliki kebenaran politik yang berasal dari budaya asal atau etnis suatu masyarakat.

5. Nasionalisme agama

Nasionalisme agama ketika negara dilegitimasi secara politik dengan adanya persamaan agama.

6. Nasionalisme negara

Sementara itu, tujuan nasionalisme negara adalah agar rakyat memiliki perasaan nasionalisme yang kuat dan mengutamakannya di atas hak dan kebebasan universal. Nasionalisme negara juga sering berkaitan dengan nasionalisme etnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali