Langsung ke konten utama

5 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan

BantulMedia.com5 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan – Saluran pencernaan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami masalah pencernaan seperti kembung, kram perut, sembelit, diare dan lain sebagainya. Penyakit pencernaan dapat memiliki berbagai penyebab. Salah satunya adalah kekurangan serat.

5 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan

5 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan

Tentu saja, berbagai penyakit saluran pencernaan dapat Anda cegah dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi cukup, seperti mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, berikut 7 makanan terbaik untuk melancarkan pencernaan, mengutip dari Healthline.

1. Makanan Yoghurt

Makanan terbaik untuk pertolongan pertama pencernaan adalah yogurt. Yogurt terbuat dari susu yang telah difermentasi oleh bakteri asam laktat.

Yoghurt mengandung bakteri baik yaitu probiotik. Probiotik ini adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan dan mampu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Baca juga:

Berbagai Jenis Yoghurt dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Probiotik juga dapat mengobati masalah pencernaan seperti gas, sembelit, dan diare. Selain itu, probiotik juga mampu memperbaiki pencernaan laktosa atau gula susu.

Namun, tidak semua yogurt mengandung bakteri probiotik yang baik. Saat membeli yoghurt, pastikan kemasannya mengandung probiotik agar yoghurt yang dikonsumsi bermanfaat bagi sistem pencernaan.

2. Kefir

Makanan terbaik kedua untuk meningkatkan pencernaan adalah kefir. Kefir adalah produk susu yang dibuat dengan menambahkan butiran kefir ke dalam susu.

Biji-bijian ini terbuat dari campuran ragi dan bakteri dengan susu sehingga memiliki manfaat yang baik untuk sistem pencernaan.

Kefir bertindak seperti probiotik dalam yogurt. Kefir dapat mengurangi beberapa efek samping negatif yang terkait dengan intoleransi laktosa, seperti kembung dan kram perut.

Dalam sejumlah penelitian, kefir dapat meningkatkan bakteri baik di usus dan memperbaiki sistem pencernaan sekaligus menghilangkan bakteri berbahaya.

Baca juga:

Kenali Manfaat Sorgum Yang Baik Untuk Tubuh

3. Biji chia

Biji chia adalah sumber serat yang sangat baik karena biji chia membentuk zat agar-agar di perut setelah dikonsumsi.

Kandungan dalam Biji chia dapat mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus dan berkontribusi pada pencernaan yang sehat. Kandungan serat dalam biji chia juga mampu melancarkan buang air besar.

4. Kombucha

Kombucha adalah teh yang difermentasi. Teh Kombucha bisa Anda coba dengan menambahkan strain bakteri, gula dan ragi ke teh hitam atau hijau.

Teh tersebut kemudian melalui proses fermentasi selama kurang lebih satu minggu. Selama proses fermentasi, kombucha menghasilkan banyak bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan.

5. Pepaya

Buah tropis ini mengandung enzim pencernaan yakni papain. Enzim ini mendukung proses pencernaan dengan memecah serat protein.

Selain itu, enzim papain dalam pepaya juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar, seperti sembelit dan kembung.

Papain digunakan sebagai enzim utama dalam suplemen pencernaan karena kapasitas gastrointestinalnya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – 5 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Pencernaan – Setelah mengetahui makanan tadi, semoga bisa menjadi referensi Anda untuk mengkonsumsi makanan sehat ya.

Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali