Langsung ke konten utama

BARONG TEMPLE: Senyum Barong Kalas Sambut Senja Di Jogja

BARONG TEMPLE: Senyum Barong Kalas Sambut Senja di Jogja

Di antara hamparan sawah yang menghijau dan perbukitan yang menjulang, berdiri kokoh sebuah candi yang unik dan memesona di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi tersebut bernama Barong Temple, sebuah mahakarya seni dan budaya yang menyimpan cerita dan keindahan yang tak terlupakan.

Asal-usul dan Sejarah Barong Temple

Barong Temple dibangun pada tahun 1990 oleh seniman dan pemahat terkenal, I Nyoman Nuarta. Candi ini terinspirasi dari cerita rakyat Bali tentang Barong, makhluk mitologi yang dianggap sebagai pelindung kebaikan dan keseimbangan alam. Barong Temple dirancang sebagai tempat ibadah dan meditasi, sekaligus menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Arsitektur dan Desain Barong Temple

Barong Temple memiliki arsitektur yang unik dan berbeda dari candi-candi lainnya di Indonesia. Candi ini berbentuk menyerupai kepala Barong, dengan mulut terbuka lebar dan taring-taring yang tajam. Bagian atas candi dihiasi dengan ukiran-ukiran indah yang menggambarkan berbagai kisah dan legenda dari Bali.

Di dalam candi, terdapat ruang meditasi yang luas dan tenang. Ruangan ini dilengkapi dengan patung Barong yang besar dan megah, serta altar untuk berdoa dan memanjatkan harapan. Dinding-dinding candi dipenuhi dengan lukisan-lukisan yang menceritakan tentang perjalanan Barong dan perannya dalam menjaga keseimbangan alam.

Keindahan Barong Temple di Sore Hari

Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Barong Temple adalah pada sore hari, menjelang matahari terbenam. Ketika senja tiba, cahaya matahari yang lembut menyelimuti candi dan sekitarnya, menciptakan suasana yang magis dan mempesona.

Dari kejauhan, Barong Temple tampak seperti tersenyum ramah, menyambut kedatangan para pengunjung. Senyum Barong Kalas, sebutan untuk kepala Barong yang menjadi bagian utama candi, seolah memancarkan aura positif dan kedamaian.

Duduk di pelataran candi sambil menikmati senja, pengunjung dapat merasakan ketenangan dan kedamaian yang luar biasa. Suara gemericik air dari kolam kecil di depan candi menambah suasana menjadi semakin syahdu dan menenangkan.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Barong Temple

Selain menikmati keindahan candi dan suasana senja, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di Barong Temple. Di sekitar candi, terdapat taman yang luas dengan berbagai jenis bunga dan tanaman hias. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

Bagi yang ingin bermeditasi atau berdoa, Barong Temple menyediakan ruang khusus yang tenang dan nyaman. Di dalam ruang meditasi, pengunjung dapat duduk bersila dan memanjatkan harapan-harapannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Barong Temple juga merupakan tempat yang tepat untuk belajar tentang budaya dan sejarah Bali. Di dalam candi, terdapat museum kecil yang memamerkan berbagai koleksi artefak dan benda-benda bersejarah dari Bali. Pengunjung dapat mempelajari tentang asal-usul Barong, mitologi Bali, dan berbagai tradisi serta upacara keagamaan yang ada di Bali.

Cara Menuju Barong Temple

Barong Temple terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini berada sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil dalam waktu sekitar 30 menit.

Untuk menuju Barong Temple, pengunjung dapat menggunakan rute berikut:

  • Dari pusat Kota Yogyakarta, ambil jalan menuju Prambanan.
  • Setelah sampai di Prambanan, belok kanan ke arah Piyungan.
  • Ikuti jalan tersebut hingga sampai di Desa Sambirejo.
  • Barong Temple terletak di sebelah kanan jalan, tepat di seberang Pasar Sambirejo.

Harga Tiket Masuk Barong Temple

Harga tiket masuk Barong Temple sangat terjangkau, yaitu Rp10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Jam Buka Barong Temple

Barong Temple buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Namun, untuk menghindari keramaian, sebaiknya pengunjung datang pada pagi hari atau sore hari.

Tips Mengunjungi Barong Temple

  • Gunakan pakaian yang sopan dan tertutup saat berkunjung ke Barong Temple.
  • Jangan berbicara keras atau membuat keributan di dalam candi.
  • Hormati adat dan tradisi setempat saat berada di Barong Temple.
  • Jangan mengambil foto atau video tanpa izin dari pengelola candi.
  • Buang sampah pada tempatnya agar kebersihan candi tetap terjaga.

Barong Temple: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Barong Temple merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang berkunjung ke Yogyakarta. Candi ini menawarkan keindahan arsitektur, suasana yang tenang dan damai, serta berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Barong Temple dan merasakan sendiri pesona keindahannya. Abadikan momen-momen berharga Anda di candi yang unik dan mempesona ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali