Langsung ke konten utama

Gudeg Mbah Lindu: Wisata Kuliner Autentik Di Kota Jogja

Gudeg Mbah Lindu: Wisata Kuliner Autentik di Kota Jogja

Jogja, kota yang terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam dan lezat. Salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jogja adalah Gudeg Mbah Lindu. Gudeg Mbah Lindu merupakan salah satu gudeg legendaris di Jogja yang sudah ada sejak tahun 1949.

Gudeg Mbah Lindu terletak di Jalan Kaliurang KM 4,5, Sleman, Yogyakarta. Warung gudeg ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Gudeg Mbah Lindu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Menu utama di Gudeg Mbah Lindu adalah gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering merupakan gudeg yang dimasak dengan sedikit kuah, sedangkan gudeg basah merupakan gudeg yang dimasak dengan kuah yang banyak. Kedua jenis gudeg ini sama-sama lezat dan memiliki cita rasa yang khas.

Selain gudeg, Gudeg Mbah Lindu juga menyediakan berbagai lauk pauk lainnya, seperti ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan krecek. Lauk pauk ini dapat dipesan secara terpisah atau sebagai pendamping gudeg.

Harga makanan di Gudeg Mbah Lindu sangat terjangkau. Seporsi gudeg kering atau basah dibanderol dengan harga Rp 20.000, sedangkan lauk pauk lainnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000.

Gudeg Mbah Lindu merupakan tempat yang tepat untuk menikmati kuliner khas Jogja yang autentik. Suasana warung yang sederhana dan pelayanan yang ramah membuat pengunjung merasa betah dan nyaman.

Sejarah Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu didirikan oleh Mbah Lindu pada tahun 1949. Mbah Lindu merupakan seorang wanita asli Jogja yang memiliki hobi memasak. Ia memulai usahanya dengan berjualan gudeg keliling menggunakan gerobak.

Seiring berjalannya waktu, usaha Mbah Lindu semakin berkembang. Ia membuka warung gudeg sederhana di rumahnya. Warung gudeg Mbah Lindu ini kemudian menjadi terkenal dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pada tahun 1995, Mbah Lindu meninggal dunia. Usaha gudegnya kemudian dilanjutkan oleh anak-anaknya. Hingga saat ini, Gudeg Mbah Lindu masih tetap eksis dan menjadi salah satu gudeg legendaris di Jogja.

Keunikan Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan gudeg lainnya. Pertama, gudeg Mbah Lindu dimasak menggunakan kayu bakar. Hal ini membuat gudeg memiliki aroma yang khas dan lebih sedap.

Kedua, gudeg Mbah Lindu menggunakan santan yang sedikit. Hal ini membuat gudeg tidak terasa terlalu berlemak dan lebih sehat.

Ketiga, gudeg Mbah Lindu menggunakan bumbu yang lengkap dan rahasia. Hal ini membuat gudeg memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Cara Membuat Gudeg Mbah Lindu

Bahan-bahan:

  • 1 kg nangka muda, potong-potong
  • 1 liter santan kental
  • 100 gr gula merah, sisir
  • 50 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 1 buah cabai rawit, iris
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan nangka muda, aduk rata.
  3. Tuang santan kental, gula merah, gula pasir, garam, merica bubuk, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, dan cabai rawit.
  4. Aduk rata, masak hingga nangka muda empuk dan kuah mengental.
  5. Angkat dan sajikan.

Tips Menikmati Gudeg Mbah Lindu

  • Gudeg Mbah Lindu paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat.
  • Tambahkan lauk pauk lainnya, seperti ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan krecek.
  • Jangan lupa untuk minum teh atau kopi hangat sebagai pendamping gudeg.
  • Gudeg Mbah Lindu juga dapat dinikmati sebagai oleh-oleh khas Jogja.

Lokasi Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu terletak di Jalan Kaliurang KM 4,5, Sleman, Yogyakarta. Warung gudeg ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Harga Makanan di Gudeg Mbah Lindu

Harga makanan di Gudeg Mbah Lindu sangat terjangkau. Seporsi gudeg kering atau basah dibanderol dengan harga Rp 20.000, sedangkan lauk pauk lainnya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000.

Kesimpulan

Gudeg Mbah Lindu merupakan salah satu gudeg legendaris di Jogja yang wajib dicoba. Gudeg Mbah Lindu memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Suasana warung yang sederhana dan pelayanan yang ramah membuat pengunjung merasa betah dan nyaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,