Langsung ke konten utama

Desa Wisata Manding: Pesona Alam Dan Budaya Di Bantul

Desa Wisata Manding: Pesona Alam dan Budaya di Bantul

Desa Wisata Manding terletak di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 30 menit.

Desa Wisata Manding menawarkan berbagai pesona alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Panorama Alam yang Indah: Desa Wisata Manding berada di kawasan perbukitan dengan pemandangan alam yang indah. Dari desa ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan Gunung Sumbing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sawah, sungai, dan hutan yang masih alami.
  • Budaya Jawa yang Kental: Desa Wisata Manding masih sangat kental dengan budaya Jawa. Hal ini dapat dilihat dari berbagai tradisi dan kesenian yang masih dilestarikan oleh masyarakat setempat. Beberapa tradisi dan kesenian tersebut antara lain adalah upacara adat, tari tradisional, dan musik tradisional.
  • Keramahan Masyarakat: Masyarakat Desa Wisata Manding dikenal dengan keramahannya. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini akan disambut dengan hangat oleh masyarakat setempat. Masyarakat Desa Wisata Manding juga sangat terbuka terhadap wisatawan dan selalu siap membantu wisatawan yang membutuhkan bantuan.

Objek Wisata di Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding memiliki beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

  • Bukit Paralayang: Bukit Paralayang merupakan salah satu objek wisata yang paling populer di Desa Wisata Manding. Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Selain itu, wisatawan juga dapat mencoba olahraga paralayang di bukit ini.
  • Air Terjun Kedung Kandang: Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun yang terletak di tengah hutan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun ini dari dekat atau dari atas tebing.
  • Hutan Pinus Mangunan: Hutan Pinus Mangunan merupakan hutan pinus yang terletak di perbukitan. Hutan ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Wisatawan dapat berjalan-jalan di hutan ini atau menikmati pemandangan alam dari gardu pandang yang telah disediakan.
  • Goa Pindul: Goa Pindul merupakan goa yang terletak di Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Goa ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Desa Wisata Manding dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 15 menit. Goa Pindul merupakan goa yang sangat indah dengan stalaktit dan stalagmit yang mempesona. Wisatawan dapat menyusuri goa ini dengan menggunakan ban dalam atau perahu karet.

Akses Menuju Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding dapat diakses dengan kendaraan bermotor. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk mencapai desa ini.

  • Kendaraan Pribadi: Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengikuti rute berikut ini:
    • Dari pusat Kota Yogyakarta, ambil jalan menuju Imogiri.
    • Setelah sampai di Imogiri, ambil jalan menuju Mangunan.
    • Setelah sampai di Mangunan, ambil jalan menuju Desa Wisata Manding.
  • Kendaraan Umum: Wisatawan yang menggunakan kendaraan umum dapat mengikuti rute berikut ini:
    • Dari pusat Kota Yogyakarta, naik bus jurusan Imogiri.
    • Setelah sampai di Imogiri, naik angkutan desa menuju Desa Wisata Manding.

Penginapan di Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding memiliki beberapa penginapan yang dapat dipilih oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Homestay: Wisatawan dapat menginap di homestay milik masyarakat setempat. Homestay ini biasanya menawarkan harga yang terjangkau dan fasilitas yang sederhana.
  • Villa: Wisatawan yang menginginkan penginapan yang lebih mewah dapat menginap di villa. Villa di Desa Wisata Manding biasanya menawarkan fasilitas yang lengkap dan pemandangan alam yang indah.
  • Hotel: Wisatawan yang menginginkan penginapan yang lebih modern dapat menginap di hotel. Hotel di Desa Wisata Manding biasanya menawarkan fasilitas yang lengkap dan pelayanan yang baik.

Kuliner di Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding memiliki beberapa kuliner khas yang wajib dicoba oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Gudeg: Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur, dan tempe.
  • Sate Klathak: Sate Klathak merupakan makanan khas Bantul yang terbuat dari daging kambing yang dibakar. Sate Klathak biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan kecap.
  • Bakpia Pathok: Bakpia Pathok merupakan makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari kacang hijau yang dibungkus dengan kulit pastry. Bakpia Pathok biasanya disajikan dengan teh atau kopi.

Oleh-oleh dari Desa Wisata Manding

Desa Wisata Manding memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat dibawa pulang oleh wisatawan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Gudeg Kaleng: Gudeg Kaleng merupakan gudeg yang dikemas dalam kaleng. Gudeg Kaleng dapat bertahan lama dan mudah dibawa pulang.
  • Sate Klathak Kemasan: Sate Klathak Kemasan merupakan sate klathak yang dikemas dalam kemasan vakum. Sate Klathak Kemasan dapat bertahan lama dan mudah dibawa pulang.
  • Bakpia Pathok: Bakpia Pathok merupakan bakpia yang dikemas dalam kemasan yang cantik. Bakpia Pathok dapat bertahan lama dan mudah dibawa pulang.

Tips Berkunjung ke Desa Wisata Manding

Berikut ini adalah beberapa tips bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Manding:

  • Pilih waktu yang tepat: Waktu terbaik untuk berkunjung ke Desa Wisata Manding adalah pada musim kemarau. Pada musim kemarau, cuaca cerah dan tidak hujan sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa.
  • Gunakan pakaian yang nyaman: Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat berkunjung ke Desa Wisata Manding. Hal ini karena wisatawan akan banyak berjalan kaki dan mendaki selama berada di desa ini.
  • Bawa perlengkapan yang diperlukan: Bawalah perlengkapan yang diperlukan selama berada di Desa Wisata Manding, seperti kamera, topi, kacamata hitam, dan tabir surya.
  • Patuhi peraturan yang berlaku: Patuhi peraturan yang berlaku di Desa Wisata Manding, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak lingkungan.
  • Hormati adat istiadat setempat: Hormati adat istiadat setempat saat berkunjung ke Desa Wisata Manding. Hal ini karena masyarakat Desa Wisata Manding masih sangat menjunjung tinggi adat istiadat setempat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa