LifeStyle

Bunda Harus Tahu, Inilah 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak

BantulMedia.comBunda Harus Tahu, Inilah 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak – Saat ini, kita mungkin belum menyadari manfaat besar bermain bagi anak. Cara anak bermain dan mengeksplorasi objek berkembang sesuai dengan aspek perkembangannya yang lebih matang.

Bunda Harus Tahu, Inilah 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak

Bunda Harus Tahu, Inilah 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak

Bermain membawa manfaat dalam segala aspek perkembangan anak, mulai dari perkembangan bahasa, sosio-emosional, kognitif, perkembangan fisik, kemampuan anak untuk mengatur diri sendiri dan perkembangan akademik. Bermain juga dapat membantu melatih fokus anak.

Berikut 5 jenis permainan yang bisa orang tua coba untuk melatih konsentrasi si kecil.

1. Permainan Cublak Cublak Suweng

Permainan ini dimainkan oleh beberapa anak. Satu anak berbaring tengkurap menghadap lantai, anak lain duduk di sekitar anak. Anak-anak lain memutar benda-benda kecil seperti batu, kerikil, kelereng, atau benda lainnya.

Baca juga:

Yuk Ajak Anak Berolahraga Bersama di Rumah, Pilihan Tepat Untuk Ibu

Benda tersebut diputar pada tangan pemain yang diletakkan di atas punggung pemain yang sedang berbaring sambil menyanyikan lagu “cublak cublak suweng”. Saat lagu berakhir, pemain menyembunyikan barang-barang kecil dari pemain yang rawan. Pemain di perut harus menebak di mana benda kecil itu berada.

Permainan ini mengembangkan aspek kepekaan sentuhan atau indera peraba anak Anda.

2. Permainan Tebak siapa yang berbicara

Permainan ini dimainkan oleh anak-anak dan anggota keluarga. Semakin banyak anggota keluarga yang terlibat, semakin besar tantangannya. Orang tua Lemo bisa mengajak kakek-nenek, paman, bibi, saudara perempuan, dll. Anak-anak diminta memejamkan mata. Seorang anggota keluarga diminta untuk berbicara. Anak harus menebak siapa yang berbicara.

Permainan ini melatih kemampuan anak untuk membedakan suara.

Baca juga:

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Anak | diMasa Pandemi

3. Dari mana asalnya?

Dalam permainan ini, anak duduk dengan mata tertutup. Orang tua bertepuk tangan anak ke atas/depan/belakang/kanan/kiri. Anak di minta untuk menunjukkan dari arah mana orang tua bertepuk tangan.

Permainan ini melatih kepekaan pendengaran si kecil.

4. Tebak sentuhannya

Permainan ini dimainkan oleh anak-anak dan anggota keluarga. Anak itu berbaring tengkurap dan menutup matanya. Seorang anggota keluarga menyentuh anak, kemudian anak diminta menebak siapa yang menyentuhnya.

Permainan ini mengajarkan untuk membedakan sentuhan atau untuk melatih kepekaan indera peraba.

5. Permainan Anak – Mencari mainan

Dalam permainan ini, orang tua menempatkan beberapa mainan dalam sebuah wadah atau keranjang. Kemudian bunda dapat mencampur berbagai jenis mainan, seperti: dinosaurus, mobil mainan, kereta api, sepeda motor, hewan, berbagai action figure, miniatur polisi dan sebagainya. Kemudian minta anak untuk menemukan mainan tertentu.

Permainan ini akan membantu melatih ketajaman visual anak Anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Bunda Harus Tahu, Inilah 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak –  Kira-kira permainan apa yang membuat bunda tertarik untuk mengajak si kecil bermain hari ini?