Langsung ke konten utama

Banyak Dihindari, Padahal Inilah Manfaat Nanas Untuk Tubuh

BantulMedia.com – Bumi memiliki banyak varian makanan yang baik untuk tubuh manusia dan selalu menyehatkan. Beberapa makanan tersebut adalah buah-buahan, yang menyimpan vitamin dan mineral untuk metabolisme tubuh yang tepat. Semakin banyak vitamin dan mineral yang dikandung varian buah, semakin sehat saat dikonsumsi. Salah satu jenis yang kaya akan vitamin dan mineral adalah nanas.

Banyak Dihindari, Padahal Inilah Manfaat Nanas Untuk Tubuh

Banyak Dihindari, Padahal Inilah Manfaat Nanas Untuk Tubuh

Nanas merupakan salah satu jenis buah dalam famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. Tanaman nanas memiliki kulit kasar yang keras dan daun runcing di atasnya.

Rasa nanas yang segar perpaduan manis dan sedikit asam. Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, yang membantu melawan kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University.

Vitamin C juga membantu dengan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Menurut Departemen Pertanian AS, nilai gizi nanas per 165 gram adalah:

Kalori: 74.

Lemak: 0 g.

Kolesterol: 0 mg.

Natrium: 2 mg.

Kalium: 206 mg.

Karbohidrat: 19,5 gram.

Gula: 13,7 gram.

Protein: 1 gram.

Vitamin C: 28mg.

Kalsium: 21mg.

Banyak orang enggan menikmati nanas karena dianggap tidak ramah perut, terutama jika dikonsumsi sebelum makan. Selain itu juga banyak orang mengatakan bahwa nanas menyebabkan sakit tenggorokan. Padahal ada banyak manfaat nanas yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Nanas Kaya Akan Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Hanya dengan memegang buahnya saja sudah bisa kita tebak bahwa nanas mengandung serat yang tinggi yang baik untuk pencernaan.

Hal ini senada dengan penelitian yang dari Mayo Clinic, yang menyebutkan nanas mengandung serat yang tubuh butuhkan untuk pencernaan. Selain itu, manfaat buah ini terlihat pada kandungan bromelain yang membantu memecah protein dan memperlancar pencernaan.

Kaya Akan Vitamin C Yang Memmperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk mendapatkan vitamin C alami bagi tubuh, Anda perlu segera mencari jeruk, mangga, atau lemon. Padahal, ada buah lain yang memiliki kandungan vitamin C yang hampir sama, yaitu nanas.

Bahkan, sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa kadar vitamin C mencapai 45%, yang cukup untuk memberikan penyerapan untuk sistem kekebalan tubuh yang lebih baik.

Nanas Dapat Mencegah dan Menyembuhkan Kanker

Jika Anda sangat takut dengan bahaya kanker, Anda perlu segera mencari makanan yang dapat mencegah kanker. Anda dapat menemukannya di buah berduri kecil ini.

Nanas mengandung senyawa bromelain yang bersifat anti inflamasi atau anti inflamasi dan mencegah terjadinya pembelahan sel yang tidak normal.

Baca juga:

Kandungan dan Manfaat Kunyit | Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, dr Mercola bahwa kandungan bromelain dapat membantu mengatasi dan melawan kanker, bahkan lebih kuat dari efek kemoterapi.

Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah yang Berujung Pada Stroke

Stroke dan penyakit jantung merupakan dua penyebab kematian terbesar di Indonesia. Salah satu penyebab dari kedua jenis penyakit ini adalah pembuluh darah yang menyempit seiring bertambahnya usia.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mengandalkan manfaat buah nanas yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Bromelain adalah zat yang membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan mencegahnya menyempit.

Nanas Membantu Dalam Penyembuhan Batu Ginjal

Manfaat nanas yang bisa Anda rasakan adalah penyembuhan batu ginjal. Batu ginjal bisa terjadi karena terlalu banyak air yang tertahan dan tidak cukup air yang diminum.

Nanas mengandung bromelain yang membantu mengikis batu ginjal secara teratur dan bertahap sehingga penderita batu ginjal dapat merasakan kelegaannya.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang manfaat nanas bagi kesehatan yang telah terbukti dengan berbagai penelitian, serta efek samping yang patut mendapat perhatian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,