Langsung ke konten utama

Kartu ATM BCA GPN dan MasterCard Terdapat Perbedaan

BantulMedia.com – Mungkin banyak yang belum tahu kartu ATM BCA GPN dan MasterCard terdapat perbedaan. Seperti  teman yang kemarin menukar kartu ATM BCAX presi dari Mastercard ke GPN. Bahkan, Saya secara sadar tidak memilih jenis kartu debit BCA lainnya, karena Saya tidak bisa membedakannya.

Kartu ATM BCA GPN dan MasterCard Terdapat Perbedaan

Saya meyakini yang terpenting, kartu ATM BCA Xpresi berlogo Mastercard atau GPN. Itu sama. Hingga akhirnya Saya menyadari perbedaan antara BCAX presi GPN dan Mastercard, yaitu terdapat fungsi transaksi online.

Kartu debit BCA  GPN tidak dapat didebet secara online dengan Xpresi, Tahapan BCA Gold, Silver atau Platinum. Oleh karena itu, transaksi online menggunakan kartu debit BCA tidak dapat dilakukan. Dapat digunakan untuk membayar belanja online, termasuk pembelian voucher dari Google Play Store, berbeda dengan Debit Langsung Mastercard BCA  yang dapat digunakan untuk debit langsung online.

Kartu ATM BCA GPN dan MasterCard Terdapat Perbedaan Simak Disini

Dari sisi nasabah, perbedaan antara kedua kartu ATM Mastercard dan GPN ini sebenarnya tidak terlalu jauh. mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tidak ada perubahan limit transaksi pada kedua kartu ATM tersebut.

Baca Juga : 

Cara Withdraw Saldo DANA di ATM Bank BCA

Batasan tarik tunai, transfer antar BCA, dan transfer ke bank lain adalah sama tergantung jenis kartu (biru, emas, platinum, Xpresi).

Inilah yang membedakan keduanya:

  1. Kartu debit GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi domestik dan tidak dapat digunakan di luar negeri.
  2. Kartu debit BCA GPN tidak dapat digunakan untuk transaksi online karena kartu debit online BCA hanya berlaku untuk kartu debit BCA Mastercard.
  3. Biaya pengelolaan kartu ATM GPN lebih murah 1.000 rupiah dibandingkan Mastercard. Contoh paspor bulanan BCAGPN Biru 14.000 dan paspor BCA Blue Mastercard 15.000.

Oleh karena itu, jika sebelumnya Anda menggunakan kartu debit BCA Mastercard kemudian beralih ke kartu debit GPN, Anda tidak dapat melakukan debit online. Artinya, Anda tidak dapat menggunakan kartu Anda untuk belanja online di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Namun, mesin EDC memungkinkan Anda untuk membeli dari pengecer offline seperti biasa.

Berikut adalah contoh perbedaan fungsi debit online BCA Mobile GPN dan kartu debit Mastercard. Seperti terlihat pada gambar di atas (kiri), kartu Xpresi GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi domestik di mesin EDC dan ATM. BCA Xpresi Mastercard (kanan) kini dapat digunakan untuk tarik tunai langsung domestik, internasional dan  online.

Sesi Tanya Jawab

Apa kekurangan kartu debit GPN?

Tidak dapat digunakan untuk debit langsung online dan transaksi internasional. Berlaku hanya  di Indonesia.

Lebih baik pilih GPN atau Mastercard?

Jika Anda belum pernah menggunakan kartu ATM untuk belanja online, GPN mungkin tidak  menjadi masalah untuk kebutuhan Anda. Namun, jika Anda sering menggunakan kartu debit untuk pembayaran online seperti kartu kredit, tentu Anda perlu menggunakan MasterCard.

Apakah saya bisa convert BCA Xpresi Mastercard ke GPN?

Ya, Anda harus datang ke  cabang berikutnya dengan membawa KTP (eKTP) dan kartu bank lama Anda. Kemudian mengantri ke CS, tetapi jika  cabang  sudah memiliki mesin virtual CS untuk mengganti kartu ATM, mesin dapat segera mengganti kartu ATM.

Apakah saya bisa menggunakan kartu  BCA Xpresi GPN untuk berbelanja di supermarket?

Ya, bisa digunakan untuk pembayaran di supermarket, Indomaret, Alfamart, atau retailer offline lainnya seperti kartu BCA Mastercard.

Kesimpulan

Apakah Anda menggunakan GPN atau Mastercard sangat tergantung pada kebutuhan Anda sendiri. GPN tidak menjadi masalah jika kartu ATM hanya digunakan untuk transfer uang, tarik tunai, atau pembelian dari merchant. Namun, jika Anda sering menggunakan kartu debit BCA untuk belanja online, sebaiknya pilih kartu debit Mastercard.

Seperti yang Anda ketahui, salah satu perbedaan antara kartu BCAGPN dan kartu ATM  Mastercard adalah fitur debit online. Maka dari itu, tidak perlu ragu bila mendapatkan kartu debit GPN yang tidak bisa ditransaksikan secara online sebab hanya digunakan bisa transaksi domestik.

Baca Juga :

Cara transfer BSI ke BCA dan management fee

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa