Langsung ke konten utama

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

BantulMedia.comBentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN – ASEAN merupakan organisasi yang bergerak di bidang politik dan ekonomi. Sejauh ini, anggota ASEAN terdiri dari 10 negara Asia Tenggara.

Dirangkum dalam buku Sekilas ASEAN (2008), salah satu masalah utama ASEAN terletak pada pendidikan.

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN

Pendidikan merupakan unsur penting bagi perkembangan seseorang. Pendidikan juga merupakan salah satu faktor yang membentuk karakteristik seseorang.

Peningkatan kualitas pendidikan sangat dibutuhkan untuk melayani komunitas bisnis ASEAN yang terus berkembang. Hal ini menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan.

Indonesia juga sedang mempersiapkan lembaga pendidikan dengan mereformasi sistem pendidikannya.

Peningkatan mutu pendidikan terjadi melalui inklusi pendidik yang kompeten dan profesional, kesejahteraan pendidik, dan standarisasi pendidikan.

Bentuk kerjasama pendidikan

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, beberapa kerja sama ASEAN di bidang pendidikan, antara lain:

  1. Menawarkan beasiswa pendidikan, seperti Indonesia menawarkan pendidikan kedokteran, bahasa dan seni untuk siswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
  2. ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai wadah berkumpulnya para guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Dengan ACT, para pendidik berdiskusi dan berbagi ide untuk mengembangkan keterampilan guru dan lingkungan belajar global.
  3. Menyelenggarakan Olimpiade Pendidikan Regional Asia Tenggara untuk negara-negara anggota ASEAN.
  4. ASEAN-Japan Scholarship Fund, merupakan fasilitas beasiswa bagi negara-negara anggota ASEAN untuk belajar di berbagai universitas ASEAN dan Jepang.
  5. Adanya program ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day yang memberikan negara-negara anggota ASEAN beasiswa untuk pendidikan di Eropa, khususnya pendidikan tinggi. Beasiswa ini tidak hanya untuk pelajar tetapi juga untuk pendidik dari ASEAN.

Baca Juga : Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan, Simak

Kesimpulan

Demikian Ulasan mengenai Bentuk Pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN -semoga artikel ini bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,