Langsung ke konten utama

Cara Melihat Arsip Instagram | Video dan Foto Yang Diarsipkan Instagram

BantulMedia.com Cara Melihat Arsip Instagram – Kini Instagram telah menjadi salah satu platform jejaring sosial dengan jumlah pengguna yang sangat besar dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Bahkan bisa dikatakan bahwa keberadaan platform yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan foto terbaik mereka kepada teman dan orang lain dapat melampaui popularitas Twitter yang terkenal terlebih dahulu.

Salah satu alasannya tentu perbedaan fungsi yang selalu hadir di aplikasi Instagram. Seperti yang kita ketahui, para pengembang platform ini cukup ramai membawa hal-hal baru ke dalamnya.

Pada aplikasi Instagram yang kini dapat dinikmati oleh pengguna ponsel Android dan iOS salah satunya adalah fitur dengan fungsi untuk pengarsipan foto dan video yang disebut dengan Archive.

Cara Melihat Arsip Instagram

Cara Melihat Arsip Instagram

Dengan hadirnya fitur ini, layanan Instagram memungkinkan pengguna untuk menyimpan foto atau video secara private sehingga tidak dapat dilihat lagi oleh orang lain di profil atau beranda mereka.

Apakah pengguna masih dapat melihat foto atau video yang diarsipkan di Instagram? Jawaban singkatnya tentu saja bisa. Agar Anda bisa melakukannya, mari kita bahas di artikel ini.

Kenali fungsi arsip di Instagram

Fitur arsip Instagram sebenarnya bukan hal baru. Sepengetahuan saya, dukungan menarik ini telah tersedia untuk semua pengguna sejak Juni 2017 setelah periode pengujian selama sebulan dengan sejumlah orang.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakannya, fitur ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin menyembunyikan berbagai konten yang diunggah tanpa menghapusnya dari layanan Instagram.

Alih-alih membuang foto atau video ke tempat sampah, fitur ini menempatkannya di arsip pribadi untuk dinikmati hanya oleh pengguna Instagram.

Selain postingan, foto atau video dalam cerita menarik juga dapat ditambahkan ke dalam arsip sehingga pengguna dapat menyimpannya lebih lama.

Dengan menyimpan foto atau video dalam arsip, Anda tidak akan kehilangan banyak konten terkait seperti jumlah suka dan komentar. Pasalnya, Instagram juga akan mengarsipkan berbagai hal.

Karena tidak dihapus, pengguna dapat kembali melihat foto dan video serta interaksi yang diarsipkan di Instagram. Namun sayangnya sebagian orang terkadang lupa cara melakukannya.

Bagi Anda yang lupa atau bahkan tidak tahu cara melihat foto dan video yang diarsipkan di layanan Instagram, Anda dapat melihat tutorialnya sebagai berikut.

Cara melihat foto dan video yang diarsipkan di Instagram.

  • Jalankan aplikasi Instagram. Jika perlu, masuk ke akun Anda. Buka tab “Profil” dengan mengetuk foto avatar yang Anda gunakan
  • Setelah masuk ke halaman profil, tap Menu (ikon hamburger) di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih opsi Arsip
  • Anda juga dapat mengetuk menu di atas untuk membuka halaman arsip cerita, posting, atau siaran langsung

Bisa dibilang cara ini cukup mudah untuk melihat foto, video dan cerita yang sudah diarsipkan sebelumnya. Dengan cara ini, Anda juga berkesempatan untuk membaca komentar yang terdapat di dalamnya.

Menariknya lagi, fitur di Instagram juga memungkinkan pengguna untuk mengembalikan konten dan interaksi sehingga dapat muncul di profil mereka dan dilihat oleh pengikut atau orang lain.

Cara mengembalikan foto dan video yang diarsipkan untuk posting

  • Buka aplikasi Instagram dan buka bagian profil.
  • Ketuk Menu di bagian atas, lalu pilih Arsip.
  • Ubah menu di atas menjadi Arsip Pos
  • Cari dan pilih konten yang ingin Anda pulihkan.
  • Setelah Anda menemukannya, klik menu Lainnya (ikon tiga titik) di kanan atas konten.
  • Kemudian klik Lihat di profil

Dengan cara ini, foto dan video akan kembali ke halaman profil dalam urutan sebelumnya.

Jika Anda tidak melihatnya, Anda dapat menyegarkan halaman dengan menyeret layar ke bawah hingga Anda melihat ikon memuat.

Sayangnya, tidak seperti postingan, konten cerita tidak mendukung opsi untuk mengembalikannya Karena dirancang untuk disiarkan satu kali.

Hanya saja kamu bisa memberikannya kembali sebagai highlight atau highlight di Instagram.

Baca Juga : Cari Tahu Disini, Cara Cek Stalking Instagram

Cara Melihat cerita atau Story Instagram yang diarsipkan

  1. Buka halaman arsip dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  2. Ketuk menu di bagian atas dan buka opsi Arsip Cerita
  3. Temukan dan buka cerita yang ingin Anda soroti.
  4. Klik tombol Sorot
  5. Buat judul sorotan atau pilih dari opsi yang tersedia jika Anda sudah memilikinya
  6. Jika perlu, klik tombol Tambah lalu klik Selesai

Selain berbagi sebagai sorotan, pengguna juga dapat menampilkan cerita yang diarsipkan sebagai pos biasa di halaman profil.

Dari konten arsip cerita yang ingin Anda bagikan ulang, ketuk tombol Lainnya di sudut kanan bawah.

Setelah itu, pilih opsi Bagikan sebagai Postingan, lalu ikuti petunjuk di layar.

Demikian pula, pengguna dapat membagikan ulang siaran langsung yang telah selesai.

Cara Membagikan Ulang Siaran Langsung

Untuk siaran langsung, kunjungi halaman Arsip di aplikasi Instagram.

  • Buka opsi Arsip Langsung di menu atas dengan mengetuknya
  • Temukan dan pilih konten langsung yang ingin Anda bagikan lagi.
  • Kemudian klik opsi “Bagikan” di bagian bawah layar dan ikuti petunjuknya

Pengguna tentu tidak akan menemukan konten apa pun dalam arsip yang belum pernah mereka arsipkan.

Baik story maupun konten langsung dapat dijalankan secara otomatis, namun konten dari postingan Instagram mengharuskan Anda melakukannya secara manual.

Baca Juga : Begini Cara Membuat Tulisan Miring di Instagram

Cara mengarsipkan foto dan video di Instagram Posting ke Instagram

  • Buka aplikasi Instagram dan temukan konten yang ingin Anda arsipkan dari halaman beranda atau halaman profil.
  • Buka konten, lalu klik menu Lainnya (ikon tiga titik) di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih opsi Arsip
  • Foto atau video yang dipilih akan langsung hilang dari halaman beranda atau profil.

Anda dapat melihatnya lebih lanjut dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan sebelumnya.

Sedangkan untuk Stories dan siaran langsung, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur pengarsipan keduanya.

Dengan cara ini konten diarsipkan segera setelah selesai.

Cerita  Siaran Langsung di Instagram

  • Jalankan Instagram dan akses profil Anda dengan mengetuk avatar yang Anda gunakan.
  • Klik Menu di bagian atas.
  • Kemudian pilih Pengaturan
  • Buka menu Pengaturan privasi
  • Buka Cerita dan cari bagian Simpan
  • Pastikan tombol opsi Simpan Cerita ke Arsip dan Simpan Langsung ke Arsip diaktifkan

Jika Anda mengaktifkan opsi simpan ini, acara dan cerita akan secara otomatis disimpan ke bagian arsip saat durasinya berakhir, sehingga Anda tidak kehilangan konten penting.

Baca juga : Cara Mengembalikan DM Instagram Yang Terhapus – Sebuah Tips

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang Cara Melihat Arsip Instagram – Melihat foto dan video yang diarsipkan sangat mudah. Semoga Bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,