Langsung ke konten utama

Inilah Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

BantulMedia.comInilah Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan – Berita telah menjadi bagian dari diet kita sehari-hari. Selain itu, di era digital ini, kita dapat dengan mudah mengakses semua jenis berita melalui smartphone kita. Kita akan menjadi orang-orang yang tertinggal jika kita tidak up to date dengan berita hari ini.

Seperti yang telah kita bahas pada pembahasan sebelumnya, teks pesan adalah teks yang berisi informasi tentang fakta yang sebenarnya, yang harus di tulis dengan memperhatikan struktur dan kaidah bahasa.

Inilah Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Inilah Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa contoh teks pesan singkat yang berkaitan dengan pendidikan.

Contoh teks pesan singkat tentang pendidikan

62 juta anak perempuan tidak bersekolah

Kita semua tahu bahwa pendidikan penting untuk membuat hidup lebih baik. Namun faktanya tidak semua orang bisa mengenyam pendidikan. Faktanya, sekitar 62 juta anak perempuan di seluruh dunia tidak bersekolah.

Untuk membuat anak perempuan bersekolah, Michelle Obama telah meluncurkan kampanye internasional. Ia menulis dalam artikel di Wall Street Journal (10/6/2015) bahwa sungguh tragis ketika ada 62 juta anak perempuan di dunia yang tidak sekolah karena membuang potensi manusia.

Ini terus menjadi tantangan serius ke depan, mulai dari kesehatan masyarakat, hambatan ekonomi nasional dan kesejahteraan global hingga ancaman global di seluruh dunia.

Baca juga:

Apa saja peran indonesia dalam bidang pendidikan di ASEAN

Michelle mengungkapkan dalam artikelnya bahwa pendidikan dapat membantu mengurangi jumlah anak perempuan yang menikah dini. Hal ini mengurangi angka kematian ibu. Selain itu, anak perempuan yang mengenyam pendidikan dapat meningkatkan perekonomian suatu negara.

“Pendidikan bisa menjadi alat bagi perempuan untuk melawan ekstremisme dan kekerasan,” tulis Michelle.

1.302 anak di Sampang putus sekolah

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Sampang, hingga tahun 2015, sebanyak 1.302 anak putus sekolah di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Seperti kabar dari Antara, Kamis (12/10/2015), Arief Budiansor, Kepala Bagian Kurikulum Dinas Pendidikan Sampang menjelaskan, jumlah anak putus sekolah di Kabupaten Sampang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat SD hingga SMA dan sederajat. .

Menurut Arief, sebagian besar anak putus sekolah berasal dari jenjang SD/Madrasah Ibtidaiyah. Terdapat bahwa 657 siswa putus sekolah pada tingkat ini.

Saat ini ada hingga 500 siswa di tingkat SMP/MTs yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya. Sisanya, sebanyak 145 siswa, berada di jenjang SMA/SMK dan MA.
“Sebagian besar penyebab anak putus sekolah bukan karena mahalnya biaya pendidikan, melainkan pernikahan dini,” jelas Arief.

Baca juga:

Bentuk Kerjasama Negara-Negara Anggota ASEAN Dalam Bidang Pendidikan, Simak

Selain itu, ada juga siswa yang memilih merantau mengikuti orang tuanya di luar Madura seperti Kalimantan, Jakarta atau Surabaya. Bahkan ada yang pindah bersama orang tuanya untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI.

Lulusan awal sekolah cenderung berasal dari daerah pedesaan dan lembaga pendidikan yang dijalankan oleh yayasan atau pesantren.

“Hampir tidak ada anak putus sekolah di perkotaan. Bahkan jika, karena alasan ekonomi. Tapi itu dulu, sekarang ada dana BOS,” kata Budiansor.

Disdik Sampang berupaya mendirikan sekolah kesatuan baru di setiap kecamatan untuk menekan angka putus sekolah. Selain itu, pemerintah kabupaten telah mengaktifkan program pendidikan pelacakan paket.

Disdik terus menanamkan pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya menyelesaikan pendidikan untuk menjadi bekal kehidupan setelah masyarakat.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2013, rata-rata angka putus sekolah nasional anak usia 7-12 tahun mencapai 0,67 persen atau 182.773 anak, dan usia 13-15 tahun mencapai 2,21 persen atau 209.976 anak usia 16 sampai 18 tahun. mencapai 3,14 persen atau 223.676 anak.

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah anak putus sekolah usia dini terbanyak dengan jumlah 35.546 anak. Dan Kabupaten Sampang merupakan kabupaten/kota dengan angka putus sekolah tertinggi.

Contoh Teks berita tentang pendidikan berikutnya adalah:

Microsoft mempromosikan penggunaan teknologi untuk pendidik di Indonesia

Tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi belakangan ini telah menyentuh banyak bidang, termasuk bidang pendidikan. Saat ini, sistem pendidikan telah menjadi sistem pendidikan berbasis teknologi.

Hal ini sesuai dengan perkembangan generasi muda yang sudah akrab dan berpengalaman dengan teknologi.

Generasi digital native jelas menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik.

Itulah sebabnya Microsoft berkomitmen untuk membantu guru menggunakan teknologi dengan program Microsoft Innovative Expert Educators (MIEE).

Melalui program ini, Microsoft mengajak para pendidik untuk berbagi ilmu dan menyediakan forum pertemuan dengan para guru di seluruh dunia.

Dalam konferensi pers untuk guru inovatif, Guru Inspirasi Microsoft di Jakarta, Senin (5/2/2016), Beni Kusuma, Kepala Pendidikan Microsoft Indonesia, menyatakan bahwa pendidikan adalah salah satu prioritas Microsoft di Indonesia.

Oleh karena itu, tujuan dari program ini adalah bagaimana guru dapat berkolaborasi dan berinovasi dengan teknologi.

Tak hanya itu, Sonja juga menyampaikan bahwa program ini dapat menjadi sarana bagi guru untuk menemukan perangkat yang tepat untuk menunjang pembelajaran. Hal ini penting bagi guru untuk mendapatkan hasil maksimal dari alat yang digunakan.

Sonja mengakhiri presentasinya dengan menyarankan guru menggunakan alat yang tepat untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik.

Akankah UN diulang karena masalah kebocoran?

Bocornya soal ujian nasional tingkat menengah pertama yang akan berlangsung Rabu 22 Mei 20115 menjadi berita besar dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun ini.

Anies Baswedan, Menteri Pendidikan, menyatakan pelaku pembocoran soal ujian akan ditindak sesuai ketentuan dan pasal yang berlaku.

Hasil verifikasi berganda yang dilakukan oleh Puslitbang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau PUSPENDIK menemukan sekitar 30 lembar soal ilegal dari 11.735 lembar soal yang diunggah ke internet.

Setelah menerima notifikasi tersebut, Mendiknas langsung melakukan berbagai konsultasi dengan Menkominfo dan juga informasi mengenai pemblokiran link di Google dengan konten ilegal ini.

Google juga terlibat dalam kolaborasi yang dilakukan untuk memaksimalkan pemblokiran semua konten soal ujian yang ilegal.

Orang-orang yang terlibat dalam pembocoran soal-soal ujian nasional itu kemungkinan kuat dari percetakan-percetakan negara yang mendapat kontrak langsung untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional.

Upaya pencarian internal juga dilakukan dari percetakan untuk mengungkap dalang di balik kebocoran soal ujian nasional.

Terjadinya kebocoran soal ujian nasional akan menjadi pertimbangan Mendiknas untuk mengikuti ujian ulang atau tidak.

Kemungkinan besar, ujian tidak akan remidi karena mahalnya biaya pembuatan soal ujian nasional.

Beasiswa BUMN Peduli Pendidikan

Hibah BUMN tersebut diberikan oleh Direktur Keuangan PT. Angkasa Pura III, Dr. Laurensius Manurung, kepada 27 mahasiswa Universitas Gadjah Mada.

Beasiswa BUMN bidang pendidikan tersebut diserahkan dihadapan Direktur Studi UGM Dr. Haryanto, M.Si., di Ruang Pengarahan I Mabes UGM.

dr Haryanto, M.Si., Direktur Kemahasiswaan UGM, menyampaikan terima kasih kepada BUMN peduli yang telah memberikan dana beasiswa kepada mahasiswa UGM pada Sabtu (12/3).

Bantuan ini maksudnya untuk meningkatkan prestasi siswa. Selain menerima hibah dari BUMN Peduli Pendidikan, UGM juga telah mengelola sekitar 60 hibah dari 50 sumber hibah.

Total beasiswa yang UGM keloka adalah Rp. 30 miliar diberikan kepada sembilan ribu siswa setiap tahun. Dalam kesempatan ini, Haryanto juga berpesan kepada para penerima hibah untuk terus meningkatkan kinerjanya.

“Saya berharap para penerima beasiswa bisa berprestasi lebih, karena pendidikan adalah investasi masa depan,” ujarnya.

Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan ujian mereka sendiri

Jakarta — Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal mengatakan perguruan tinggi tidak mendapat izin menggunakan program Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB). Penerimaan siswa dapat melalui pencarian bakat, minat, ujian terbatas di universitas, atau memperoleh permulaan sekolah.

Hasil ujian nasional dapat menjadi tolak ukur saat menerima mahasiswa melalui jalur universitas. Fasli mengatakan kepada Tempo di sini, sebaiknya tidak mengecek ulang pelajaran yang lulus saat ujian nasional.

“Meskipun menyelenggarakan ujian sendiri itu legal, universitas dan pemerintah harus menjamin bahwa siswa miskin yang pintar dan lulus ujian dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Nantinya, beasiswa menjadi tanggung jawab universitas dan pemerintah,” ujarnya.

Profesor Sugeng Mardiono, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, mengumumkan bahwa universitas yang ia pimpin saat ini sedang mengevaluasi rencana untuk keluar dari komunitas SPMB. Rencana tersebut di bahas oleh banyak pimpinan universitas.

Sementara itu, Rektor Institut Pertanian Bogor Herry Suhardiyanto menyatakan belum ada rencana untuk meninggalkan komunitas SPMB karena IPB saat ini baru menggunakan 30 persen dari total kapasitas.

Tidak kurang dari 60 persen mahasiswa lolos melalui jalur undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) dan melalui program beasiswa Masuk Perwakilan Daerah.

“Secara umum kualitas mahasiswa yang direkrut melalui USMI lebih baik. Prestasi mereka selalu konsisten dan terus meningkat karena penilaian dari prestasinya selama sekolah,” ujarnya.

Kesimpulan

Demikian tadi – Contoh Teks Berita Tentang Pendidikan – beberapa contoh teks pesan pendidikan pendek yang dapat Anda gunakan untuk lebih memahami penulisan teks pesan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali