Langsung ke konten utama

Inilah Negara Yang Memiliki Bentuk Compact

BantulMedia.com Negara Yang Memiliki Bentuk Compact – Pernahkah Anda berpikir mengapa setiap negara memiliki bentuk yang berbeda dan unik? Ada yang berbentuk lonjong, ada yang berbentuk segitiga, dan ada pula yang bentuknya unik.

Inilah Negara Yang Memiliki Bentuk Compact

Negara Yang Memiliki Bentuk Compact

Sekitar 300 juta tahun yang lalu, permukaan bumi hanyalah satu daratan besar. Tapi 100 juta tahun kemudian, daratan yang disebut Pangea terpecah menjadi benua dan pulau yang kita kenal sekarang.

Setelah alam membentuk tanah, giliran manusia untuk mengukir wilayahnya.

Negara dan batas geografisnya merupakan hasil kesepakatan masyarakat. Ada orang yang memisahkan, ada pula yang menyatu.

Mengutip dari AP Human Geography Crash Course (2013), berikut ini adalah bentuk geografis negara berdasarkan morfologi dan contoh negaranya:

Compact States

Suatu negara dikatakan kompak jika jarak antara pusat atau pusat sama dengan tepinya. Sederhananya, negara itu berbentuk lingkaran atau persegi.

Baca juga:

Hal Yang Membedakan Kedudukan Warga Negara Asli Dan Asing

Contoh negara kompak adalah Swiss dan Hongaria. Sedangkan di Asia Tenggara atau ASEAN, misalnya Kamboja. Keuntungan dari negara yang kompak adalah mudah dikelola dan tidak ada daerah yang terlalu jauh dari pusat.

Elongated States

Tanah memanjang memiliki bentuk yang panjang dan ramping. Contohnya adalah Vietnam dan Chili.

Sama seperti negara-negara yang terfragmentasi, negara-negara bentuk panjang juga memiliki masalah jarak, terutama dalam hal transportasi.

Juga, masalah dapat muncul ketika pusat negara atau ibu kota di salah satu ujung negara kehilangan pengaruh.

Prorupt atau Protuded States

Keadaan prorupt atau menonjol adalah keadaan di mana salah satu bagiannya tampak menonjol dari pusat atau terputus. Gambarnya mirip dengan tubuh dan lengan.

Baca juga:

Negara Muslim Yang Pernah Dijajah Oleh Perancis, Apa Saja?

Contoh di ASEAN adalah Thailand dan Myanmar.

Masalah yang bisa dihadapi oleh negara yang menonjol adalah bahwa bagian itu, seperti lengan yang terpisah, berpotensi untuk dipecah atau dijajah oleh negara lain.

Fragmented States

Negara pecah, negara terpecah. Contoh sempurna dari bentuk ini adalah Indonesia, negara dengan pulau terbanyak, sekitar 16.000.

Contoh lain yang tidak terlalu ekstrim adalah Malaysia, di mana separuh negara itu dianeksasi ke pulau Kalimantan dan separuh lainnya ke daratan Asia. Selain Indonesia dan Malaysia, Filipina juga merupakan negara ASEAN dengan bentuk yang terfragmentasi.

Negara-negara dengan morfologi yang terfragmentasi lebih sulit untuk diatur dan disatukan. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi pemisahan wilayah individu, seperti yang terjadi antara Indonesia dan Timor-Leste.

Perforated States

Kondisinya berlubang seperti lubang di tengahnya. Negara ini mengelilingi sebuah negara kecil. Misalnya Afrika Selatan, yang di tengahnya terletak Lesotho.

Contoh lain adalah Italia, yang di tengahnya adalah Negara Vatikan dan juga San Marino.

Hubungan antara negara sekitar dan negara yang dikelilingi bisa sangat keras dan tegang.

Ini biasanya terjadi ketika negara di sekitarnya tidak menerima negara lain di tengah wilayahnya.

terkurung daratan

Negara yang terkurung daratan adalah negara yang terhimpit oleh negara lain sehingga tidak memiliki akses ke laut.

Negara-negara ini harus meminta izin dari tetangga mereka untuk perdagangan dan pengiriman. Misalnya, Lesitho harus meminta izin Afrika Selatan untuk mengakses laut.

Negara lain yang diapit oleh dua negara atau lebih adalah Andorra antara Perancis dan Spanyol dan Bhutan antara India dan Cina.

Ada juga Uzbekistan antara Afghanistan, Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan dan Turkmenistan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Negara Yang Memiliki Bentuk Compact – semoga bisa menambah wawasan Anda dan bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali