News

10 Fakta Menarik Tentang Kucing, Tetap Bisa Kawin Walaupun Sudah Steril

10 Fakta Menarik Tentang Kucing, Tetap Bisa Kawin Walaupun Sudah Steril

BantulMedia.com – Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan dengan berbagai perilaku dari elegan hingga magis. Bagi Anda pecinta kucing, Anda harus terbiasa dengan perilaku hewan yang satu ini, yang terkadang bisa membuat kita kesal atau tertawa.

Bahkan ada Hari Kucing Sedunia yang telah diperingati sejak tahun 2002. Peringatan ini dicanangkan oleh komunitas International Animal Welfare Fund (IFAW). Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer. Ada beberapa fakta menarik tentang kucing yang mungkin belum Anda ketahui.

10 Fakta Menarik Tentang Kucing

  1. Kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur

Jika Anda berpikir kucing tidur hampir sepanjang hidup mereka, Anda benar. Menurut Veterinary Hub, kucing sebenarnya menghabiskan 70 persen hidupnya untuk tidur, sekitar 13-16 jam sehari. Begitulah kehidupan kucing.

  1. Kucing dapat mengeong dengan nada yang berbeda

Berdasarkan penelitian, ternyata kucing memiliki lebih dari 100 vokal yang berbeda. Tak heran jika kucing mengeong bisa terdengar seperti bernyanyi di malam hari.

  1. Lidah kucing kasar seperti amplas

Lidah kucing memiliki duri kecil yang disebut papila. Duri ini tumbuh di lidah kucing seperti bulu yang mengarah ke dalam. Tapi rambut ini sangat kuat dan keras karena terbuat dari keratin, seperti kuku manusia. Fungsi lidah kucing adalah untuk menjilat bulu atau menyikat kulit agar kuman yang menempel pada kulit kucing rontok.

  1. Otak kucing mirip dengan otak manusia

Ternyata otak kucing secara biologis lebih mirip dengan otak kita daripada otak anjing. Ini adalah fakta menarik tentang kucing karena kita dan kucing memiliki bagian otak yang sama, kita memiliki ikatan emosional yang lebih tinggi dengan hewan yang satu itu.

  1. Kucing dapat menemukan jalan pulangnya sendiri

Ada begitu banyak kucing yang dapat menemukan jalan pulang meskipun jaraknya sangat jauh.

Menurut para ahli, kucing dapat mengetahui di mana mereka berada dari sudut sinar matahari dan sel-sel magnetik di otak mereka, yang bekerja seperti kompas.

  1. Fakta Menarik Tentang Kucing – Kucing punya sidik jari

Ternyata tidak hanya manusia, tetapi juga kucing berbeda sidik jarinya satu sama lain.

Hanya saja pengenalnya bisa kita temukan di hidung kucing. Jadi tidak di atas kaki kucing, ya.

Baca juga:

Cara Mudah Grooming Kucing di Rumah | Tanpa Ribet

  1. Fakta Menarik Tentang Kucing – Kelenjar keringat kucing

Ternyata kucing tidak memiliki kelenjar keringat di sekujur tubuhnya seperti manusia.

Jadi Anda hanya berkeringat melalui telapak tangan Anda, yang berada di dekat cakar.

  1. Peka terhadap getaran

Kucing adalah hewan yang peka terhadap getaran, lo. Anda dapat merasakan gempa 10-15 menit sebelum orang.

Itu sebabnya kucing dimasukkan ke dalam daftar hewan yang bisa mendeteksi gempa.

  1. Kumis = sensor penting

Fakta menarik tentang kucing yang lainnya adalah tentang kumis kucing. Untuk melakukan manuver, kucing menggunakan kumisnya sebagai sensor. Ini seperti mengendarai mobil dan membutuhkan cermin untuk memeriksa kondisi sekitarnya.

“Kumis kucing itu istimewa. Kumis pada kucing setidaknya sebesar lebar tubuhnya. Jadi mereka menggunakannya sebagai sensor untuk mengukur jarak atau pergerakan, terutama di siang hari karena pandangan mereka tidak bagus di siang hari,” kata Novi Wulandari, dokter hewan yang tergabung dalam Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), kutip dari Antara. .

Oleh karena itu, kumis kucing tidak boleh dipotong atau dihilangkan. Selain itu, saat mengendarai mobil di siang hari, pastikan lampu kucing tidak mengenai mata. Ini memengaruhi mobilitas, terutama jika penglihatan kucing buruk di siang hari.

10 Fakta Menarik Tentang Kucing, Tetap Bisa Kawin Walaupun Sudah Steril

10. Kucing tetap bisa kawin walaupun steril

Pemilik kucing biasanya disarankan untuk mensterilkan hewan peliharaan mereka. Namun, prosedur steril tidak mempengaruhi aktivitas harian kesenangan kucing. Faktanya, kucing masih bisa kawin.

Sterilisasi kucing bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kucing. Kucing terhindar dari penyakit kronis seperti kanker rahim pada kucing betina dan kanker prostat pada kucing jantan.

Selain itu, dengan steril, pemilik kucing telah membantu pemerintah mengontrol populasi kucing dan mencegah penelantaran. Lebih lanjut terkait manfaat jalur ini, masih ada manfaat lainnya, yuk simak.

Manfaat Sterilisasi Kucing

  1. Mencegah anak yang tidak diinginkan
  2. Mengurangi kemungkinan kucing jantan berkelahi dengan kucing lain
  3. Kurangi kemungkinan penularan STD
  4. Batasi jumlah kucing liar yang muncul karena kelahiran anak kucing yang tidak diinginkan
  5. Mengurangi gejala senang, yang dapat menimbulkan suasana bising dan membuat kesal pemiliknya.

Selain itu, kucing yang telah steril akan menjadi lebih sehat dan lincah. Ini karena hormon reproduksi berpindah ke hormon pertumbuhan dan perkembangan.

Setelah kucing steril, ia mungkin tampak mengantuk dan kurang aktif. Ini wajar karena efek anestesi, yang hilang pada waktu yang berbeda pada setiap individu kucing.

Baca juga:

Hewan Peliharaan Jadi Solusi Kesehatan Mental? Simak Manfaatnya!

Yang harus diperhatikan setelah sterilisasi kucing adalah sebagai berikut:

  1. Tempatkan kucing di ruangan kecil dan nyaman
  2. Periksa jahitannya sekali atau dua kali sehari
  3. Jaga agar luka operasi dan area sekitarnya tetap bersih dan kering
  4. Jika luka kotor, bersihkan dengan hidrogen peroksida secara perlahan.

Hal terpenting untuk menjaga kucing Anda tetap sehat adalah memperhatikan asupan hariannya. Jangan memberi makan kucing, terutama makanan yang mengandung bahan sintetis. Selain nutrisi yang tidak mencukupi, makanan kucing dengan bahan sintetis juga dapat merusak metabolisme kucing.

Agar tetap sehat, kucing juga membutuhkan diet seimbang yang terdiri dari air, protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Anda dapat mencapai semuanya dengan memberi kucing Anda yang memiliki kandungan asam lemak esensial untuk menjaga kulit, bulu, dan metabolismenya tetap sehat.