Cara Beli Rumah Melalui BTN Properti dengan Mudah

BantulMedia.com – Cara Beli Rumah Melalui BTN –  Dari sekian banyak Bank di Indonesia, KPR Bank BTN masih menjadi pilihan yang paling banyak peminatnya dalam mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Alasannya karena lebih andal dan memiliki suku bunga yang relatif kompetitif. Sebagai bank yang fokus pada pembiayaan sektor real estate, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus konsisten memberikan pinjaman di sektor ini. Meski di tengah pandemi, pangsa kredit sektor ini terus tumbuh.

Salah satu pendorongnya adalah inovasi perusahaan melalui ketergantungannya pada sistem digital berupa aplikasi  BTN Properti.

Karena sudah tidak ada lagi pameran real estate offline, aplikasi BTN Properti menjadi solusi menawarkan apartemen dari para developer.

BTN PROPERTI

Apa Itu BTN Properti

Dalam acara virtual TOP DIGITAL Awards 2020 pada Senin (9 November 2020), Numan Rayadi, Kepala Departemen Perbankan Digital, Bank BTN menyatakan bahwa produk digitalisasi BTN Properti sebenarnya sudah ada sejak tahun 2015, namun terus terupdate berkala setiap tahun dan setiap tahun yang menjadi lebih dan lebih relevan.

“Diimplementasikan pertama kali pada 2015. Kemudian dikembangkan lagi ke versi 3 pada Desember 2019. Pada 2020, di masa pandemi ini, BTN Properti menjadi aplikasi dengan peminat terbesar dan menjadi andalan kami,” kata Numan didampingi Iwan Soemantri, Kepala Kebijakan Keamanan TI.

Risiko dan tata kelola BTN; Aji Prasetio, petugas pengembangan program BTN; dan Isabela, petugas pengembangan program BTN.

Menurutnya, semua informasi yang dibutuhkan calon debitur untuk mencari akomodasi sudah ada di dalam aplikasi. BTN Immobilien bahkan telah diberikan fungsionalitas 4D sehingga ketika calon debitur mengklik rumah yang diminatinya.

Mereka merasa seperti masuk ke dalam rumah seolah-olah berada di dunia nyata. Bahkan, Anda bisa melihat isi kamar tidur dan kamar mandi seperti aslinya.

“Ini adalah platform milik Bank BTN yang berisi listing apartemen dari developer yang pernah bekerja sama dengan Bank BTN. Dengan banyak fitur yang bagus, bukan hanya layanan tour 4D saja,” kata Numan.

Aplikasi BTN Properti

Aji Prasetio menambahkan, di masa pandemi ini, perusahaan sangat beruntung dengan adanya aplikasi BTN Properti mobile. Viewer atau hit rate aplikasi ini sangat tinggi di tengah pandemi. Karena mudah dilihat dan bisa dengan mudah diunduh dari Playstore dan AppStore.

“Saat ini ada 2.304 pengembang dalam aplikasi yang memasarkan proyek mereka hingga 3.007 proyek real estate. Dengan menyediakan unit hingga 690.304 unit real estate. “

“Hingga akhir Juni 2020 pengunjungnya mencapai 3.175.506, aplikasi online ada 17.967 bahkan 3.809 yang diimplementasikan. Artinya batas penjualan online sudah mencapai Rp 1,18 triliun,” kata Aji.

Secara rinci, Aji menjelaskan, fitur unggulan BTN Properti Mobile adalah pencarian properti, simulasi pinjaman, aplikasi pinjaman online, pengajuan pengembang, pelacakan status aplikasi, live chat online pelanggan 24 jam seminggu, berita dan informasi pinjaman rumah (KPR), layanan tur 4D dan pembuatan formulir aplikasi pinjaman.

BTN Properti juga membantu konsumen menemukan properti pilihan berdasarkan area, pengembang, dan proyek residensial. Selain itu, konsumen dapat melakukan simulasi kreditnya untuk menentukan besaran cicilan dan mengajukan pinjaman secara online.

Baca juga:

Tips Dekorasi Rumah Ala Pinterest Yang Bisa Anda Tiru

Pengembangan BTN Properti

Kedepannya, aplikasi BTN Properti akan semakin terdepat dan nantinya masuk ke dalam grand design IT pada tahun 2024. “Termasuk fungsi notaris, penilai profesional, BPPN dan PUPR melalui sistem Sikumbang dan Sikasep. Dengan begitu, ekosistem perumahan digital nantinya akan terbentuk,” jelas Aji.

“Untuk SOP pengembangan IT BTN saat ini, kami menerapkan IT bimodal yaitu dua metode pengembangan, waterfall dan agile, sehingga pengembangannya lebih cepat,” jelasnya.

BTN Properti juga berkontribusi terhadap kinerja bank BTN, bank BUKU III yang telah menyalurkan kredit dan pembiayaan di segmen perumahan senilai Rp 231,34 triliun hingga kuartal III 2020.

“Aplikasi ini digunakan untuk proses monitoring dan approval pekerjaan pegawai yang melakukan kegiatan work from home (WFH). Di sini karyawan dapat memasukkan kegiatan dan dokumentasi mereka serta persetujuan langsung oleh atasan mereka. Hal ini masuk akal karena proses pemantauan kerja dapat dipantau langsung oleh manajer lini,” pungkas Numan.

Cara menggunakan BTN Properti

Anda dapat mengunjungi www.btnproperti.co.id menggunakan browser ponsel atau laptop. Pada layar perangkat, halaman utama terdapat jenis dan gambar rumah.

  1. Untuk melihat model rumah, Anda bisa menggeser ikon panah. Atau, masukkan kata kunci dan harga properti sesuai keinginan, lalu ketuk “Cari properti”.
  2. Setelah Anda menemukan rumah yang cocok, pilih foto rumah di sebelah kanan untuk melihat detailnya.
  3. Untuk menjalankan simulasi KPR, lengkapi tabel “Pengajuan KPR” di sisi kanan layar. Kemudian pilih “Ajukan KPR” untuk melanjutkan transaksi.
  4. Anda isi data detail pribadi, pekerjaan, dan pinjaman Anda dalam formulir digital yang muncul di layar perangkat. Kemudian unggah dokumen yang diperlukan yaitu KTP dan slip gaji, lalu klik “Submit”.
  5. Anda akan menerima email konfirmasi pengajuan Anda dari BTN. Terakhir, Anda tinggal menunggu status pengajuan KPR Anda. Jika status aplikasi KPR diterima, impian Anda untuk memiliki rumah akan menjadi kenyataan. Namun, jika pengajuan KPR Anda ditolak, Anda masih bisa mengajukan lagi.

Keuntungan membeli rumah melalui BTN Properti

  1. Termasuk penawaran perumahan dari developer yang pernah bekerja sama dengan BTN. Hal ini sangat bermanfaat bagi semua pihak dan Anda sebagai masyarakat yang sedang mencari apartemen untuk dapat membantu mereka nantinya dalam urusan kepemilikan rumah. Selain itu, para pengembang ini juga telah menggarap berbagai proyek perumahan bersubsidi, sehingga pengalaman mereka sudah terbukti.
  1. Memudahkan calon pembeli untuk memilih lokasi yang diinginkan. Calon pembeli bisa menentukan lokasi apartemen sesuai budget pribadinya.
  2. Adanya simulasi KPR dan saran KPR untuk memudahkan pihak yang berkepentingan untuk mengecek tarifnya secara langsung.
  3. Halaman website memberikan deskripsi dan foto kondisi rumah untuk memudahkan bagi yang sedang mencari rumah.
  4. Persyaratan dapat langsung diunggah secara online (ada area wajib) dan terintegrasi 24 jam sehari.
  5. Ada pilihan perumahan bersubsidi dan non subsidi. Pilihan harga rumah yang berbeda memudahkan pembeli untuk menentukan sendiri pilihannya.

Dengan platform BTN Properti, keinginan untuk memiliki rumah semakin mudah didapat.

Sudahkah Anda mencoba BTN Properti?