Pendidikan

Pengertian Artikel Populer Yang Perlu Anda Tahu

BantulMedia.comPengertian Artikel Populer – Adalah artikel atau tulisan yang memuat isi kajian, pandangan, atau pendapat yang disertai dengan argumentasi ilmiah. Kemudian dalam penyajiannya dalam bahasa populer sehingga mudah orang awam pahami.

Pengertian Artikel Populer Yang Perlu Anda Tahu

Pengertian Artikel Populer

Teknik penulisan yang populer ini semakin banyak orang-orang gunakan untuk mempresentasikan sebuah artikel di website atau media lainnya.

Pada dasarnya, menulis artikel populer sama dengan menulis artikel biasa. Namun, proses kerja membutuhkan keterampilan atau teknik menulis khusus, latihan, penalaran, kejelian, wawasan, etika, kesabaran, referensi, dan waktu.

Pengertian Artikel Populer dan Ciri-cirinya

Definisi atau pengertian dari jenis artikel populer ini adalah memuat kajian tentang suatu peristiwa atau persoalan yang telah terjadi beserta pendapat subjektif. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan artikel berita atau artikel akademik.

Artikel berita atau artikel ilmiah harus menyajikan fakta suatu peristiwa dan sumber yang ada dan tidak boleh fiktif. Meskipun artikel populer juga merupakan sumber informasi yang dapat diandalkan, ada beberapa karakteristik yang membedakannya dari artikel ilmiah.

Untuk ciri-ciri barang populer bisa kita ketahui dari beberapa bagian yang ada di artikel tersebut. Mulai dari judul, ejaan, gaya bahasa, tujuan penulisan, isi pembahasan dan masih banyak lagi.

Judul artikel

Judul memahami artikel populer dan menggunakan bahasa yang dapat menangkap minat pembaca dengan lebih baik. Bahasa yang pengarang gunakan bukanlah bahasa baku atau boleh menggunakan bahasa nonformal. Hal ini tentu saja karena memudahkan orang awam untuk memahaminya.

Perbedaan dari artikel ilmiah adalah bahasa dalam EYD yang diperluas lebih standar. Bahasa yang digunakan pengarang juga harus mengandung daya tarik, namun tetap dengan bahasa yang formal dan baku.

Teknik menulis

Untuk teknik penulisan artikel populer, gunakan teknik yang runtut, bebas, jelas, dan ringkas. Penulisan tidak mengarah pada teknik tertentu dan umumnya berisi konten satu atau lebih informasi yang menarik bagi pembaca.

Bahasa tertulis

Biasanya, artikel yang muncul di beberapa media sosial adalah artikel populer. Definisi artikel populer hadir dengan gaya bicara yang umum dan bahasa yang orang gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ini, pembuatan artikel yang disajikan dapat dimasukkan dalam tujuan pembuatan surat.

Baca juga:

Penjelasan Lebih Detail Tentang Pendidikan Non Formal

Tujuan penulisan

Setiap artikel yang ada selalu memiliki tujuan tertentu, baik artikel populer maupun artikel ilmiah. Artikel populer bertujuan untuk menginformasikan segmen publik yang besar.

Kemudian pertimbangkan untuk menyajikan ide berdasarkan wawasan atau informasi penulis. Maka pemahaman artikel populer bagi pembacanya dapat menjadi wacana khusus tentang topik saat ini.

Meskipun gratis dan berdasarkan pemikiran atau argumen penulis, artikel populer dapat menjadi media informasi.

Karena teknik penulisan juga mengacu pada sumber dan data atau referensi. Hanya saja, beserta argumentasi untuk menambah wawasan pembaca.

Metode pengiriman

Jenis artikel populer lebih mengarang ke cara menyampaikan bahasa dan informasi yang sederhana. Sehingga dapat dengan mudah masyarakat umum dan semua kalangan pahami.

Definisi artikel populer ini ditulis dengan ringan dan lugas, namun tetap mengacu pada sumber yang terpercaya. Kita dapat mengatakan bahwa jenis artikel populer ini lebih merupakan artikel hiburan.

Baca juga:

Pahlawan Pendidikan, Sebutan Untuk Seorang Ki Hajar Dewantara

Persamaan artikel populer dan artikel ilmiah

Meskipun artikel populer dan artikel ilmiah berbeda, keduanya memiliki kesamaan yang signifikan. Sama seperti keduanya merupakan sarana informasi yang orang cari atau yang pembaca sampaikan melalui sebuah artikel.

Tujuannya juga bisa berupa pemecahan masalah atau sekedar bahan bacaan bagi pembaca. Kemudian keduanya menjelaskan suatu topik.

Ketika Anda berbicara tentang masalah diabetes, semua informasi dan pengetahuan tentang penyakit disajikan kepada Anda.

Jadi, memahami artikel populer dan kemiripannya dengan artikel ilmiah bisa menjadi salah satu hal yang berguna bagi pembaca. Mengenai perbedaannya, terserah pembaca untuk memilih gaya artikel yang mereka gunakan sebagai sumber informasi yang mereka butuhkan.

Kesimpulan

Demikia – Pengertian Artikel Populer – beserta perbedaannya dengan artikel biasa. Dengan adanya artikel ini, semoga menambah wawasan Anda dalam menyusun Artikel populer.