News

Tips Ampuh Menenangkan Tangisan Bayi Yang Rewel

BantulMedia.comTips Ampuh Menenangkan Tangisan Bayi Yang Rewel – Jika Anda mendapati bayi rewel, jangan panik dulu. Sebagai orang tua, Anda sering bertanya-tanya bagaimana cara menenangkan bayi agar tidak mudah menangis.

Hal ini adalah wajar, karena bayi untuk mengungkapkan berbagai hal yang dirasakan bayi adalah dengan menangis. Menangis adalah caranya menceritakan dan menceritakan perasaannya. Jadi bagaimana Anda menjaga bayi Anda tenang dan tidak mudah menangis?

Tips Ampuh Menenangkan Tangisan Bayi Yang Rewel

Tips Ampuh Menenangkan Tangisan Bayi Yang Rewel

Sebelum Anda memahami cara menenangkan bayi yang menangis, Anda perlu mengetahui mengapa hal itu membuat bayi Anda menangis. Yang membuat bayi menangis adalah rasa lapar, popok yang sudah basah karena penuh, keinginan untuk memeluk, kelelahan, kedinginan  dan kepanasan, serta kolik.

Tangisan bayi Anda biasanya akan mereda secara alami setelah beberapa saat, tetapi sebaiknya bayi Anda tetap berusaha mengupayakan agar tidak menangis. Ada berbagai cara untuk menenangkan bayi Anda di rumah.

1. Selimuti Bayi

Cara pertama untuk menenangkan bayi yang menangis adalah dengan menyelimuti bayi dengan kain atau biasa disebut bedong. Ini akan membuat  bayi Anda tetap hangat dan nyaman. Membedong juga membantu bayi Anda tidur lebih nyenyak. Tapi hati-hati, Anda perlu tahu cara membedong bayi dengan aman dan benar.

2. Gendong Bayi

Secara umum, bayi berhenti menangis ketika dipeluk. Untuk menenangkan bayi yang menangis, ibu bisa menjaganya dalam posisi tengkurap. Ini karena sebagian besar bayi berada dalam posisi meringkuk di dalam rahim dan merasa lebih nyaman. Posisi ini dianjurkan jika bayi Anda terus menangis dengan tenang. Kemudian Anda bisa meletakkan bayi Anda di punggung Anda.

Selain digendong, bayi bisa berhenti menangis saat diayun-ayun. Gerakan mengayun yang konstan ini dapat menenangkan tubuhnya. Anda juga bisa memberinya rasa tenang dan damai dengan mendorongnya untuk berinteraksi.

3. Suara yang Menenangkan

Cara ini juga bisa digunakan untuk menenangkan bayi yang menangis. Beberapa contohnya adalah suara air yang menetes atau  mengalir. Anda dapat dengan mudah menemukan macam-macam suara menenangkan di smartphone yang terhubung dengan internet.

4. Pijat dengan Lembut

Menggosok atau memijat tubuh bayi yang menangis  merangsang otak dan saraf bayi serta dapat menenangkannya. Pijat juga bisa meredakan rasa sakit yang mungkin dia rasakan. Tapi jangan lupa untuk  memijatnya terlalu kuat dan kencang. Selain itu, minyak esensial dapat Anda gunakan untuk efek menenangkan yang lebih optimal.

5. Nyanyikan sebuah Lagu

Bayi biasanya diam ketika mendengar seseorang bernyanyi. Jadi Anda bisa mencoba ini untuk menenangkan tangisan Anda. Menyanyikan lagu  dengan suara lembut dan memainkan musik pelan dapat membantu bayi tidur lebih  nyenyak.

Baca juga:

Pentingnya Nutrisi Untuk Ibu Menyusui dan Bayi, Simak Penjelasannya

6. Mandi dengan air hangat

Mandi air hangat juga memiliki efek menenangkan. Anda dapat memandikan atau menyeka bayi Anda dengan rendaman handuk lembut ke dalam air hangat untuk  menenangkan dan mengurangi tangisan.

7. Berikan Dot

Menghisap dot dan jari akan membantu bayi Anda rileks. Sebelum mencoba metode ini, cobalah beberapa langkah di atas karena faktanya bahwa pemberian dot  tidak berdampak positif pada bayi Anda karena berisiko menyebabkan masalah pada gigi dan mulut Anda.

Kesimpulan

Artikel ini – Tips Ampuh Menenangkan Tangisan Bayi Yang Rewel – bisa Anda coba ketika mendapati bayi Anda rewel. Demikian informasi tentang cara menenangkan bayi yang menangis. Salah satu hal terpenting adalah tetap tenang dan tidak panik saat anak Anda menangis. Namun, jika Anda terus menangis dan anak Anda  kesakitan, segera temui dokter dan temui dokter.