News

Tips Menu Makan Siang Saat Diet

BantulMedia.comTips Menu Makan Siang Saat Diet – Turunkan berat badan dengan mencoba mengatur menu makan siang Anda di kisaran 400-450 kalori

Makan siang merupakan salah satu pintu masuk untuk memenuhi pola makan seseorang. Karena saat jam kerja, orang biasanya ingin makan siang yang cepat tapi enak. Lain halnya dengan orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Saya tidak hanya ingin makan siang cepat dan enak, tetapi juga sehat.

Untuk menunjang kesehatan, perlu dilakukan pembatasan jumlah kalori untuk makan siang. Jumlah total kalori yang disarankan untuk makan siang adalah antara 400 dan 500 kalori. Namun jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah atur menu makan siang Anda di kisaran 400-450 kalori. Apa saja detail menunya? Berikut ulasan lengkapnya!

Tips Menu Makan Siang Saat Diet

Tips Menu Makan Siang Saat Diet

Konsumsi gandum atau roti gandum

Pada dasarnya, makan siang membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Dalam hal ini, karbohidrat saat makan siang hanya disarankan 45 hingga 55% dari total kalori Anda, yang bisa diperoleh dari 50 hingga 65 gram sumber karbohidrat. Saat makan siang, disarankan untuk mengonsumsi produk gandum utuh, roti gandum utuh, pasta atau sayuran dan buah-buahan bertepung.

Sertakan sumber lemak yang sehat

Lemak sehat untuk makan siang tentunya akan menambah kelezatan menu makan siang Anda. Saat istirahat makan siang, persentase lemak yang dapat dimakan antara 30 hingga 35% atau sekitar 13 hingga 18 gram. Beberapa sumber lemak sehat adalah kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, alpukat dan zaitun.

Konsumsi serat dari buah atau sayur

Serat adalah bahan penting yang harus ada dalam makan siang Anda. Asupan serat harian yang dianjurkan adalah 25 gram, dan untuk makan siang dianjurkan mengonsumsi serat minimal 8 gram per hari, atau sekitar 30% dari total konsumsi serat yang dianjurkan. Serat dapat diperoleh dari karbohidrat berserat tinggi seperti biji-bijian, sayuran bertepung atau buah-buahan.

Makan sumber gula sekitar 4 gram

Ternyata makan siang yang sehat harus memiliki sekitar 4 gram gula atau kurang. Selain buah-buahan seperti anggur, cranberry kering, ubi jalar dan buah-buahan lainnya, gula juga dapat ditemukan dalam sirup, madu, dan roti yang rasanya manis.

Jangan lupa asupan proteinnya

Untuk sumber protein, dianjurkan untuk menutupi 17-25% dari total kalori yang direkomendasikan. Anda dapat menikmati sekitar 20 hingga 30 gram protein dalam sajian ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sepanjang hari, protein penting untuk memberikan efek kenyang pada perut pada sore hari. Protein seharusnya mengurangi porsi camilan Anda.

Kapan istirahat makan siang terbaik?

Makan siang terbaik bisa dibuat sekitar 3 jam setelah ngemil. Jika Anda sarapan pada pukul 7 pagi, kemudian snack pada pukul 10 pagi, maka waktu terbaik untuk makan siang adalah pada pukul 12 siang. Jika Anda ingin berolahraga terlebih dahulu, Anda dapat menjadwal ulang makan siang pada jam 1 siang.

Baca Juga :

Cara Memilih Cemilan Sehat Untuk Diet

Kesimpulan

Nah, beberapa tips di atas semoga bisa membantu Anda masuk ke dalam program penurunan berat badan namun tetap bisa menjaga kesehatan tubuh!